Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Materi Getaran Gelombang Dan Cahaya Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Analysis of Cognitive Skill on the Vibrational Waves And Light for Class VIII

Main Article Content

Rahmah Evita Putri
Hidayatul Mardiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran PjBL – STEM pada materi getaran gelombang dan cahaya. Penelitian ini dilakukan karena lingkungan belajar peserta didik tidak menarik dan mereka tidak menerima pengalaman belajar yang mereka butuhkan sehingga kemampuan kognitif peserta didik masih rendah. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.5 yang berjumlah 28 siswa pada semester genap tahun akademik 2024/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan kognitif pada C1–C4 yang diberikan sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran project based learning terintegrasi STEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai pretest rata-rata siswa sebesar 32,69 dan posttest rata-rata siswa sebesar 64,03. Selain itu model pembelajaran PjBL-STEM berdampak pada kemampuan kognitif peserta didik, dengan persentase rerata kemampuan kognitif peserta didik sebesar C1 sebesar 34%, C2 sebesar 45%, C3 sebesar 61%, C4 sebesar 50 %. Kognitif peserta didik C1-C4 masih rendah. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya guru untuk lebih fokus pada penguatan pemahaman konsep dasar di awal pembelajaran, selain melibatkan siswa dalam proyek yang aplikatif. Selain itu, penting juga bagi sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan mendukung pembelajaran aktif agar siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih optimal. Dengan demikian, penerapan model PjBL-STEM bisa lebih maksimal dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan kognitif peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, R. E., & Mardiyah, H. (2025). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Materi Getaran Gelombang Dan Cahaya Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama : Analysis of Cognitive Skill on the Vibrational Waves And Light for Class VIII. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v14i1.37818
Section
Articles

References

Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402

Berlian, M., Deswanti, R., Syafaren, A., & Putri, R. A. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 02 Rumbio Jaya. Bedelau: Journal of Education and Learning, 3(2), 84–93.

Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402

Berlian, M., Deswanti, R., Syafaren, A., & Putri, R. A. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 02 Rumbio Jaya. Bedelau: Journal of Education and Learning, 3(2), 84–93.

Engel Novita Ramadani, & Dina Fitria Handayani. (2024). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Objektif. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 86–96. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2159

Lestari, N. A., Eraku, S. S., & Rusiyah, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berintegrasikan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Terhadap Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri 1 Gorontalo. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 70–77. https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11587

Lestari, N. A., Eraku, S. S., & Rusiyah, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berintegrasikan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Terhadap Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri 1 Gorontalo. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 70–77. https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11587

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186

Putri, R. E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP Kelas VII Melalui Bahan Ajar IPA Terpadu Dengan Tema HALO Pada Topik Kalor. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, 1(1), 34. https://doi.org/10.24036/semesta/vol1-iss1/10

Sari, I. K. W., & Wulandari, R. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajan IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145–152.

Suhaida, D., & Rohana, S. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawwah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 49–60. http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v4i1.6121

Sulistiani, S., Ratnasari, J., & Windyariani, S. (2024). Kemampuan Kognirif Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning Berwawasan Lingkungan. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 300-305. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4390

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79.