Implementasi Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Pada Materi IPA Implementation of Guided Inquiry to Enhance Junior High School Student’s Critical Thinking Skills in Science
Main Article Content
Abstract
Pendidikan abad ke 21 menuntut peserta didik memiliki beberapa keterampilan, salah satu keterampilan tersebut adalah keterampilan berpikir kritis. Akan tetapi, meskipun keterampilan berpikir kritis penting untuk dikuasai, ternyata keterampilan berpikir kritis peserta didik saat ini masih berada pada kategori rendah. Keterampilan berpikir kritis peserta didik yang masih rendah dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi IPA yang dilakukan di SMP Negeri 2 Jetis tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis yang dilakukan dua kali yaitu pretest dan posttest, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang diisi oleh tiga observer. Hasil tes kemudian dianalisis menggunakan N-Gain. Rata-rata nilai N-Gain peserta didik adalah sebesar 0,71 dengan kriteria peningkatan tinggi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji wilcoxon dengan hasil akhir nilai Asym. Sig yang diperoleh mendapat skor <0,000, artinya terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai posttest. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi IPA.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Abidin, M. (2021). Pendidikan Moral dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 57–66. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/parislangkis
Amellia, R., Hasanuddin, H., & Saenab, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Kelas VIII Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 8(2), 317–324. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.2.317-324
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Conference Series Journal (Vol. 01).
Azizah, L. N., & Rosdiana, L. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender pada materi pencemaran lingkungan. Pensa E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 161–166.
Badi'ah, W. F. N., Subekti, H., & Sabtiawan, W. B. (2023). Peningkatan keterampilan berpikir krtis dan rasa ingin tahu pada pembelajaran ipa menggunakan model pembelajaran problem-based learning. Pensa: e-jurnal pendidikan sains, 11(1), 32-37. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Cendana, W., & Siswanto, E. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Pemberian Apresiasi Secara Sinkronus. Cendekiawan, 4(1), 43–49. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i1.252
Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp pada materi lingkaran dan bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371-378.
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities i.
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. https://www.researchgate.net/publication/251303244
Falentina, A. R., Saptasari, M., & Indriwati, E. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Kelas XI IPA. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hartanto, A., Maulidin, M., & Mahfuz, M. (2021). Pengaruh Core Stability Exercise terhadap Peningkatan Kekuatan Togok dan Keseimbangan Dinamis pada Atlet Sepak Bola PS Sekongkang. Reflection Journal, 1(2), 63–69. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.658
Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56–65. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734
Hilal, N. (2021). Penerapan Model Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas XI Mipa 1 SMA Negeri 1 Pengaron. Jurnal Pembelajaran & Pendidik, 1(1), 101–110.
Indawati, H., Sarwanto, S., & Sukarmin, S. (2021). Studi literatur pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA SMP. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 10 (2), 98. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57269
Kurniawan, A. N., Hidayah, N., & Hidayatur Rahman, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Lestari, R. P., Amalia, L., Setiawan, A., & Suyana, I. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Kinematika Gerak Lurus. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 54-62.
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116–119.
Mandasari, L., Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Efektivitas Perkuliahan Daring Pada Mata Kuliah Analisis Kompleks Selama Pandemi Covid 19. In Jurnal As-Salam (Vol. 4, Issue 2).
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura, 12(1), 29–40.
Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019, October). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Mubarokah, N. L., & Kuswanti, N. (2019). Penerapan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing materi sistem indera kelas XI untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(3), 178–184. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioeduVol.8No.3
Nugroho, R. A., Mahfud, I., & Jubaedi, A. (2022). Pengaruh Latihan Shuttle Run Terhadap Vo2Max Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis. Sport Science and Education Journal, 3(1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/issue/archive
Nurmasyitha, H. (2021). Apersepsi Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Youtube. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 64–69. https://ojs.unm.ac.id/indonesia
Nuskha, D., Diana, N., & Sudaryanti, D. (2021). Pengaruh Pemberian Insentif Pajak di Tengah Pandemi Corona terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) (Studi Kasus pada KPP Malang Utara). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 10(6).
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Purwaningsih, I., Oktariani, O., Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Pendidikan sebagai suatu sistem. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1), 21-26. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud. (2019). Laporan Nasional PISA 2018 Indonesia.
Putri, F. M., & Susanti, E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Teori Apos. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Rais, A. A., Hakim, L., & Sulistiawati, S. (2020). Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Physics Education Research Journal, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5074
Salis, A. W., & Siagian, I. (2023). Perkembangan Kognitif Antara Hubungan Bahasa Dan Proses Berpikir Dalam Berkomunikasi Di Media Sosial. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 789–795.
Shafira, I. H., & Suratsih. (2023). Penggunaan E-Lkpd Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Edukasi Biologi, 9(1), 1–14.
Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1-10.
Wahyuningtias, E. D., Fauziah, H. N., Kusumaningrum, A. C., & Rokmana, A. W. (2021). Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 129–137. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii
Warniasih, K., Kurniawati, R. M., & Utami, N. W. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pembelajaran inkuiri. Journal of Honai Math, 2(2), 103-116. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i2.68
Windari, C. O., & Yanti, F. A. (2021). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 61-70.
Wulandari, P. A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2848–2856.