DAMPAK PENGGUNAAN KAHOOT SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP SIKAP KOMPETITIF SISWA

Authors

  • Chandra Perwira Negara Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v4i2.40187

Keywords:

Kahoot, Evaluation of History Learning, Competitive Attitude

Abstract

Selama ini evaluasi pembelajaran sejarah cenderung dilakukan secara manual yang menyebabkan beban administrasi guru semakin banyak. Kahoot adalah aplikasi pembelajaran berbasis game yang dapat digunakan sebagai evaluasi pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dampak penggunaan Kahoot sebagai evaluasi pembelajaran sejarah terhadap sikap kompetitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka dengan mencari data di berbagai buku, jurnal dan sumber terpecaya lainnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Penggunaan Kahoot sebagai evaluasi pembelajaran sejarah membantu guru dalam melihat kemampuan siswa secara langsung (2) Penggunaan Kahoot sebagai evaluasi pembelajaran sejarah berdampak pada sikap kompetitif siswa, karena memungkinkan siswa bersaing dalam menjawab soal dengan cepat dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 2(2), 105-120.

Dalil, D. A. (2022). Implementasi Media Aplikasi Kahoot Pada Materi SKI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kompetitif Siswa MA Tarbiyatu Banin Pekalongan Winong Pati. (Skripsi, IAIN KUDUS).

Darmalaksana, W. (2020). Cara Menulis Proposal Penelitian. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati.

Dewi, C.K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X. (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung).

Fahruddin, F. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP). HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 8(2), 199-211.

Fajri, N., Akbar, A., & Zakir, S. (2021). Penerapan Aplikasi Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran PAI pada Materi Masuknya Islam ke Nusantara di Kelas IX di SMP N 1 Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 4(2).

Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387-397.

Fauzan, R. (2019, May). Pemanfaatan Gamification Kahoot. it Sebagai Enrichment Kemampuan Berfikir Historis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Kolonialisme Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 254-262).

Nugraha, A. S., & Kuswono, K. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Kahoot dengan Pola Berpikir Kronologis Siswa Pada Materi Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kotagajah. SwarnaDwipa, 3(2), 54-63.

Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-148.

Romadi, R., & Kurniawan, G. F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(1), 79-94.

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan aplikasi Lectora Inspire sebagai media pembelajaran interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 101-115.

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan Penting Sejarah Lokal Sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85-94.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Negara, C. P. (2024). DAMPAK PENGGUNAAN KAHOOT SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP SIKAP KOMPETITIF SISWA. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 4(2), 65-73. https://doi.org/10.22437/jejak.v4i2.40187