https://mail.online-journal.unja.ac.id/jisip/issue/feedJISIP UNJA (Jurnal Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Jambi)2024-12-18T17:04:01+07:00Hatta Abdi Muhammad, S.IP., M.IP.hatta.abdi@unja.ac.id Open Journal Systems<div><strong>Title:</strong> JISIP UNJA (Jurnal Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Jambi)<br /><strong>ISSN:</strong> P-ISSN: <span id="result_box" class="" lang="en"><span class=""><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1500427818" target="_blank" rel="noopener">2597-789X</a> </span></span>and E-ISSN: <span id="result_box" class="" lang="en"><span class=""><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1505710279" target="_blank" rel="noopener">2597-7938</a></span></span><br /><strong>Focus and Scope:</strong> <span id="result_box" class="" lang="en"><span class="">Social Sciences, Political Science and Governmental Science</span></span><br /><strong>Frequency Publish:</strong> Regularly two times a year in April and November</div> <div><strong>Journal Abbreviation:</strong> JISIP UNJA<br /><strong>Language:</strong> Indonesia and English</div> <div><strong>Indexed at:</strong> <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?and_facet_source_title=jour.1455640&search_mode=content&viz-st:aggr=mean">Dimension,</a> <a href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=FIAcwzYAAAAJ&authuser=3&scilu=&scisig=ACseELIAAAAAZFx0UYTYRZu8QLRZe9qOCnBbzZY&gmla=AHoSzlXwO9LC_79eJ2ZV9DItyxazMOggbXGfV3wGmfD215njRY7uIApWTWCB_FQNUq5qevHZvJz-xzCvFVDEOfZiU0g41z-Y81GTL1EiyNcMZ0Vnq1W5Uw09Z64CYxw&sciund=2803248749935236268">Google Scholar,</a> <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/30129">Garuda</a><br /><strong>Article Processing Charge:</strong> <ul> <li class="show">Article Submission: 0,00 IDR: Authors are <strong>NOT required to pay</strong> an Article Submission Fee.</li> <li class="show">Article processing charges (APCs) / Article Publication Fee: Rp. 0 (IDR) if your manuscript is <strong>accepted for publication</strong>.</li> </ul> </div> <p><strong>JISIP UNJA</strong> (Jurnal Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Jambi) <span id="result_box" class="" lang="en"><span class="">contains scientific papers drawn from the results of research, critical analytical studies and book reviews in the field of Social Sciences, Political Science and Governmental Science.</span> <span class="">Published by the Department of Social and Political Sciences, Faculty of Law, University of Jambi.</span> <span class="">Published twice a year, April and November in Print format with ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1500427818" target="_blank" rel="noopener">2597-789X</a> and Online with ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1505710279" target="_blank" rel="noopener">2597-7938</a></span></span>. </p>https://mail.online-journal.unja.ac.id/jisip/article/view/32335EFEKTIFITAS SMART CARD DALAM TRANSPORTASI PUBLIK TRANS JOGJA 2024-04-17T23:38:34+07:00Hikmah Maulidiahikmahmaulidia0601@gmail.comMuhammad Eko Atmojomuhammadekoatmojo@fisipol.umy.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifivitas penggunaan smart card dalam transportasi publik Trans Jogja. Penelitian ini berawal dari kemajuan teknologi yang membri kemudahan aksesibilitas masyarakat, salah staunya dalam metode pembayaran. Penelitian ini menggunkana metode kualitatif dengan studi kasus di Yogyakarta. Pengambilan data penelitian melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan Dinas Perhubungan DIY, PT Anidya Mitra Internasional (AMI) dan masyarakat sebagai pengguna Transjogja. Teknik dokumentasi diupayakan melalui eksplorasi penelitain terdahulu, data resmi pemerintah dan data pendukung lainnya. Penelitian ini mencoba menganalisis efektivitas smart card menggunakan beberapa indikator yakni keberhasilan program, keberhasilan sasaran, pencapaian tujuan program serta tingkat input dan output. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas smart card pada Transjogja sudah cukup baik yang terlihat dari peningkatan pembayaran non-tunai dan persepsi positif masyarakat sebagai pengguna Transjogja terhadap smart card tersebut. Keberhasilan tersebut ditopang dari adanya kebijakan untuk tidak memaksakan masyarakat dalam penggunaan smart card dalam pembayaran pengunaan transjogja. Serta Dishub dan PT AMI gencar dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum agar mau menggunakan smart card.</p>2024-11-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Hikmah Maulidia, Atmojo Muhammad Ekohttps://mail.online-journal.unja.ac.id/jisip/article/view/36501ANALYSIS OF THE IMPACT OF POLITICAL PARTY COMMUNICATION ON SOCISL MEDIA DURING THE CAMPAIGN VOTER PREFERENCES DURING THE 2024 GENERAL ELECTION2024-11-11T14:21:35+07:00Cindytias Putri Faoziahcindytias38@gmail.com<p>Salah satu perkembangan dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi adalah adanya platform media sosial. Kemajuan tersebut ternyata telah memasuki berbagai ranah kehidupan, salah satunya adalah ranah politik. Pada Pemilu tahun 2024, penggunaan media sosial digunakan sebagai platform komunikasi partai politik dengan tujuan memberikan pengaruh kepada prefensi pemilih. Melalui media sosial, aktor politik dapat menyampaikan pesan-pesan politik atau berbagai pemikirannya. Metode penelitian yang digunakan dalam kepenulisan ini adalah menggunakan metode kualitatif. Metode ini adalah metode yang menggunakan deskriptif untuk menganalisis kejadian yang sedang terjadi. Selain itu, penulis juga mengolah data menggunakan perangkat lunak NVivo 14. Menggunakan perangkat lunak ini, penulis dapat melakukan analisis menggunakan sumber yang terkait dengan topik terkait. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial sebagai platform komunikasi selama kampanye Pemilu 2024 ternyata dapat mempengaruhi preferensi pemilih. Melalui media sosial, komunikasi yang tercipta dapat berjalan secara dua arah. Meskipun begitu, dampak <em>negative</em> akibat komunikasi yang dilakukan di media sosial juga tidak dapat dihidari, seperti berita <em>hoax</em> dan serangan kritik.</p>2024-11-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Cindytias Putri Faoziahhttps://mail.online-journal.unja.ac.id/jisip/article/view/36966KEPATUHAN TANZANIA TERHADAP CONVENTION ON INTERNATIONAL TRADE IN ENDANGERED SPECIES OF WILD FAUNA AND FLORA (CITES) DALAM KAITANNYA DENGAN TROPHY HUNTING2024-11-11T14:02:11+07:00Agustina Dwi Pramestiagustinapramesti87@gmail.comSetyasih Harinisetyasih.rini@gmail.comAndika Drajat Murdaniandika.drajat.m@gmail.com<p><em>Trophy hunting </em>merupakan salah satu fenomena yang cukup umum di belahan Afrika dan seringkali dikaitkan dengan program konservasi satwa di kawasan tersebut. Salah satu destinasi favorit dari perburuan trofi adalah Tanzania, negara yang memiliki keanekaragaman satwa. Sebagai negara penandatangan Konvensi Internasional mengenai Perdagangan Spesies Flora dan Fauna yang Terancam Punah (CITES), Tanzania terikat oleh peraturan yang mengatur perdagangan satwa. Penelitian ini berupaya mengevaluasi sejauh mana kepatuhan Tanzania terhadap konvensi tersebut dalam kaitan dengan perburuan trofi dan tantangan yang dihadapi dalam skala nasional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatif dengan pendekatan kualitatif. Dalam memecahkan permasalahan, penelitian ini menggunakan teori kepatuhan dari Ronald B. Mitchell, yang menekankan pada tiga indikator utama, yaitu <em>outputs, outcomes</em>, dan <em>impacts.</em> Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teori rezim internasional. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa indikator outputs telah terpenuhi, di mana Tanzania memiliki sejumlah undang-undang yang mengatur perburuan trofi. Namun pada indikator outcomes dan impacts, hasilnya masih secara eksplisit dan belum menunjukkan perubahan yang signifikan karena adanya sejumlah tantangan. Dengan demikian, berdasarkan teori kepatuhan yang digunakan, kepatuhan Tanzania terhadap CITES dalam konteks trophy hunting dapat dikategorikan sebagai passive compliance, di mana meskipun regulasi formal ada, implementasi dan dampaknya masih jauh dari harapan.</p>2024-11-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Agustina Dwi Pramesti, Setyasih Harini, Andika Drajat Murdanihttps://mail.online-journal.unja.ac.id/jisip/article/view/37557Indonesia ANALISIS POLA TERBENTUKNYA DINASTI POLITK DESA NYOGAN KECAMATAN MESTONG KABUPATEN MUARO JAMBI2024-11-06T10:18:08+07:00Fitriani Susantisussantifitriani@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola terbentuknya dinasti politik Kepala Desa Nyogan di Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi. Serta penyebab dinasti politik masih dikuasai oleh satu keluarga, yaitu keluarga Harun Muhammad Dun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori Klientalisme Politik. Klientalisme dapat dipahami sebagai relasi kuasa antara aktor politik yang memberikan sesuatu (patron) dengan pihak yang menerima (klien). Hasil penelitian ini menemukan bahwa, pola terbentuknya dinasti politik Desa Nyogan karena adanya relasi antara Kepala Desa dengan Perseroan Terbatas (PT) dan tokoh masyarakat. Jaringan sosial yang luas serta loyalitas dari berbagai pihak menyebabkan dinasti politik di Desa Nyogan masih kokoh. Ketergantungan masyarakat terhadap Kepala Desa, mengindikasikan kuatnya jaringan klientalisme yang berlangsung dari satu periode ke periode berikutnya. Hubungan patron-klien yang disebabkan oleh rasa balas jasa atas pelayanan-pelayanan yang dilakukan Kepala Desa, membuat masyarakat sulit untuk berpaling memilih pihak yang lain.</p>2024-11-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Fitriani Susantihttps://mail.online-journal.unja.ac.id/jisip/article/view/37621BENCHMARK KEBIJAKAN PERTAHANAN NON MILITER DARI BERBAGAI NEGARA: SEBUAH REVIEW2024-11-06T10:22:26+07:00Mohamad Kashurimohamad.kashuri@pom.go.id<p>Dalam era globalisasi yang semakin kompleks, pertahanan non-militer telah menjadi komponen kritis dalam strategi keamanan nasional. Studi ini menganalisis dan membandingkan kebijakan pertahanan non-militer dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Cina, Rusia, Uni Eropa, Singapura, dan Australia, untuk mengidentifikasi praktik terbaik dan tren global. Fokus utama diberikan pada empat pilar pertahanan non-militer: diplomasi, ketahanan ekonomi, kesiapsiagaan siber, dan ketahanan masyarakat. Melalui analisis komparatif dan tinjauan literatur komprehensif, penelitian ini mengungkapkan bahwa negara-negara semakin memprioritaskan pendekatan holistik dalam pertahanan non-militer, mengintegrasikan berbagai sektor pemerintah dan masyarakat. Temuan menunjukkan tren menuju peningkatan investasi dalam keamanan siber, penguatan kemitraan publik-swasta, dan pengembangan strategi komunikasi yang efektif untuk menghadapi ancaman informasi. Studi ini juga mengidentifikasi inovasi-inovasi penting, seperti penggunaan kecerdasan buatan dalam deteksi ancaman dan implementasi program ketahanan masyarakat yang komprehensif. Tantangan utama yang dihadapi termasuk koordinasi antar lembaga, adaptasi terhadap teknologi yang berkembang pesat, dan keseimbangan antara keamanan nasional dan hak-hak individu. Berdasarkan temuan ini, penelitian merekomendasikan peningkatan kolaborasi internasional dalam pertukaran informasi dan praktik terbaik, investasi berkelanjutan dalam pendidikan dan pelatihan tenaga kerja pertahanan non-militer, serta pengembangan kerangka kebijakan yang fleksibel untuk menghadapi ancaman yang terus berevolusi. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi pembuat kebijakan dan peneliti dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pertahanan non-militer yang efektif di era kontemporer.</p>2024-11-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Mohamad Kashurihttps://mail.online-journal.unja.ac.id/jisip/article/view/38666PENDEKATAN MAHZAB FRANKFURT DALAM MEMAHAMI KEBANGKITAN NASIONALISME-ETNOSENTRISME DI EROPA 2024-12-02T11:17:52+07:00Muhammad Vicky Afris Suryonomuhammad.vicky.as@gmail.com<p>Kegagalan partai sosial-demokrasi dalam mengatasi masalah ekonomi, imigrasi, dan ketidakpuasan sosial telah berkontribusi pada munculnya ideologi kanan di Eropa, yang menguntungkan kelompok-kelompok seperti Partai Demokrat Swedia, PVV di Belanda, dan AfD di Jerman. Partai-partai ini mengusung kebijakan anti-imigran, anti-Islam, dan skeptisisme terhadap Uni Eropa, sambil memperkuat narasi nasionalisme-ethnosentrisme. Kecenderungan ini muncul sebagai respons terhadap ancaman terhadap identitas nasional yang ditimbulkan oleh kebijakan imigrasi. Pendekatan dialektis Mahzab Frankfurt cocok untuk mempelajari bagaimana struktur sosial, politik, dan ekonomi berinteraksi dalam membentuk kecenderungan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana ketidakpuasan terhadap kebijakan sosial-demokrasi dan krisis ekonomi berkontribusi pada kebangkitan nasionalisme - ethnosentrisme, dengan menggunakan metode dialektis untuk memahami hubungan antara ketidakstabilan sosial dan munculnya nasionalisme - ethnosentrisme.</p>2024-11-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Muhammad Vicky Afris Suryonohttps://mail.online-journal.unja.ac.id/jisip/article/view/39158FAKTOR YANG PENGARUHI IMPLEMENTASI SDGS KOTA DAN PERMUKIMAN DENGAN KONSEP GREEN BUILDING DI KOTA PROBOLINGGO 2024-12-09T18:09:27+07:00Renny Puspitarinirenny.candradewi@upm.ac.idAndhi Nur Rahmadiandhi.iansyah@gmail.com<p>Di negara berkembang, seperti Indonesia, green building telah diakui sebagai pedoman kebijakan tata Kelola bangunan yang lebih baik dan berkelanjutan yang mengimplementasikan pendekatan ramah lingkungan dan efisiensi energi. Kebijakan ini dimuat dalam Peraturan Daerah Kota Probolinggo Nomor 4 Tahun 2008 yang mewajibkan pengembang menerapkan prinsip bangunan ramah lingkungan. Tulisan ini merupakan hasil penelitian kualitatif dengan metode mengobservasi bangunan-bangunan di Kota Probolinggo apakah sudah sesuai dengan kriteria green building yang diharapkan yang hasilnya diolah dalam software analisis data kualitatif Atlas.ti 9. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa implementasi green building di Kota Probolinggo belum sepenuhnya terwujud. Penerapan green building masih jauh dari konsep awal karena berbagai faktor penghambat, seperti anggaran yang tidak memadai dan kurangnya konsultan yang dapat secara efektif dan efisien memenuhi persyaratan green building dalam batasan anggaran.</p>2024-11-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Renny Puspitarini, Rahmadi Andhi Nur