Faktor yang Berhubungan dengan Kejenuhan Kerja (Burnout) pada Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Muara Sabak Timur Tahun 2022

Authors

  • Silvia Meilina Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Melda Yenni Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Hamdani Hamdani Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkmj.v6i2.20354

Abstract

Burnout merupakan suatu kondisi stress kronis dimana pekerja merasa jenuh dan lelah secara fisik, mental dan emosional yang diakibatkan oleh kondisi yang dialami pada saat bekerja. Burnout disebabkan oleh ketidaksesuaian antara pekerjaan yang dibebankan kepada pekerja, jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, status perkawinan dan locus of control. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Sampel penelitian sebanyak 40 responden, dari total populasi guru honorer 25 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Muara Sabak Timur. Data diperoleh dengan melakukan wawancara menggunakan kuesioner, penelitian dilakukan pada bulan Juni 2022. Data dianalisis dengan metode univariat dan bivariat dengan uji chi-square.  Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya hubungan antara umur p-value <0.001, Status Perkawinan p-value 0.003 dan Locus of control p-value 0.007 dengan kejenuhan kerja (Burnout) pada guru honorer Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Muara Sabak Timur Tahun 2022. Kesimpulan yang didapatkan adalah ada hubungan antara usia dengan Kejenuhan kerja (Burnout) pada guru honorer Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Muara Sabak Timur Tahun 2022 dengan p-value <0.001. Ada hubungan antara umur dengan Kejenuhan kerja (Burnout) pada guru honorer Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Muara Sabak Timur Tahun 2022 p-value 0.003. Ada hubungan antara umur dengan Kejenuhan kerja(Burnout) pada guru honorer Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Muara Sabak Timur Tahun 2022 p-value 0.007.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M., Zulkifli, A., & Nurqamar, I. F. (2021). Manajemen burnout konsep dan implementasi (b. S. M.c.a (ed.); i). UPT Unhas Press.

Aseri, M. (2018). Politik Hukum Islam Di Indonesia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 1–15. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.57

Cahyani, D. R. (2019). Kejenuhan kerja (Burnout) pada Guru Honorer di Kota Makassar (Vol. 8, Issue 5). Universitas Negeri Makassar.

Dewi, A. C., Surono, A., & Sutomo, A. H. (2016). Stres kerja, usia, dan tahun pelayanan dengan perasaan lelah kerja di kalangan perawat di rumah sakit Grhasia Yogyakarta.Berita Kedokteran Masyarakat, 32(2), 53. https://doi.org/10.22146/bkm.8569

Fa’izah, N., & Rahman, K. A. (2022). The Effect of Internal Locus of Control and Job Insecurity on Burnout of Honorary School Teachers with Job Stress as a Moderation Variable. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal (IDEAL), 04(1), 1–19.

Fahmi, A. Z., Muthia, W. S., Alfarizi, F., Garlianka, M., Wangsadikrama, & Widiasmara, N. (2019). Diversity and Burnout in Elementary School Teachers in Yogyakarta. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 24(2), 105–114. https://doi.org/10.20885/psikologi.vol24.iss2.art1

Fathonah, S., & Renhoran, C. R. (2021). Gambaran Tingkat Stress Guru Madrasah Aiyah Di Jakarta Selatan Selama Masa Pandemi. Pendidikan Islam, 12, 57–71.

Jannah, N. M., Utami, S., & Zaini, M. (2017). Hubungan locus of control dengan stres kerja pada guru sekolah luar biasa a, b, dan c di kecamatan patrang kabupaten jember. 39, 1–10.

Meiliyandrie, L., Wardani, I., & Firmansyah, R. (2021). Work-Life Balance Para Pekerja Buruh (M. Nasrudin (ed.); I). NEM-Anggota IKAPI.

Meiliyandrie, L., Wardani, I., & Pitensah, C. N. (2021). Religiosity, Psychological Capital, dan Burnout (M. Nasrudin (ed.); I). NEM-Anggota IKAPI.

Meliyandrie, L., Wardani, I., & Amalia, wulan nur. (2021). Psychological Capital, Job Insecurity, dan Burnout (M. Nasrudin (ed.); 1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.

Notoatmodjo, S. (2002). metodologi penelitian kesehatan (2nd ed.). pt rineka cipta.

Pemerintah pusat. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49.

Permendikbud. (2018). Permendikbud Beban Kerja Guru Kepala Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Prestiana, novita dian iva dan T. X. A. P. (2013). Internal locus of control and job insecurity Novita Dian Iva Prestiana and Trias Xandria Andari Putri. Soul, 6.

Rahmi, I., & Nio, S. R. (2021). Burnout Work In School Teacher in Solok City Burnout in School Teachers in Solok City. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 4315–4318.

Rosanna, S. F., Hartanti, R. I., & Indrayani, R. (2021). The Relationship Between Individual Factors And Saturation With Work Stress In Elementary School Teachers As Equals. Ikesma, 17 (2), 111. https://doi.org/10.19184/ikesma.v17i2.24783

Rupang, E. R., & Derang, I. (2021). Burnout perawat pelaksana di ruang isolasi covid-19. Jurnal Perawat Indonesia, 5(2), 712–723.

Sari, D. M., Zainuddin, A., & Saptaputra, S. K. (2021). The Relationship between Marital Status, Work Fatigue, and Workload with Work Stress at the Kendari Bay Bridge Project in Southeast Sulawesi in 2019. Jurnal Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Universitas Halu Oleo, 1(4), 146–152.

Yulmaidar, Makhdalena, & Indarto, W. (2019). The influence of self-confidence and reward on the saturation of the work of honorary teachers in public elementary schools in tualang sub-district of Siak district. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(2), 286–297. https://jmp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JMP/index

Downloads

Published

2022-09-30