Efektivitas Edukasi Kesehatan Melalui Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa dalam Penerapan Protokol Kesehatan di SMPN 19 Kota Jambi

Authors

  • Solihin Sayuti Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Jambi, Jambi
  • Almuhaimin Almuhaimin Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Jambi, Jambi
  • Sofiyetti Sofiyetti Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Jambi, Jambi
  • Puspita Sari Jurusan Kesehatan Masyarakat, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkmj.v6i2.20624

Abstract

Covid-19 merupakan penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya. Covid19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut corona virus 2 (servere acute respiratory syndrome corona virus 2 atau SARS-coV-2).Virus Covid-19 merupakan salah satu jenis virus corona yang menular ke manusia dan menyerang sistem pernapasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian edukasi kesehatan melalui media video terhadap tingkat pengetahuan siswa dalam penerapan protokol kesehatan di SMPN 19 Kota Jambi. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi-Experiment dengan pendekatan The Non-Randomized Without Control Group Pretest And Posttest Design. Sampel penelitian ini berjumlah 72 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eklusi. Hasil penelitian dari 72 responden di peroleh nilai rerata sebelum dilakukan edukasi kesehatan penerapan protokol kesehatan (pre-test) adalah 6,40 dengan nilai minimal 6,40 dan nilai maksimal 8, sedangkan nilai rerata setelah dilakukan edukasi kesehatan (pos-test) adalah 7 dengan nilai minimal dan nilai maksimal 10. Hal ini menunjukan peningkatan dari nilai pre-test dengan nilai rerata perbandingan antara pre-test post-test adalah 2,28. Terrdapat juga 53 (74%) responden yang meningkat pengetahuannya, 11 (15%) responden yang tetap pengetahuannya dan 8 (11%) responden yang menurun pengetahuannya. Hasil uji analisis bivariat dengan Wilcoxon T-Test pada responden Pre-tes dan Post-Tes hasil pengujian data menunjukkan nilai p = 0,000 <0,05, maka dapat disimpulkan secara statistic terdapat perbedaan pengetahuan yang bermakna antara pengetahuan sebelum dan sesudah intervensi video. Bagi sekolah diharapkan ditengah pandemi COVID-19 siswa dapat mematuhi protokol kesehatan dan dapat memberikan penambahan media video dalam proses pembelajaran agar kedepannya pembelajaran lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

UNESCO. (2020). COVID-19 Impact on Education. Retrieved from https://en.unesco.org/themes/education-emergencies/coronavirus-school-closures.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Kesiapan Belajar Satuan Pendidikan. Retrieved from http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/kesiapanbelajar/home.

Kustandi, C, Sujipto, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

H. R, Simamora. Pengaruh Penyuluhan Identifikasi Pasien dengan Menggunakan Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Pasien Rawat Inap. Fak Keperawatan, Univ Sumatera Utara. 2019;3.

Mulyadi, M. Isra, Warjiman Warjiman, and Chrisnawati Chrisnawati. “Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.†Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) 3.2 (2018): 1-9.

Arikunto (2010) Prosedur penelitian.Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmodjo,S(2012).Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Anggraini, S. A., Siregar, S., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pada Ibu Hamil Tentang Pencegahan Stunting Di Desa Cinta Rakyat. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 6(1), 44-49. Retrieved from http://jurnal.

Fanny Asfany. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Melalui Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Dampak Abortus Provokatus Kriminalis Di Kelas X Sman 2 Gowa. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Ala.

Rini WNE. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang Stunting di Puskesmas Rawasari Kota Jambi tahun 2019. J Kesmas Jambi. 2019;4.

Rosalinda. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi pada Remaja Tunagrahita Di SLB N 1 Bantul. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah. Yogyakarta. 2016.

T. P. Anisha, Farit, Rezal A. Efektifitas Media Audio Visual dan Leaflet terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan tentang Pencegahan Penyakit Gastritis pada Santriwati di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Dan Ummusshabri Kota Kendari Tahun 2.

Gejir IN, A., dkk. 2017. Media Komunikasi Dalam Penyuluhan Kesehatan. 1st ed.Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2022-09-30