Peran Guru dalam Membentuk Identitas Nasional Peserta Didik Melalui Implementasi Budaya Sekolah

Authors

  • Arimbi Aulia Nanta Universitas Negeri Medan
  • Wira Fimansyah Universitas Negeri Medan

Keywords:

Guru, Identitas Nasional, Budaya Sekolah

Abstract

Identitas nasional adalah elemen penting yang berperan dalam menjaga keutuhan dan persatuan bangsa terutama di era globalisasi. Guru memainkan peran penting dalam pembentukan identitas nasional siswa melalui budaya sekolah. Sebagai pendidik, guru tidak hanya menyampaikan materi akademik saja tetapi juga berusaha mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan dalam budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode dan strategi yang digunakan oleh guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan ke dalam kegiatan yang berkembang di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan studi literatur yang berfungsi untuk mengeksplorasi dan memahami peran guru dalam membangun identitas nasional melalui budaya sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai kebangsaan dalam budaya sekolah melalui berbagai metode dan strategi baik di dalam dan di luar kelas memiliki dampak signifikan terhadap pembentukan identitas nasional peserta didik. Karena guru memainkan peran sentral dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan melalui kegiatan sehari-hari melalui proses belajar mengajar, kegiatan upacara bendera, program ekstrakurikuler, interaksi sosial antar warga sekolah dan implementasi P5 pada kurikulum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nanta, A. A., & Fimansyah, W. . (2024). Peran Guru dalam Membentuk Identitas Nasional Peserta Didik Melalui Implementasi Budaya Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(3), 243-251. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/37178