STRATEGI PEMASARAN DODOL ROSELA PADA AGROINDUSTRI “Adsari” BERDASARKAN PRODUCT LIFE CYCLE (PLC) DI KOTA JAMBI

Authors

  • Aulia Rahmah jambi university
  • Yanuar Fitri
  • Riri Oktari Ulma

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v20i2.5063

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi produk dodol rosela Agroindustri Adsari dan mengetahui strategi pemasaran dodol rosela yang dilakukan Agroindustri Adsari pada tahapan Product Life Cycle (PLC). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menentukan posisi dodol rosela dengan menggunakan indikator product life cycle (PLC) yakni : volume penjualan, perubahan volume penjualan dan laba. Untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Agroindustri Adsari dengan menggunakan variabel marketing mix (4P), yaitu produk, harga, promosi dan distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dodol rosela berada pada tahap pertumbuhan (Growth). Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya volume penjualan, laba yang bernilai positif, jumlah pesaing yang meningkat, dan adanya perluasan distribusi. Selain itu, strategi pemasaran dodol rosela yang dijalankan oleh agroindustri pada tahap pertumbuhan adalah perbaikan kualitas produk dari segi tekstur dan rasa serta perluasan distribusi keluar Kota Jambi.

Kata Kunci : Dodol Rosela, Product Life Cycle (PLC), Strategi Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-05-21 — Updated on 2018-05-21

Versions

How to Cite

Rahmah, A., Fitri, Y., & Ulma, R. O. (2018). STRATEGI PEMASARAN DODOL ROSELA PADA AGROINDUSTRI “Adsari” BERDASARKAN PRODUCT LIFE CYCLE (PLC) DI KOTA JAMBI. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 20(2), 10. https://doi.org/10.22437/jiseb.v20i2.5063