Pembelajaran Matematika Pada Anak Tunarungu Melalui Media Corong Hitung di YPAC Palembang
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtpd.v3i1.33167Keywords:
pembelajaran matematika, media pembelajaran, anak tuna runguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran matematika dasar dan cara pendidik memberikan motivasi anak tunarungu untuk belajar di SLB-B YPAC Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif berupa studi kasus. Pada temuan ini, memperlihatkan bahwa pembelajaran matematika bagi anak tunarungu di SLB-B YPAC Palembang menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan komunikasi akibat hambatan pendengaran dan kurangnya media bahan ajar yang menyenangkan. Media "Corong Hitung" diusulkan sebagai solusi untuk mengatasi tantangan tersebut. Media ini dirancang dengan cara yang interaktif dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat anak tunarungu untuk belajar matematika. Media "Corong Hitung" juga dapat membantu anak memahami konsep-konsep matematika dasar dengan cara yang lebih nyata dan visual. Berdasarkan studi yang dijalankan, diharapkan bisa meningkatkan pemahaman atau referensi bagi pendidik dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang lebih efektif dan inklusif bagi anak tunarungu.
Downloads
References
Anggraeni, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Media Pembelajaran Corong Berhitung Pada Siswa Tunarungu Kelas Dasar Iii Di Slb Wiyatadharma 1 Sleman. Jurnal Widia Ortodidaktika Vol, 8(6), 595–606.
Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, Yuliyani, L., hildawati, Suarni, A., Anurogo, D., Ifadah, E. & Judijanto, L. (2023). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif (Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang) (Vol. 1).
Maridah, Kasmawati & Mustafa. (2023). Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Media Corong Berhitung Pada Murid Tunarungu. Pinisi Jurnal Of Art, humanity & Social Studies, 3(1), 296–302.
Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Ridlo, U. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus: Teori dan Praktik. Dalam Uinjkt.Ac.Id.
Soimah, W. & Fitriana, E. (2020). Konsep Matematika ditinjau dari Perspektif Al-Qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2, 131–135.
Sugiono, Liliani, S. & Ellissi, W. (2021). Analisis Tematik Data Kualitatif Pada Pengembangan Perangkat Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR). SNFKIP 2021: Pendidikan Bagi Masyarakat di Daerah 3T, 17, 55–65.
Syafri, F. S. (2018). Pengajaran Konsep Matematika Pada Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 117. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v1i2.1338
Wahab, G. & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Dalam Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Nomor April).
Widi astuti, E. Y. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Corong Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Perkalian. Paedagogia, 21(1), 76. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v21i1.9008
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zalika Amanda Zahra Amanda, Shinta Dwi Anugrah, Adhea Afiani, Difa Falinsy, Niken Gayatri, Yuni Dwi Suryani, Lia Dwi Ayu Pagarwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.