Penerapan Prinsip Kodrat Alam dan Kodrat Zaman dalam Pendidikan yang Sesuai dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Authors

  • tressa pratywi gupitasari Universitas Jambi
  • Siti Munawarah Universitas Jambi
  • Sonia Kurnia Putri Universitas Jambi
  • Vini Gentari Febriani Universitas Jambi
  • Zeni Aulia Su’adah Universitas Jambi

Keywords:

Kodrat Alam, Kodrat zaman

Abstract

The application of the principles of Nature and the Nature of the Times is based on Ki Hadjar Dewantara's philosophy. This research aims to analyze the implementation of these two principles in the current education system, particularly in creating a balance between developing 21st-century skills and maintaining students' fundamental values. The research method used is a literature study examining Ki Hadjar Dewantara's works, relevant scientific journals, and national education policy documents such as the Freedom Curriculum. Research results show that although the principles of Nature and the Nature of the Times serve as philosophical foundations in education policy, their implementation still faces concrete challenges such as an evaluation system that is too cognitively oriented and teachers' limited competence in implementing student-centered learning. There is a need for curriculum development that provides autonomy to educational units, prioritizes project-based learning, and meaningfully integrates technology. Education based on the principles of natural disposition and zeitgeist is expected to produce students who are intelligent, have strong character, and are ready to face future challenges.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman dan Nurul Iman. 2023. Analisis Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran IPA Di MI Al-Hasaniyah, Gunung Sesang, Kec. Terara Tahun 2022. Journal Transformation of Mandalika, 4 (1), 74-83

Aditomo, Anindito. 2021. Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Darojah, Ambar, S., Siti, R., Heru, N., & Soedjono. 2024. Analisis Implikasi Konsep Kodrat Alam Dan Sistem Among Ki Hadjar Dewantara Di SMP N 2 Satu Atap Sluke. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7 (3), 8485-8491.

Dewantara, Ki Hadjar. 2009. Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Taman Siswa.

Efendi, P., M., Tatang, M., dan Yusuf, T., H. 2023. Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6 (2), 548-561

Faiz, A., et al. (2021). Tinjauan Analisis Krisis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(4), 1766-1777

Hendri, Ichwani, S., U., dan Lili, N. 2022. Optimalisasi Peran Sekolah dengan Analisis Interaktif bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7 (1), 32–43.

Hussen, T., N., Suci, N., F., Nastiti, D., P., Zivira, W., Windi, M., Ipinda, I., S., Destrinelli & Muhammad, S. 2024. Relevansi Dasar Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Kodrat Alam dan Kodrat Zaman) Terhadap Konsepsi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7 (5), 4999-5006

Indriyani, P., Tiara, P., U., Uli, N., Yusuf, E., S., & Zahra, A., W. 2024. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SDN 64/IV Kota Jambi sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia. Jurna Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 3(2), 188-200.

Jihad, M. (2021). Relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara Dalam Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(3), 125-138

Nata, Abuddin. 2024. Quo Vadis Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Menilik Kurikulum Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Dan Revisi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam, 13 (5), 342-375

Ningsih, S., K., Suci, A., W., Suci, L., Tria, R., W., & Ukhty, N. 2024. mplementasi Nilai Religiusitas Dalam Perwujudan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia Di SDN 181/IV Kota Jambi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 3 (1), 34-35.

Noventue, R., Slamet, G., dan Astutik. 2024. Hakikat Pendidikan: Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki Hajar Dewantara Dan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7 (1), 2809-2818

Ramadhan, S., Ihlas, Hendra, Muslim, Yayuk, K., Rasti, A., Ahmad, & Ferawaty. 2024. Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Yogyakarta: K-Media. Ebook.

Rani, P., R., P., N., Masduki, A., Vincensius, D., A., & Ilham, A. 2023. Kurikulum Merdeka: TransformasiPembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal Of Information Systems and Management, 02 (06), 78-84

Rizkiani, A., D., Ahmad, H., Airmansyah, A., Tri, Z., B. 2023. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2 (2), 135-147

Salsabila, Y., Ananda, A., S., H., Yasmin, F., dan Nisaiy, D., H. 2023. Pengaruh Perkembangan Kemampuan Pada Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Terhadap Hasil Belajar. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial, Sains, 3 (1), 09-15.

Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466.

Setyorini, Ani. 2021. Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara (Studi Pendekatan Kualitatif Kepustakaan). Jurnal Turats, 14 (2), 71-99.

Shabartini, D. N., Hidayat, S., Jamaludin, U., & Leksono, S. M. (2023). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6 (2), 964-973.

Sukardi, S. (2020). Pendidikan dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara: Dari Taman Siswa ke Era Digital. Yogyakarta: Lembaga Pendidikan Indonesia.

Suryana, C., dan Tatang, M. 2022. Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6 (4), 6117-6131

Wiryopranoto, S., Nina, H., Djoko, M., Yuda, B T., & Tim Museum Kebangkitan Nasional. 2017. Perjuangn Ki Hajar Dewantara: Dari Politik Ke Pendidikan. Jakarta: Museum Kabangkitan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yusuf, Y. 2024. Pendidikan yang MemerdekakanPersepektif Freire dan Ki Hajar Dewantara. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2 (2), 56-72

Zulfa, P., I., Mamluatun, N., dan Nur, F., A. 2023. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi IT dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidikan di Era 5.0 pada Sekolah Dasar. El-Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5 (1), 01-15.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

gupitasari, tressa pratywi, Munawarah, S., Kurnia Putri, S., Gentari Febriani, V., & Aulia Su’adah, Z. (2025). Penerapan Prinsip Kodrat Alam dan Kodrat Zaman dalam Pendidikan yang Sesuai dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 4(1), 43–54. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/jtpd/article/view/39286

Issue

Section

Articles