PENGARUH PEMBERIAN SUPLEMEN BUBUK BIJI KETUMBAR TERHADAP INDEKS MASSA TUBUH, TEKANAN DARAH, KADAR GULA DARAH SEWAKTU DAN PROFIL LIPID ORANG DEWASA OVERWEIGHT DAN OBESITAS

Authors

  • Raihanah Suzan FKIK Unja
  • Rita Halim

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.16561

Abstract

Latar belakang: Berat badan lebih (overweight) dan obesitas merupakan salah satu gangguan gizi yang prevalensinya semakin lama semakin meningkat di Indonesia. Keadaan ini perlu ditanggulangi untuk mencegah tingginya prevalensi penyakit metabolik pada penduduk Indonesia khususnya pada usia produktif. Ketumbar selain sebagai rempah-rempah juga memiliki manfaat sebagai obat alternatif. Belum adanya penelitian mengenai ketumbar pada orang overweight dan obesitas tanpa penyakit penyerta menyebabkan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tersebut.

Metode: Penelitian ini merupakan studi eksperimental murni dengan pre dan post test dan intervensi silang (cross-over trials) terhadap 26 orang dewasa overweight dan obesitas.

Hasil: Tidak terdapat perbedaan bermakna terhadap perubahan indeks massa tubuh, tekanan darah, kadar gula darah, dan profil lipid diantara kedua kelompok baik sebelum maupun setelah perlakuan.

Kesimpulan: Tidak terdapat perubahan pada suplementasi bubuk biji ketumbar terhadap indeks massa tubuh, tekanan darah, kadar gula darah, dan profil lipid pada orang dewasa overweight dan obesitas.

Kata kunci: Obesitas, ketumbar, sindrom metabolik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Suzan, R., & Halim, R. (2022). PENGARUH PEMBERIAN SUPLEMEN BUBUK BIJI KETUMBAR TERHADAP INDEKS MASSA TUBUH, TEKANAN DARAH, KADAR GULA DARAH SEWAKTU DAN PROFIL LIPID ORANG DEWASA OVERWEIGHT DAN OBESITAS. Jambi Medical Journal : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 10(1), 50-55. https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.16561

Most read articles by the same author(s)