PEMODELAN FAKTOR RISIKO TUBERKULOSIS PARU DI SUMATERA BARAT

Authors

  • Yeffi Masnarivan Universitas Andalas
  • Arinil Haq Universitas Andalas
  • Masrizal

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.17785

Abstract

Latar belakang: Tuberkulosis (TB) saat ini masih merupakan masalah kesehatan masyarakat baik di Indonesia. Pada tahun 2018 prevalensi TB paru di Indonesia sebesar 0,42% dan di Sumatera Barat sebesar 0,31%.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model faktor risiko penyakit TB Paru pada Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat.

Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan menggunakan data sekunder tahun 2020 yang dikumpulkan dari Dinas Kesehatan dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat dan analisis multivariat meliputi analisis kluster, analisis biplot dan analisis diskriminan.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan prevalensi penderita TB terbanyak berada di Kota Solok yaitu 20 per 10.000 penduduk. Proses pengelompokan menghasilkan tiga kluster kabupaten/kota berdasarkan faktor penyebab TB. Kluster satu tidak memiliki permasalahan terhadap faktor penyebab TB. Kluster dua dipengaruhi oleh variabel prevalensi TB, persentase cakupan bayi imunisasi BCG, jumlah posyandu, persentase penduduk miskin, dan persentase sumber air minum layak. Kluster tiga dipengaruhi oleh variabel persentase tiak ada/tidak menggunakan fasilitas tempat BAB, nilai indeks kualitas udara, persentase rumah tangga memiliki lantai tanah, kepadatan penduduk, jumlah balita gizi kurang, persentase bahan bakar utama memasak dengan kayu, dan persentase rumah tangga sanitasi layak memiliki faktor penyebab TB tertinggi.

Simpulan: Terdapat perbedaan karakteristik dan kerawanan pada masing-masing kluster kabupaten/kota di Sumatera Barat berdasarkan faktor penyebab TB. 

Kata kunci: Model, Faktor Risiko, Tuberkulosis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Masnarivan, Y., Haq, A., & Masrizal. (2022). PEMODELAN FAKTOR RISIKO TUBERKULOSIS PARU DI SUMATERA BARAT. Jambi Medical Journal : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 10(1), 68-80. https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.17785