JAMBI MASA KOLONIALISME DAN IMPERIALIASME SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDY KASUS PERKEMBANGAN PERDAGANGAN PEMERINTAH HINDIA-BELANDA (1906-1942)

Authors

  • Dimas Rizqi Rinaldi Unja

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.24169

Keywords:

Perdagangan, Jambi, Ekonomi, Kolonialisme

Abstract

Jambi merupakan salah satu wilayah yang dikenal dengan hasil lada dan perkebunan karet yang tinggi, sehingga menjadikan daerah ini sebagai salah satu pemasok ekspor terbesar dari pulau Sumatera. Belanda secara garis besar menguasai Perdagangan di jambi. dalam pemerintahan kolonial Belanda 1906. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana Perkembangan perdagangan di Jambi pada masa Kolonial dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Metode Penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa perdagangan kota jambi dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Sumberpembelajaran ini juga sangat penting untuk peserta didik karena dengan adanya bahan ajar mengenai perdagangan di Kota Jambi peserta didik akan mengetahui nasionalisme bangsa dalam mempertahankan wilayahnya dari kolonial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arman, D. (2018). Perdagangan Lada di Jambi Abad XVI-XVII Jambi. Jurnal Sejarah Budaya. Vol 1, No 2. https://doi.org/10.33652/handep.v1i2.17. 81-106.

Dr. Lindayanty, dkk. (2013). Jambi dalam Sejarah 1500-1942. Jambi: Pusat Kajian Pengembangan Sejarah dan Budaya Jambi.

Fatmiyatun, Sri. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Limbangan Kabupaten Kendal. Semarang. Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang.

Lindayanti, dkk. (2013). Jambi Dalam Sejarah 1500-1942. Jambi: Pusat Kajian Pengembangan Sejarah dan Budaya Jambi.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.

Miftahurrahmat. (2018). Kota Jambi Sebagai Pusat Pemerintahan Kolonial Dan Pelabuhan Dagang 1906-1942. Skripsi Departemen Sejarah Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenamedia Group.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2018). Sumber Belajar Sejarah. Cetakan ke-8, Jakarta: Kencana.

Seprina, R. (2021). Study Perkembangan Perekonomian Jambi Masa Hindia-Belanda (1906-1942) Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sejarah Berbasis Lokal: Indonesia. Jurnal EduSosial, 1(1), 84-93.

Winarsih, dkk. (2017). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal of Hisotry Education. Vol. 2, No 5. 22-29

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Rinaldi, D. R. (2024). JAMBI MASA KOLONIALISME DAN IMPERIALIASME SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDY KASUS PERKEMBANGAN PERDAGANGAN PEMERINTAH HINDIA-BELANDA (1906-1942). Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 3(1), 70-81. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.24169