PENGARUH TANGGAPAN KONSUMEN MENGENAI PRODUK, HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI PADA UMKM KARTIKA WIDYA UTAMA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Amelza Sastri Yundini Politeknik Piksi Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i2.15311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggapan konsumen mengenai
kualitas produk, harga, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian di
UMKM Kartika Widya Utama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif. Data diperoleh melalui studi lapangan, kuesioner, dan studi
pustaka. Sampel pada penelitian ini sebanyak 35 responden, dengan menggunakan metode
teknik Purposive Sampling. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah dengan
teknik regresi linier sederhana dan teknik korelasi antar variabel untuk membuktikan adanya
pengaruh tanggapan konsumen mengenai kualitas produk, harga, kualitas pelayanan dan
lokasi terhadap keputusan pembelian di UMKM Kartika Widya Utama
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Variabel X (Kualitas Produk, Harga,
Kualitas Pelayanan dan Lokasi) memiliki hubungan pengaruh yang sangat kuat dengan
Variabel Y (Keputusan Pembelian) di UMKM Kartika Widya Utama. Hal ini diketahui dari
nilai koefisien korelasi Variabel X terkadap Variabel Y sebesar 0,976 berada pada interval
tingkat hubungan yang sangat kuat. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan Uji F
diperoleh nilai f-tabel untuk n=35 adalah 4,12 dan f- hitungnya sebesar 149,250 atau 149,250
> 4,12, maka pada tingkat kekeliruan 5% maka diputuskan untuk menolak H0 dan menerima
H1, artinya terdapat hubungan pengaruh yang signifikan antara variabel X (Kualitas Produk,
Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi) terhadap Variabel Y (Keputusan Pembelian) di
UMKM Kartika Widya Utama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eka Nur Kamilah, (2015) Distribusi Nilai R Tabel Signifikasi 5% dan 1% http://repository.upi.edu/14867/16/S_PEA_1005771_Appendix7.pdf

Junaidi (2010) Titik Presentase Distribusi F http://ledhyane.lecture.ub.ac.id/files/2013/07/tabel-f-0-05.pdf

Junaidi (2010) Titik Presentase Distribusi T http://ledhyane.lecture.ub.ac.id/files/2013/04/tabel-t.pdf

Kotler & Armstrong. 2001. Prinsip- prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Armstrong. 2001. Prinsip- prinsip Pemasaran Jilid II. Jakarta: Erlangga

Kurniawan, A (2010). Belajar Mudah SPSS untuk pemula, Mediakom : Yogyakarta

Rudjito. (April 2003). Strategi pengembangan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis, dalam Makalah yang disampaikan pada seminar peran perbankan dalam memperkokoh ketahanan nasional kerjasama Lemhanas RI dengan BRI.

Sugiyono, (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta: Bandung.

Sugiyono, (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah https://ppid.unud.ac.id/img/admin/page_attc/a16a3dba809cb5346a0cbf2c0073cd6d.pdf

Downloads

Published

2022-06-17

How to Cite

Yundini, A. S. . (2022). PENGARUH TANGGAPAN KONSUMEN MENGENAI PRODUK, HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI PADA UMKM KARTIKA WIDYA UTAMA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(2), 372-386. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i2.15311