PENGARUH TANGGAPAN KONSUMEN MENGENAI PRODUK, HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI PADA UMKM KARTIKA WIDYA UTAMA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v11i2.15311Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggapan konsumen mengenai
kualitas produk, harga, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian di
UMKM Kartika Widya Utama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif. Data diperoleh melalui studi lapangan, kuesioner, dan studi
pustaka. Sampel pada penelitian ini sebanyak 35 responden, dengan menggunakan metode
teknik Purposive Sampling. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah dengan
teknik regresi linier sederhana dan teknik korelasi antar variabel untuk membuktikan adanya
pengaruh tanggapan konsumen mengenai kualitas produk, harga, kualitas pelayanan dan
lokasi terhadap keputusan pembelian di UMKM Kartika Widya Utama
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Variabel X (Kualitas Produk, Harga,
Kualitas Pelayanan dan Lokasi) memiliki hubungan pengaruh yang sangat kuat dengan
Variabel Y (Keputusan Pembelian) di UMKM Kartika Widya Utama. Hal ini diketahui dari
nilai koefisien korelasi Variabel X terkadap Variabel Y sebesar 0,976 berada pada interval
tingkat hubungan yang sangat kuat. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan Uji F
diperoleh nilai f-tabel untuk n=35 adalah 4,12 dan f- hitungnya sebesar 149,250 atau 149,250
> 4,12, maka pada tingkat kekeliruan 5% maka diputuskan untuk menolak H0 dan menerima
H1, artinya terdapat hubungan pengaruh yang signifikan antara variabel X (Kualitas Produk,
Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi) terhadap Variabel Y (Keputusan Pembelian) di
UMKM Kartika Widya Utama.
Downloads
References
Eka Nur Kamilah, (2015) Distribusi Nilai R Tabel Signifikasi 5% dan 1% http://repository.upi.edu/14867/16/S_PEA_1005771_Appendix7.pdf
Junaidi (2010) Titik Presentase Distribusi F http://ledhyane.lecture.ub.ac.id/files/2013/07/tabel-f-0-05.pdf
Junaidi (2010) Titik Presentase Distribusi T http://ledhyane.lecture.ub.ac.id/files/2013/04/tabel-t.pdf
Kotler & Armstrong. 2001. Prinsip- prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Armstrong. 2001. Prinsip- prinsip Pemasaran Jilid II. Jakarta: Erlangga
Kurniawan, A (2010). Belajar Mudah SPSS untuk pemula, Mediakom : Yogyakarta
Rudjito. (April 2003). Strategi pengembangan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis, dalam Makalah yang disampaikan pada seminar peran perbankan dalam memperkokoh ketahanan nasional kerjasama Lemhanas RI dengan BRI.
Sugiyono, (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta: Bandung.
Sugiyono, (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Yogyakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah https://ppid.unud.ac.id/img/admin/page_attc/a16a3dba809cb5346a0cbf2c0073cd6d.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Amelza Sastri Yundini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.