PENGARUH PEMANFAATAN PEMBELAJARAN DARING,MINAT BELAJAR, DAN STRESS BELAJAR TERHADAP MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA SELAMA COVID-19

Authors

  • Nita Diana Universitas Prima Indonesia
  • Monica Florencia Sinurat Universitas Prima Indonesia
  • Alexander Sinaga Universitas Prima Indonesia
  • Cut Fitri Rostiana Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v10i03.15774

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memberi bukti empiris terkait pengaruh pemanfaatan pembelajaran daring, minat belajar dan stres belajar terhadap prestasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia Selama Pandemi Covid-19 di masa mendatang dengan pengujian pada setiap variabelnya Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 mahasiswa dan sampel berjumlah 50 mahasiswa. Penelitian ini memanfaatkan metode analisis regresi linear berganda. Secara parsial, hasil uji didapatkan nilai pemanfaatan pembelajaran daring 3,615 > ttabel (1,687) atau probabilitas sig (0,001) < 0,05, minat belajar 2,590 > (1,687) atau probabilitas sig (0,003) < 0,05, persepsi stres belajar 3,491 > (1,687) atau probabilitas sig (0,004) < 0,05. Jadi, secara serempak variabel pemanfaatan pembelajaran daring, minat belajar dan stres belajar secara positif berpengaruh dan signifikan terhadap variabel prestasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Hasil uji koefisien determinasi di peroleh nilai R Square senilai 0,79. Artinya bahwa 79% variabel pemanfaatan pembelajaran daring (X1), minat belajar (X2) dan persepsi stres belajar (X3) dapat menerangkan variabel prestasi mahasiswa (Y) pada Universitas Prima Indonesia selama pandemik COVID-19 sisanya 21% (100% - 79%) dipengaruhi variabel lainnya di luar penelitian seperti variabel kualitas pelayanan pendidikan serta persepsi promosi harga uang kuliah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Charli, L., Ariani, T. dan Asmara, L. (2019) “Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika,†Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), hal. 52–60. doi: 10.31539/spej.v2i2.727.

Fitriyani, Y., Fauzi, I. dan Sari, M. Z. (2020) “Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19,†Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), hal. 121–132. doi: 10.23917/ppd.v7i1.10973.

Kendari, I. dan Kendari, K. (2021) “PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN WHATSAPP METAKOGNITIF The Effect of Online Learning Using WhatsApp Group on The Learning Outcomes at IAIN Kendari in Terms Of Metacognitive Awareness,†3(1), hal. 16–25.

Nasution, S. L. et al. (2021) “Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Bidang Studi Akutansi Di Feb Universitas Labuhanbatu,†Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), hal. 67–75. doi: 10.36987/ecobi.v8i1.2068.

RAHMAWATI, D. dan SUMIATI, A. (2015) “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Akuntansi Smk Negeri 10 Jakarta,†Econosains Jurnal Online Ekonomi dan Pendidikan, 13(1), hal. 1–14. doi: 10.21009/econosains.0131.01.

Nurhasanah, S. dan Sobandi, A. (2016) “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa,†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), hal. 128. doi: 10.17509/jpm.v1i1.3264.

sangadah, khotimatus (2020) “No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle,†Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), hal. 1–9.

Emda, A. (2018) “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,†Lantanida Journal, 5(2), hal. 172. doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.

Nainggolan, E. R. et al. (2020) “Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Modal Kerja Dan Rasio Lancar Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2015-2017,†Owner (Riset dan Jurnal Akuntansi), 4(2), hal. 494. doi: 10.33395/owner.v4i2.273.

Rimbarizki, R. (2017) “Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar,†J+Plus Unesa, 6(2), hal. 1–12.

(Halim et al., 2019)Halim, K. O. et al. (2019) “Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Sentosa Plastik Medan,†8(1), hal. 139–146.

Jannah, R. dan Santoso, H. (2021) “Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada,†Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol., 1(1), hal. 194–210.

Andiarna, F. dan Kusumawati, E. (2020) “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19,†Jurnal Psikologi, 16(2), hal. 139. doi: 10.24014/jp.v16i2.10395.

Argaheni, N. B. (2020) “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia,†PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), hal. 99. doi: 10.20961/placentum.v8i2.43008.

Daniel Hasibuan, M. T. et al. (2020) “Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19,†Indonesian Trust Health Journal, 3(2), hal. 387–393. doi: 10.37104/ithj.v3i2.65.

Laili, N. (2020) “Aspek Psikologi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 dengan Capaian Indeks Prestasi Kumulatif,†Jurnal Ilmiah Pemenang, hal. 7–16.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Diana, N. ., Sinurat, M. F. ., Sinaga, A. ., & Rostiana, C. F. . (2021). PENGARUH PEMANFAATAN PEMBELAJARAN DARING,MINAT BELAJAR, DAN STRESS BELAJAR TERHADAP MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA SELAMA COVID-19. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(03), 406-419. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i03.15774