PENGARUH MODAL DAN LOKASI TERHADAP USAHA KECIL MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) PADA AGEN PULSA PRABAYAR DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Authors

  • M. Reza Pahlefi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i2.17964

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui PengaruhModal Dan Lokasi Terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM)Pada AgenPulsaPrabayar di KabupatenTanjungJabung Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan survei menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 52 responden di KabupatenTanjungJabung Barat. Alat analisis yang digunakan adalah Smart PLS 3. Hasil penelitian ini meneunjukkan bahwa modal secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM), Lokasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM), Modal dan Lokasi secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM)dan kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa capital dan lokasi sangat berpengaruh terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM)pada respondendi Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, A.Z. (2018). Manajemen Keuangan. Yogyakarta. Zahir Pablishing. Buchari, A. (2012). Pengantar Bisnis. Bandung : Alfabeta. hal. 249. 7

Danedra putra , i putu,Sudirman, I. W. (2015). Pengaruh Modal Dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Dengan Lama Usaha Sebagai Variabel Moderating Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( UNUD ), Bali , Indonesia Pendahuluan Sektor informal merupakan suatu jenis kesempatan kerja yang tidak berb. E-Jurnal EP Unud, 4[9]: 1110-1139, 4, 1112–1139.

Eniola, A., & Ektebang, H. (2014). SME firms performance in Nigeria: Competitive advantage and its impact. International Journal of Research Studies in Management,3(2) 75–86. https://doi.org/10.5861/ijrsm.2014.854

Indris, S., & Primiana, I. (2015). Internal And External Environment Analysis On The Performance Of Small And Medium Industries Smes In Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research, 4(4), 188–196. Kumalasari, B., & Haryono, N. A. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja UMKM di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(3), 784–795.

Maulana, Y. S. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Pabrik PT Sung Chang Indonesia Kota Banjar. 2(2), 211–221. https://doi.org/10.31227/osf.io/sxw9h

Munizu, M. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen DanKewirausahaan, 12(1), 33–41. https://doi.org/10.9744/jmk.12.1.pp.33-41

Nurlaila, H. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kota Kuala Simpang. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(1), 72–86.

Pembangunan, J. E., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2019). Analisis Pengaruh Modal Dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Umkm Di Kota Kotamobagu. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(01), 56–67.

Pradiatiningtyas, D., & Kusnadi. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Jalan Pasien RSU PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta Berbasis Web. Indonesian Journal on Networking and Security, 9(1), 39–45.

Pramestiningrum, D. R., & Iramani, I. (2020). Pengaruh literasi keuangan, financial capital, kebijakan pemerintah terhadap kinerja usaha pada usaha kecil dan menengah di Jawa Timur. Journal of Business and Banking, 9(2), 279. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1750

Rauf, R., Suwardi, W. Z., & Hasang, I. (2020). Pengaruh modal, tenaga kerja, dan alokasi waktu terhadap pendapatan usaha counter pulsa di kota Makassar. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 122–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai

Setiaji, K., & Fatuniah, A. L. (2018). Pengaruh Modal, Lama Usaha dan Lokasi Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Pasca Relokasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jpeb.006.1.1

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 Bab 4 Pasal 6 Tentang Usaha Mikro Kecil Dan Menengah

Winardi, A. (2015). Pengaruh Motivasi Konsumen, Kualitas Produk dan Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Telepepon Seluler pada Counter Iwan Cell Kertosono. Ekonomi Akuntansi, 01(08), 1–13.

Yuesti, A & Kepramerani, P. (2019). Manajemen Keuangan Jendela Bisnis. Bandung Bali Indonesia. CV. Noah Aletheia. ISBN: 978-602-52347-6-7.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Pahlefi, M. R. . (2022). PENGARUH MODAL DAN LOKASI TERHADAP USAHA KECIL MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) PADA AGEN PULSA PRABAYAR DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(2), 477-487. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i2.17964