PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK LAPTOP MEREK ASUS DI UNIVERSITAS JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.18673Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis peran Brand image memediasi pengaruh Kualitas produk dan Inovasi produk terhadap Loyalitas konsumen produk laptop merek ASUS di Universitas Jambi. Populasi target untuk penelitian ini adalah Dosen,Staff dan Mahasiswa konsumen produk laptop merek ASUS di Universitas Jambi yang jumlah nya tidak diketahui. Dimana teknik penarikan sampel dalam penelitian ini Quota sampling adalah Teknik untuk menentukan Sampel dari Populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan menggunakan analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas produk dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek,kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen,inovasi produk berpengaruh signifikan dan negatif terhadap loyalitas konsumen.citra merek mampu memediasi pengaruh antara kualitas produk terhadap loyalitas konsumen namun gagal memediasi pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas konsumen pada pada produk laptop merek ASUS di Universitas Jambi. Hal ini menjelaskan bahwa jika Kualitas produk yang baik dan terjamin, meningkatnya Inovasi produk yang ada pada Laptop ASUS itu baik dari segi spesifikasi,kualitas dan keunikan produk,serta citra merek yang baik dan positif, maka hal ini akan diikuti pula dengan semakin tinggi nya tingkat loyalitas konsumen pada produk laptop merek ASUS di universitas Jambi.
Downloads
References
Aaker, J. (2010). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT.Indeks.
Anandia, R., & Santoso, S. B. (2015). Analisa Pengaruh Desain Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Citra Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Sepatu Adidas ( Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang ). Diponegoro Journal of Accounting, 4(3), 1–11. http://ejournal-s.undip.ac.id/index.php/dbr
Carollyn Sherly Stepen, Hamzah Fansuri Yusuf, B. Q. R. E. (2021). The Effect Of Product Quality And Brand Image On Customer Loyalty Through Consumer Satisfaction Of Nelongso Chicken Restaurant Jember Branch. International Journal, 3, 56–68.
Ferdinand, agusty. (2012). Metode Penelitian Manajemen. Universitas diponegoro semarang.
Gaffar, V. (2009). Customer Relationship Marketing. Alfa Beta.
Ghozali, I. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Ghozali, I. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas diponegoro semarang.
Griffin, J. (2012). Customer Loyalty: How To Learn It, How To Keep It. Erlangga.
http://www.topbrand-award.com. Data Penjualan Laptop di Indonesia Tahun 2018-2020. (2020).
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P. & A. (2011). Manajemen Pemasaran. PT.Indeks.
Kotler, P. & K. (2013). Principle of Marketing,Prentice-Hall,New Jersey (A.B.SUSANTO (Ed.); 1st ed.). Salemba Empat..
Laemonta, J. H., & Padmalia, M. (2016). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen Terang Bulan – Martabak 93. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(2), 73–80.
Lehmann, B. N. (1990). Fads, martingales, and market efficiency. Quarterly Journal of Economics, 105(1), 1–28. https://doi.org/10.2307/2937816
Lupiyoadi, R, H. (2006). Manajemen pemasaran jasa. Salemba Empat.
Mahgfiroh, R. K., & Indriastuti, H. (2021). THE EFFECT OF BRAND PREFERENCE AND BRAND CONVICTION ON CONSUMER LOYALTY OF EXCELSO CAFE. 2021(3), 1216–1224.
Mangani, K. S. (2020). “PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GOJEK DI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA, JAKARTA. Fundamental Management Journal, 4(1), 37–51.
Ncube, B. (1995). Diffusion of innovations , by Everett.
Nyoman, G., & Dananjaya, B. (2018). TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Jenis usaha yang bisa dilakukan dalam berbisnis salah satunya yaitu bisnis kuliner . Bisnis kuliner dinilai menjanjikan karena produk dari bisnis kulin. 7(10), 5258–5283.
Onainor, E. R. (2019). THE EFFECT OF BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY AND CONSUMER SATISFACTION ON CONSUMER LOYALTY (CASE STUDY OF BU WIDODO’S GUDEG RESTAURANT IN WIJILAN). 1(3), 105–112.
Pérez-Sánchez, M. de los Ã., Tian, Z., Barrientos-Báez, A., Gómez-Galán, J., & Li, H. (2021). Blockchain technology for winning consumer loyalty: Social norm analysis using structural equation modeling. Mathematics, 9(5), 1–18. https://doi.org/10.3390/math9050532
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R & D. Alfa Beta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jotha Scorda, Ade Octavia, Musnaini Musnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.