PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA, TRI-KON DAN LITERASI KEUANGAN

Authors

  • Teguh Erawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Novita Elsa Kaka Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v13i04.33377

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan Pengaruh Literasi Keuangan dan  Ajaran Trikon Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yang berjumlah 110 responden. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Analisis uji kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis menggunakan uji T, uji F, dan uji R2 melalui program SPSS versi 23. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Ajaran Trikon berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Secara simultan, literasi keuangan dan ajaran Trikon berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Erawati, T. ., & Kaka, N. E. (2024). PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA, TRI-KON DAN LITERASI KEUANGAN. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(04), 1367-1375. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i04.33377