PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA, TRI-KON DAN LITERASI KEUANGAN
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i04.33377Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan Pengaruh Literasi Keuangan dan Ajaran Trikon Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yang berjumlah 110 responden. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Analisis uji kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis menggunakan uji T, uji F, dan uji R2 melalui program SPSS versi 23. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Ajaran Trikon berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Secara simultan, literasi keuangan dan ajaran Trikon berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Teguh Erawati, Novita Elsa Kaka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.