MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE APPLE MELALUI AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL, INOVASI PRODUK, DAN BRAND IMAGE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran media sosial dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone, melalui brand image. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 384 orang responden, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan format skala Likert. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan analisis verifikatif berupa Partial Least Square (PLS). Hasil analisis direct effect membuktikan bahwa; (1) aktivitas pemasaran media sosial secara langsung berpengaruh signifikan terhadap brand image dan keputusan pembelian, (2) inovasi produk secara langsung berpengaruh signifikan terhadap brand image dan keputusan pembelian, dan (3) brand image secara langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara hasil analisis indirect effect membuktikan bahwa; (1) aktivitas pemasaran media sosial secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, melalui brand image, dan (2) inovasi produk secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, melalui brand image. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap upaya peningkatan brand image dan keputusan pembelian smartphone iPhone melalui pengambangan ide-ide yang lebih inovatif dan kreatif untuk seri iPhone berikutnya.
Downloads
References
Afifah, N.N. dan Trigartanti, W. (2016). Citra Diri Pelajar SMA Pengguna iPhone di Kota Bandung. Prosiding Hubungan Masyarakat, 2(1), 359-362
Amir, A.M. dan Nasir, A.S. (2016). The Impact of Brand Equity on Consumer Purchase Decision of Cell Phones. European Journal of Business and Innovation Research, 4(4), 120–133
Attih, O.B., Bassey, C.B., & Akpan, U.U. (2023). Influence of Product Innovation on Consumer Purchase Decision of Mobile Phones inAkwa Ibom State, Nigeria. American International Journal of Business Management (AIJBM), 6(9), 90-97
Bahtar, A. Z., & Muda, M. (2016). The Impact of User-Generated Content (UGC) on Product Reviews towards Online Purchasing–A Conceptual Framework. Procedia Economics and Finance, 37(16), 337–342
Damayanti, S., Chan, A., dan Barkah, C.S. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Image Mypangandaran Tour and Travel. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 852-862
Durianto, D.S. dan Budiman, L.J. (2004). Brand Equity dan Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Effendy, F., Hurriyati, R., &Wibowo, L. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo dengan Intervening Brand Image. Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 11(2)
Febrianto, A. dan Sisilia, K. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Heyjacker Company di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 4(1)
Gifani, A. dan Syahputra. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo pada Mahasiswa Universitas Telkom. Bisnis dan Iptek, 10(2)
Heriyati, P. dan Septi. (2012). Analisis Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Handphone Nexian. Journal of Business Strategy and Execution, 4(2)
Hidayah, N. dan Nurrohim, H. (2023). The Digital Influence: Exploring the Impact of E-Marketing Techniques on Tiktok Users' Purchase Decisions. Jurisma: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 13(2), 163-173
Hidayatullah, F. M., & Wadud, M. (2020). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza (Studi Kasus di Auto 2000 Veteran Palembang). Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM E, 1(2)
Indah, R.T. (2018). The Influence of Product Innovation and Prices on Motorcycle Purchase Decisions in the City of South Tangerang. Perspective Journal, 16(1), 40-49
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press
Iskandar, H.F. & Assa, A. F. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Citra Brand. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(8)
Keiningham, T.L., Buoye, A., Larivière, B., Williams, L., Wilson, I., 2015. Does Loyalty Span Domains? Examining The Relationship Between Consumer Loyalty, other Loyalties and Happiness. J. Bus. Res. 68, 2464–2
Kotler, P. & Amstrong, G. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-Tigabelas, Jilid ke-Tiga. Jakarta: Intermedia
Kurniasari, M. & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Aktivitas pemasaran media sosial, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25
Lukas, B. A. & Ferrel, O. C (2000). The Effect of Market Orientation on Product Innovation. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2), 239-247
Maghfiroh, A., Zainul Arifin, dan Sunarti. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 40(1)
Miguna, A. dan Agni, R.A. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama
Narayana, Kompyang Gede Sathya dan Rahanatha, G.B. (2020). Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(5), 1962-1982
Ningsih, W. dan Kusumahadi, K. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone di Kalangan Mahasiswa Universitas Telkom. e-Proceeding of Management, 7(2), 5597-5604
Ramadani, A.G. dan Rachmawati, E. (2022). The Influence of Brand Awareness, Brand Association, Brand Image, and Word of Mouth on Samsung Smartphone Purchase Decisions. JBMP: Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan, 8(1): 73-86
Rizan, M., Kartika Lestari Handayani, dan Kresnamurti, A. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 6(1)
Sadya, S. (2023). Pengguna Smartphone Indonesia Terbesar Keempat Dunia pada 2022. Artikel [online]. https://dataindonesia.id/telekomunikasi/detail/pengguna-smartphone-indonesia-terbesar-keempat-dunia-pada-2022
Sallam, M. A. (2014). The Effect of Brand Identification on Brand Love and Purchase Decision Making: The Role of WOM. International Business Research, 7(10), 187-193
Scorda, J., Octavia, E., dan Musnaini. (2023). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Laptop Merek Asus di Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu), 12(2), 417-429
Silaban, S. E. & Sagala, R. (2019). Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Simpang Mataram Medan. 5(2), 209–228
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulistiyo, T.D., Fitriana, R., dan Lee, C. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang. Jurnal Ekbis: Analisis, Prediksi, dan Informasi, 21(2), 189-203
Tarmidi, D. & Mulyani, A.T. (2023). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Samsung Smartphone Purchase Decision at Bandung City. Enrichment: Journal of Management, 13(1), 453-458
Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Wafiah, F. dan Wusko, A.U. (2023). Pengaruh User Generated Content dan E-Wom Terhadap Purchase Intention dan Purchase Decision pada Pembeli Produk Nyrtea di Instagram. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen (EBISMEN), 2(3), 190-200
Wahono, R.M. dan Masykuroh, E. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Daya Saing dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Nganjuk Yos Sudarso. Falahiya: Research Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2), 156-172
Wibowo, D.U., Yulianto, E., dan Sunarti. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Kesadaran Merek, Citra Merek dan Kepuasan Konsumen. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 130-137
Wijaya, B.S. (2013). Etika Periklanan: Dimensi Citra Merek dalam Perspektif Komunikasi Merek. Jakarta: UB Press
Wyrwoll, C. (2014). User-Generated Content In Social Media. Wiesbaden: Springer Vieweg. https://doi.org/10.1007/978-3-658-06984-1_2
Yudhistira. (2023). 5 Merk Hp Terbaik & Terlaris di 2024 (Versi IDC & Canalys). Artikel [online]. https://www.bhinneka.com/blog/merk-hp-terbaik/
Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(1), 472-481
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wifiani Sukma Dewi, Fitriaty Fitriaty, Musnaini Musnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.