PENGARUH BRAND EXPERIENCE, PERCEIVED VALUE TERHADAP BRAND TRUST DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Ayuni Oktaviani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Muinah Fadhilah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nonik Kusuma Ningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v13i04.33909

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengguna Nivea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pengalaman merek dan nilai yang dirasakan pelanggan mempengaruhi kepercayaan merek, yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan teknik  purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner melalui formulir Google dan diolah menggunakan aplikasi SPSS. Uji data meliputi uji Sobel, uji koefisien determinasi, uji t, uji F, uji hipotesis klasik, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengalaman merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek; (2) Nilai yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek. (3) Pengalaman merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (4) Nilai yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (5) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anton, Y., & Timotius, H. D. (2019). PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION J-KLIN BEAUTY JEMBER. Journal of Economic, Business and Accounting, 2, 292–301. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v2i2.560

Bernarto, I., & Patricia. (2019). Pengaruh Perceived Value , Customer Satisfaction dan Trust Terhadap Customer Loyalty (Studi pada Restoran XYZ di Tangerang). Journal of BUSINESS STUDIES, 04(1), 82–98.

Charvia, K., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Experience terhadap Brand Trust (Studi terhadap Pengguna OVO di Jakarta). Prologia, 4(2), 237. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6483

El-Adly, M. I. (2019). Modelling the relationship between hotel perceived value, customer satisfaction, and customer loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 50(xxxx), 322–332. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.07.007

Elizar, C., Indrawati, R., & Syah, T. Y. R. (2020). Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Trust, and Customer Loyalty in Service of Paediatric Polyclinic Over Private H Hospital of East Jakarta, Indonesia. Journal of Multidisciplinary Academic, 4(2), 105–111.

Huaman-Ramirez, R., & Merunka, D. (2019). Brand experience effects on brand attachment: the role of brand trust, age, and income. European Business Review, 31(5), 610–645. https://doi.org/10.1108/EBR-02-2017-0039

Kwan Soo Shin, S., Amenuvor, F. E., Basilisco, R., & Owusu-Antwi, K. (2019). Brand Trust and Brand Loyalty: A Moderation and Mediation Perspective. Current Journal of Applied Science and Technology, November, 1–17. https://doi.org/10.9734/cjast/2019/v38i430376

Meliana, V., & Ifander, S. E. (2020). Pemanfaatan Brand Awareness dan Brand Trust terhadap Minat Beli Produk Terbaru. Kalbiscio, Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 7(1), 44–48.

Miharni Tjokrosaputro, M. Y. D. (2019). Pengaruh Brand Experience, Brand Trust, Customer Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Produk Cimory. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(5), 38–44. https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i5.4879

Muliawan, S., & Sugiarto, S. (2018). Pengaruh Food Quality dan Ketersediaan Produk Terhadap Repurchase Intention Produk Sari Roti di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1–6. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/7047

Putra, I. B. G. B., & Kusumadewi, N. M. W. (2019). PERAN KEPERCAYAAN MEREK MEMEDIASI PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BERPINDAH MEREK. E-Jurnal Manajemen, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i10.p24 ISSN

Putra, T. W., & Keni, K. (2020). Brand Experience, Perceived Value, Brand Trust Untuk Memprediksi Brand Loyalty: Brand Love Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 184. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i1.7759

Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226

Reni, D. A. (2018). ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER , CITRA MEREK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA HANDBODY LOTION CITRA.

S Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan R & D) Alfabeta. Bandung. In Metode Penelitian Bisnis (p. 81).

SOEDIONON, W., WEDANAJI PRASASTYO, K., & ADELINE, M. (2020). Pengaruh Brand Experience, Brand Image-Congruence, Brand Affect Dan Brandtrust Terhadap Repurchase Intention Pada Produk Fashion Berrybenka Secara Online Di Jakarta. Media Bisnis, 12(1), 57–66. https://doi.org/10.34208/mb.v12i1.881

Sujana, E. R., Verinita, & Sari, D. K. (2023). Pengaruh Brand Experience dan Brand Engagement terhadap Brand Loyalty dengan Brand Trust sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 554–558. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.567

Vaniara, F. V., & Pramono, R. (2022). The Effect of Perceived Value, Customer Satisfaction and Trust on Customer Loyalty at The DM Clinic in East Jakarta. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR) , 6(3), 1–11. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Wiastuti, R. D., & Sigar, G. (2021). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Pada Restoran. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 322. https://doi.org/10.24843/jdepar.2021.v09.i02.p10

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Oktaviani, A., Fadhilah, M., & Ningrum, N. K. (2024). PENGARUH BRAND EXPERIENCE, PERCEIVED VALUE TERHADAP BRAND TRUST DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(04), 1243-1251. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i04.33909

Most read articles by the same author(s)