PENGARUH BRAND EXPERIENCE, PERCEIVED VALUE TERHADAP BRAND TRUST DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i04.33909Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengguna Nivea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pengalaman merek dan nilai yang dirasakan pelanggan mempengaruhi kepercayaan merek, yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner melalui formulir Google dan diolah menggunakan aplikasi SPSS. Uji data meliputi uji Sobel, uji koefisien determinasi, uji t, uji F, uji hipotesis klasik, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengalaman merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek; (2) Nilai yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek. (3) Pengalaman merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (4) Nilai yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (5) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek.
Downloads
References
Anton, Y., & Timotius, H. D. (2019). PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION J-KLIN BEAUTY JEMBER. Journal of Economic, Business and Accounting, 2, 292–301. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v2i2.560
Bernarto, I., & Patricia. (2019). Pengaruh Perceived Value , Customer Satisfaction dan Trust Terhadap Customer Loyalty (Studi pada Restoran XYZ di Tangerang). Journal of BUSINESS STUDIES, 04(1), 82–98.
Charvia, K., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Experience terhadap Brand Trust (Studi terhadap Pengguna OVO di Jakarta). Prologia, 4(2), 237. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6483
El-Adly, M. I. (2019). Modelling the relationship between hotel perceived value, customer satisfaction, and customer loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 50(xxxx), 322–332. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.07.007
Elizar, C., Indrawati, R., & Syah, T. Y. R. (2020). Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Trust, and Customer Loyalty in Service of Paediatric Polyclinic Over Private H Hospital of East Jakarta, Indonesia. Journal of Multidisciplinary Academic, 4(2), 105–111.
Huaman-Ramirez, R., & Merunka, D. (2019). Brand experience effects on brand attachment: the role of brand trust, age, and income. European Business Review, 31(5), 610–645. https://doi.org/10.1108/EBR-02-2017-0039
Kwan Soo Shin, S., Amenuvor, F. E., Basilisco, R., & Owusu-Antwi, K. (2019). Brand Trust and Brand Loyalty: A Moderation and Mediation Perspective. Current Journal of Applied Science and Technology, November, 1–17. https://doi.org/10.9734/cjast/2019/v38i430376
Meliana, V., & Ifander, S. E. (2020). Pemanfaatan Brand Awareness dan Brand Trust terhadap Minat Beli Produk Terbaru. Kalbiscio, Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 7(1), 44–48.
Miharni Tjokrosaputro, M. Y. D. (2019). Pengaruh Brand Experience, Brand Trust, Customer Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Produk Cimory. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(5), 38–44. https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i5.4879
Muliawan, S., & Sugiarto, S. (2018). Pengaruh Food Quality dan Ketersediaan Produk Terhadap Repurchase Intention Produk Sari Roti di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1–6. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/7047
Putra, I. B. G. B., & Kusumadewi, N. M. W. (2019). PERAN KEPERCAYAAN MEREK MEMEDIASI PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BERPINDAH MEREK. E-Jurnal Manajemen, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i10.p24 ISSN
Putra, T. W., & Keni, K. (2020). Brand Experience, Perceived Value, Brand Trust Untuk Memprediksi Brand Loyalty: Brand Love Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 184. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i1.7759
Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226
Reni, D. A. (2018). ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER , CITRA MEREK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA HANDBODY LOTION CITRA.
S Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan R & D) Alfabeta. Bandung. In Metode Penelitian Bisnis (p. 81).
SOEDIONON, W., WEDANAJI PRASASTYO, K., & ADELINE, M. (2020). Pengaruh Brand Experience, Brand Image-Congruence, Brand Affect Dan Brandtrust Terhadap Repurchase Intention Pada Produk Fashion Berrybenka Secara Online Di Jakarta. Media Bisnis, 12(1), 57–66. https://doi.org/10.34208/mb.v12i1.881
Sujana, E. R., Verinita, & Sari, D. K. (2023). Pengaruh Brand Experience dan Brand Engagement terhadap Brand Loyalty dengan Brand Trust sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 554–558. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.567
Vaniara, F. V., & Pramono, R. (2022). The Effect of Perceived Value, Customer Satisfaction and Trust on Customer Loyalty at The DM Clinic in East Jakarta. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR) , 6(3), 1–11. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Wiastuti, R. D., & Sigar, G. (2021). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Pada Restoran. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 322. https://doi.org/10.24843/jdepar.2021.v09.i02.p10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayuni Oktaviani, Muinah Fadhilah, Nonik Kusuma Ningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.