ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP BRAND LOYALTY DARI PRODUK FASHION BRAND LOKAL INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i05.37104Abstract
Perkembangan fashion di Indonesia kini menjadi bagian integral dari gaya hidup masyarakat, memengaruhi pilihan gaya dan kepuasan personal. Tren fashion lokal yang berkualitas semakin diminati, bersaing dengan merek internasional seperti Zara dan Uniqlo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisis pengaruh brand image, brand loyalty, brand trust, impulsive buying, perceived enjoyment, dan perceived usefulness terhadap kepuasan pelanggan produk fashion lokal. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari pembeli produk fashion lokal dan dianalisis dengan teknik statistik, termasuk uji validitas, reliabilitas, dan model struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan brand loyalty memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan brand trust, perceived enjoyment, dan perceived usefulness tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Uji pengaruh tidak langsung mengonfirmasi bahwa brand loyalty memediasi hubungan antara brand image, impulsive buying, dan kepuasan pelanggan. Dengan nilai R-Square masing-masing 0.986 untuk brand loyalty dan 0.982 untuk kepuasan pelanggan, serta SRMR yang memenuhi syarat, penelitian ini mengindikasikan bahwa model yang digunakan valid dan layak. Temuan ini menegaskan pentingnya brand image dan loyalty dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada fashion lokal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lady Lady, Alcung Tasya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.