PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN STRATEGI BISNIS ONLINE TO OFFLINE (O2O) TERHADAP BUSINESS SUSTAINABILITY DI ERA DIGITAL DENGAN EMPLOYEE CREATIVITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA UMKM MITRA MARKETPLACE PARTO.ID)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i05.37735Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Literasi Digital, Strategi Bisnis Online to Offline (O2O), dan Employee creativity terhadap Business sustainability pada UMKM yang bermitra dengan Marketplace Parto.id di Kota Jambi, dengan Employee creativity sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik purposive sampling pada 88 responden. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui Smart PLS 4.0 untuk menguji validitas outer model dan hubungan antar variabel pada inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Literasi Digital tidak berpengaruh langsung terhadap Business sustainability, namun memiliki pengaruh signifikan melalui mediasi Employee creativity. Sementara itu, Strategi Bisnis O2O berpengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun melalui mediasi Employee creativity. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan literasi digital dan kreativitas karyawan sebagai kunci keberhasilan strategi O2O untuk meningkatkan keberlanjutan bisnis UMKM di era digital.
Downloads
References
Aidhi, A. (2023). Peningkatan Daya Saing Ekonomi melalui peranan Inovasi. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(02), 118-134.
Collins, C. J. (2021). Expanding the resource-based view model of strategic human resource management. The International Journal of Human Resource Management, 32(2), 331–358.
Erwin, E., Subagja, A. D., Masliardi, A., Hansopaheluwakan, S., Kurniawan, S. D., Darmanto, E. B., & Muksin, N. N. (2023). Bisnis Digital: Strategi dan Teknik Pemasaran Terkini. PT. Green Pustaka Indonesia.
Fitriaty, F. (2023). Pengaruh model inovasi bisnis terhadap keberlanjutan bisnis pada UMKM di kawasan pariwisata Kota Jambi. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 17(2), 99-109.
Kusmiyati, L. (2021). Strategi Untuk Mengkombinasikan Model Bisnis Online dan Offline pada UMKM.
Lubis, T. A., Firmansyah, F., Mukhzarudfa, M., Utama, A. N. B., Sari, N., & Ningsih, M. (2024). Transformasi UMKM Jambi: Strategi Memanfaatkan Kearifan Lokal untuk Daya Saing Global. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 13(01), 296-303.
Miller, D. (2019). The resource-based view of the firm. Oxford Research Encyclopedia of Business and Management.
Putri, P. L., & Widadi, B. (2024). Peran Inovasi dalam Pengembangan Model Bisnis UMKM di Era Digital. Maeswara Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(4), 180-189.
Rahayu, A. Y., & Musdholifah. (2017). 20256-Article Text-24292-1-10-20170714. Vol 5 No 3 (2017): Volume 5, Nomor 3, Tahun 2017.
Syafwendi, (2016). Offline to Online (O2O) Business Strategy.
Xing, X., & Zhu, J. (2014). The Study of O2O Business Model Development Strategy in SMEs. International Journal of Business and Social Science, 5(9), 296–299.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salsandra Jihan, Fitriaty Fitriaty, Tona Aurora Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.