PENGARUH EXPERTISE SALESPERSON, ADAPTIVE SELLING CAPABILITY, CUSTOMER TRUST, DAN SALESPERSON PERFORMANCE MEMPENGARUHI KEBERHASILAN CUSTOMER BONDING CAPABILITY DALAM MEMBANGUN PENJUALAN GUDEG MERCON BU PRIH DI YOGYAKARTA

Authors

  • Eva Pradhita Arum Sari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • IBN Udayana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nonik Kusuma Ningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v14i2.40599

Abstract

Peran tenaga penjualan semakin penting dalam kaitannya dengan peningkatan kinerja penjualan. Penjualan bisa meningkat jika didukung tenaga penjual yang handal, cerdas, dan pekerja keras. Untuk menciptakan tenaga penjual yang profesional, perusahaan perlu memberikan pembinaan, misalnya berupa pelatihan-pelatiahan praktis yang dapat menunjang pekerjaannya. Kemampuan untuk beradaptasi saat berinteraksi dengan pelanggan memainkan peran penting dalam kaitannya dengan peningkatan kinerja tenaga penjualan melalui minat beli pada konsumen Gudeg Mercon Bu Prih di Yogyakata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan purposive sampling, sampel didalam penelitian ini berjumlah 200 responden. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan alat analisis dengan regeresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penjualan yang adaptif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjual, kepercayaan pelangga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mengikat pelanggan, kemampuan penjual yang adaptif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mengikat pelanggan, tenaga penjual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjual, kemampuan mengikat pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjual, kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2018). Bakti Sosial. 経済志林, 87(1,2), 149–200.

Dinas Pariwisata Yogyakarta. (n.d.). No Title. https://pariwisata.jogjakota.go.id/detail/index/582

Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. (2023). No Title. https://perinkopukm.jogjakota.go.id/

Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling ( Kuantitatif ), Serta Pemilihan Informan Kunci ( Kualitatif ) dalam Pendekatan Praktis. 7, 26320–26332.

Newell, S. J., Wu, B., Leingpibul, D., & Jiang, Y. (2016). The importance of corporate and salesperson expertise and trust in building loyal business-to-business relationships in China. Journal of Personal Selling and Sales Management, 36(2), 160–173. https://doi.org/10.1080/08853134.2016.1190656

Poot, A. J., Wopereis, D. M., Den Elzen, W. P. J., Gussekloo, J., & Blom, J. W. (2019). Changes in patient satisfaction related to their perceived health state during implementation of improved integrated care for older persons. PLoS ONE, 14(5), 1–11. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0216028

Udayana, I. B. N. (2022). Niche based relational capability to increase salespeople performance in small and medium enterprises. Business: Theory and Practice, 23(1), 141–153. https://doi.org/10.3846/btp.2022.13012

Udayana, I. B. N., Farida, N., & Ardyan, E. (2019). Selling relationship quality to increase salesperson performance in the pharmacy industry. International Journal of Services and Operations Management, 33(2), 262–285. https://doi.org/10.1504/IJSOM.2019.100289

Udayana, I. B. N., Farida, N., Lukitaningsih, A., Tjahjono, H. K., & Nuryakin. (2021). The important role of customer bonding capability to increase marketing performance in small and medium enterprises. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1932239

Udayana, I. B. N., & Pramana, A. (2019). Membangun Kepercayaan Konsumen untuk Meningkatkan Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(2), 112–123. https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i2.3039

Vasic, N., Kilibarda, M., & Kaurin, T. (2019). The Influence of Online Shopping Determinants on Customer Satisfaction in the Serbian Market. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 14(2), 0–0. https://doi.org/10.4067/s0718-18762019000200107

Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–08. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832

Zhang, C. B., & Li, Y. (2019). How social media usage influences B2B customer loyalty: roles of trust and purchase risk. Journal of Business and Industrial Marketing, 34(7), 1420–1433. https://doi.org/10.1108/JBIM-07-2018-0211

Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2018). Bakti Sosial. 経済志林, 87(1,2), 149–200.

Dinas Pariwisata Yogyakarta. (n.d.). No Title. https://pariwisata.jogjakota.go.id/detail/index/582

Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. (2023). No Title. https://perinkopukm.jogjakota.go.id/

Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling ( Kuantitatif ), Serta Pemilihan Informan Kunci ( Kualitatif ) dalam Pendekatan Praktis. 7, 26320–26332.

Newell, S. J., Wu, B., Leingpibul, D., & Jiang, Y. (2016). The importance of corporate and salesperson expertise and trust in building loyal business-to-business relationships in China. Journal of Personal Selling and Sales Management, 36(2), 160–173. https://doi.org/10.1080/08853134.2016.1190656

Poot, A. J., Wopereis, D. M., Den Elzen, W. P. J., Gussekloo, J., & Blom, J. W. (2019). Changes in patient satisfaction related to their perceived health state during implementation of improved integrated care for older persons. PLoS ONE, 14(5), 1–11. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0216028

Udayana, I. B. N. (2022). Niche based relational capability to increase salespeople performance in small and medium enterprises. Business: Theory and Practice, 23(1), 141–153. https://doi.org/10.3846/btp.2022.13012

Udayana, I. B. N., Farida, N., & Ardyan, E. (2019). Selling relationship quality to increase salesperson performance in the pharmacy industry. International Journal of Services and Operations Management, 33(2), 262–285. https://doi.org/10.1504/IJSOM.2019.100289

Udayana, I. B. N., Farida, N., Lukitaningsih, A., Tjahjono, H. K., & Nuryakin. (2021). The important role of customer bonding capability to increase marketing performance in small and medium enterprises. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1932239

Udayana, I. B. N., & Pramana, A. (2019). Membangun Kepercayaan Konsumen untuk Meningkatkan Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(2), 112–123. https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i2.3039

Vasic, N., Kilibarda, M., & Kaurin, T. (2019). The Influence of Online Shopping Determinants on Customer Satisfaction in the Serbian Market. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 14(2), 0–0. https://doi.org/10.4067/s0718-18762019000200107

Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–08. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832

Zhang, C. B., & Li, Y. (2019). How social media usage influences B2B customer loyalty: roles of trust and purchase risk. Journal of Business and Industrial Marketing, 34(7), 1420–1433. https://doi.org/10.1108/JBIM-07-2018-0211

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

Sari, E. P. A., Udayana, I., & Ningrum, N. K. (2025). PENGARUH EXPERTISE SALESPERSON, ADAPTIVE SELLING CAPABILITY, CUSTOMER TRUST, DAN SALESPERSON PERFORMANCE MEMPENGARUHI KEBERHASILAN CUSTOMER BONDING CAPABILITY DALAM MEMBANGUN PENJUALAN GUDEG MERCON BU PRIH DI YOGYAKARTA. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 14(2), 768–780. https://doi.org/10.22437/jmk.v14i2.40599