PENGARUH PERCEIVED EXPERIENCE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA PENGGUNA SHOPEE DI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v14i2.43399Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived experience dan perceived value, terhadap customer loyalty, melalui customer satisfaction pada pengguna shopee di Yogyakarta. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatiuf. Sampel dalam penelitian ini adalah 217 responden pengguna shopee di Yogyakarta yang dipilih dengan menggunakan Teknik simple non random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived experience dan perceived value berpengaruh positif signifikan terhadap customer loyalty, selain itu perceived experience dan perceived value berpengaruh positif signifikan terhadap customer satisfaction, dan customer satisfaction berpengaruh positif signifikan terhadap customer loyalty
Downloads
References
Akbar, M. A., & Situmorang, I. R. (2021). Pengaruh Perceived Value…. 5(2), 203–211.
Andianto, K., & Firdausy, C. M. (2020). Pengaruh Perceived Value, Perceived Quality dan Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty Warunk Upnormal di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(3), 758. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9589
Badriyah, N., Azizah, L. N., & Fernanda, D. A. (2022). Pengaruh Perceived Service Quality , E-Service Quality , Dan Perceived Value T erhadap Customer Satisfaction Di Era Covid-19 ( Studi Pada Customer GRAB di Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISLA ) COVID-19 di wuhan , Provins Hubei , Tiongkok yang kemudian ditet. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis 2022, 19, 43–56.
Budiyono, B., & Sutianingsih, S. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memoderaasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(4), 445–469. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i4.5104
Candra, S. A., & Hidayat, A. (2022). Pengaruh Perceived Value terhadap E-WOM Engagement dengan Sikap dan Kepuasan Konsumen sebagai Mediator. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(02), 250–260.
Henni, C. N., & Sondari, M. C. (2024). Pengaruh Emotional Marketing pada Iklan Online terhadap Purchase Intention melalui Brand Awareness (Studi Kasus: Marketplace Shopee Indonesia). AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(3), 1537–1552. https://doi.org/10.37481/jmeb.v4i3.958
Indah Handaruwati. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kuliner Lokal Soto Mbok Geger Pedan Klaten. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 16–33. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v3i2.45
Keni, K., & Sandra, K. K. (2021). PREDIKSI CUSTOMER EXPERIENCE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY : CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI 3 . Apakah customer satisfaction dapat memprediksi customer loyalty pada perusahaan ritel di. 5(1), 191–204.
Khalishah, A., & Tarigan, H. (2023). Pengaruh E-Service Quality, E-Trust Dan Perceive Value Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prakerja. Marketgram Journal, 1(2), 130–144.
Kurniawan, R., & Auva, M. A. (2022). Analisis Pengaruh Kepuasan, Kualitas layanan, Dan Nilai Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Restoran Seafood Di Kota Batam. Jesya, 5(2), 1479–1489. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.711
Ningsih, A., & Sari, R. N. (2024). Customer value Dan Customer Experience Terhadap Customer satisfaction. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(3), 2171–2178.
Nurmah, N., Atmaja, D. R., Rojuaniah, R., Hafidz, I. L. H., & Avivah, N. (2023). Memahami Dampak Sustainable Intention dari Aktivitas E-Commerce: Customer Experience, Perceived Value dan Relationship Quality. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 859–865. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.676
Ronaldo Sae, M., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Kualitas Informasi, Nilai Yang Dirasakan Pelanggan, dan Kualitas Pengalaman Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Shopeefood. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2369–2382. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2310
Rosmita, Farida Aprianti, R. A. B. (2024). Tinjauan Hukum Islam terhadap Penggunaan Voucer Gratis Ongkir di Shopeepaydalam Aplikasi Marketplace Shopee. 4(May), 72–95. https://doi.org/10.36701/al-khiyar.v4i1.1444
Safitri, A., Zahroh, F., Naufaliadi, R., Nugroho, R. T., Sofyan, M., Rahmawati, N. F., & Maulina, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Sofyan Frozen. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 2(2), 470–478. https://doi.org/10.53363/buss.v2i2.99
Sebastian, A., & Pramono, R. (2021). Pengaruh Perceived Value, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Outlet Nike Di Jakarta. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(3), 698–711. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i3.730
Shopee, P. E., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Makassar, C. (2025). Pengaruh Customer Experience , Brand Trust Dan Perceived Value Dalam Menciptakan Customer Loyalty Di Era Digital. 8(2), 963–974.
Udayana, I. B. N., Cahya, A. D., & Kristiani, F. A. (2022). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada The Praja Coffee & Resto). SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 5(1), 173–179. https://doi.org/10.37481/sjr.v5i1.449
ZAID, S., & PATWAYATI, P. (2021). Impact of Customer Experience and Customer Engagement on Satisfaction and Loyalty: A Case Study in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 983–992. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no4.0983
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agus Setiawan, Ida Bagus Nyoman Udayana, Bernadetta Dian Maharani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.