PENGARUH INTERNSHIP EXPERIENCE, DIGITAL LITERACY, SELF EFFICACY, DAN SOFT SKILL TERHADAP WORK READINESS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA ANGKATAN 2021

Authors

  • Khoirunnisa' Amalia Putri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Kusuma Chandra Kirana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Epsilandri Septyarini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v14i2.43913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internship experience, digital literacy, self efficacy, dan soft skill terhadap work readiness mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa angkatan 2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa angkatan 2021 menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis uji kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis menggunakan uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa internship experience, digital literacy, dan soft skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap work readiness. Sementara, self efficacy berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap work readiness. Internship experience, digital literacy, self efficacy, dan soft skill secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adikara, G. J., Kurnia, N., Adhrianti, L., Astuty, S., Wijayanto, X. A., Desiana, F., & Astuti, S. I. (2021). Aman Bermedia Digital. https://pustaka-digital.kemdikbud.go.id/index.php?p=show_detail&id=3018&keywords=

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Azizah, D. N., Muslim, S., & Cholik, M. (2021). The correlation of industrial work experience and soft skills on work readiness of graduated of vocational high school. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(4), 248. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i4.3018

BPS. (2024). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986 - 2023. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/OTcyIzE=/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-1986---2023.html

Budiarti, E., Ubaidillah, H., & Firdaus, V. (2024). The Influence of Digital Literacy, Self-Efficacy and Motivation to Enter the World of Work on the Job Readiness of Management Study Program Students at Muhammadiyah University of Sidoarjo Class of 2020/2021. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 6131–6144. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/5071/2876

Damayantie, A. A., & Kustini, K. (2022). Soft Skill dan Self Efficacy sebagai Faktor Pembentuk Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir FEB UPNVJT. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(3), 670. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1028

Maulidiyah, R., & Ubaidillah, H. (2024). Pengaruh Soft Skill, Hard Skill, dan Motivasi Pada Kesiapan Kerja Mahasiswa Sebagai Generasi Z Dalam Menghadapi Era Digital. Journal of Economic, Business and Accounting, 7(3), 4875–4889. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/COSTING/article/view/7993

Mustari, A. M. I. (2021). Pengaruh Pengalaman Magang dan Minat Kerja Terhadap Kesiapan Kerja (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jimfeb (Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB), 1, 1–18. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7270

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.514

Nurbaiti, & Putri, A. D. (2024). Hard Skill, Soft Skill dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir FEB Perguruan Tinggi di Kota Bandar Lampung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 14(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/55086

Pambajeng, A. P., Sumartik, S., & Sari, H. M. K. (2024). Pengaruh Pengalaman Magang, Motivasi Kerja, dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Dalam Memasuki Dunia Kerja. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(2), 2864–2875. https://doi.org/10.31539/costing.v7i2.7338

Putri, R. Y., & Supriansyah. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kesiapan Kerja Generasi Z di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3007–3017. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1055

Sari, C. N. I., & Manunggal, S. A. M. (2023). Pengaruh Soft Skill Dan Hard Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Di Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(2), 347–356. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i2.2491

Siburian, B., Afifah, S., Tumpal Sinaga, P., Marpaung, O., & Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta, S. (2022). The Effect Of Soft Skill And Hard Skill On Work Readiness Of The 2018 STIE Jayakarta Students. Economics, Management and Science (IJIEMS), 1(2). https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/ijiems/article/view/881

Simanjuntak, A. R., & Armanu, A. (2023). Pengaruh Pengalaman Magang, Soft Skill, dan Minat Kerja terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi, 2(4). https://www.researchgate.net/publication/383590587_PENGARUH_PENGALAMAN_MAGANG_SOFT_SKILL_DAN_MINAT_KERJA_TERHADAP_KESIAPAN_KERJA

Sofa, F. M., Suryani, N., & Rahmawati, F. D. (2020). The Influence of Industrial Work Practice (Internship), Corporate World Information, and Motivation of Entering Corporate World towards Working Readiness of Students at Class XII Office Administration Department in SMK Negeri 2 Temanggung 2018/2019. In KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v4i6.6637

Suhardjono, & Haribowo, R. (2022). Buku Ajar Soft Skill dan Kepemimpinan. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=Ax5oEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=kinerja+%22generasi+z%22&ots=KJ2jqbch7M&sig=fngno4xyCiriUl4a9IqkQBfABVc

UNESCO Institute for Statistics. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. In UNESCO Institute for Statistics (Issue 51, p. 146). http://uis.unesco.org/sites/default/files/documents/ip51-global-framework-reference-digital-literacy-skills-2018-en.pdf. Consultado em 05fev2023, 17:45

Violinda, Q., Wahyuningsih, S., & Meiriyanti, R. (2023). Pengaruh Career Planning, Self Efficacy dan Adversity Quotient terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa S1 di Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 9(2). https://journal.ipb.ac.id/index.php/jabm/article/download/42253/25691

Wahyuni, S., Kumalasari, F., & Titing, A. S. (2023). Pengaruh Internship Experience Dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja ( Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2018 & 2019 ). Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(4), 257–269. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jmki-widyakarya/article/view/1301

Zainuddin, M., & Rijal, M. S. (2022). The Effect of Self-efficacy and Career Guidance Mediated by Work Competency on Job Readiness of Students of Smk Negeri 1 Selong Indonesia. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 22(24), 112–123. https://doi.org/10.9734/ajeba/2022/v22i24899

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

Putri, K. A., Kirana, K. C., & Septyarini, E. (2025). PENGARUH INTERNSHIP EXPERIENCE, DIGITAL LITERACY, SELF EFFICACY, DAN SOFT SKILL TERHADAP WORK READINESS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA ANGKATAN 2021. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 14(2), 689–701. https://doi.org/10.22437/jmk.v14i2.43913