PEMAHAMAN SAK EMKM, DIGITAL BUSINESS, DAN INSENTIF PAJAK TERHADAP KINERJA DENGAN KUALITAS SDM SEBAGAI PEMODERASI STUDI PADA UMKM DI KABUPATEN BANTUL

Authors

  • Sri Ayem Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Naresha Hanun UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v14i2.44004

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman Standar Akuntansi Keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM), bisnis digital, dan insentif perpajakan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Bantul, dengan kualitas sumber daya manusia sebagai variabel moderasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya adopsi teknologi digital, kepatuhan pelaporan keuangan yang belum optimal, dan terbatasnya pemahaman insentif perpajakan pada kalangan pelaku usaha. Pendekatan kuantitatif diterapkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 pelaku UMKM yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman SAK EMKM dan insentif perpajakan berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM, sedangkan bisnis digital berpengaruh negatif. Selanjutnya, kualitas sumber daya manusia secara signifikan memoderasi hubungan ketiga variabel bebas tersebut dengan kinerja UMKM. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan akuntansi, literasi digital, dan sosialisasi kebijakan fiskal untuk mendukung pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan dan berdaya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. G., Putu, A. Y. U., Sukaningrat, N., Akuntansi, J., & Bali, P. N. (2023). Pengaruh Pemberian Insentif Pph Final.

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.

Armiani, A., Basuki, B., & Suwarno, N. (2021). Teknologi Digital Memediasi Dampak Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Umkm Di Nusa Tenggara Barat. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 5(3), 300–320. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4892

Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 22. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4085

Ausat, A. M. A., Astuti, E. S., & Wilopo. (2022). Analysis Of Factors That Influence On E-Commerce Adoption And Their Impacts For Sme Performance In Subang District. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 9(2), 333–346. https://doi.org/10.25126/jtiik.202295422

Ayem, S., Shalsya, P., & Nasir, B. (2024). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi , E-Commerce , Insentif Pajak , dan Bantuan Stimulus Pemerintah pada Kinerja UMKM. Journal on Education, 06(03), 17611–17618.

Ayem, S., & Wahidah, U. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan UMKM Di Kota Yogyakarta. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 4(1), 1. https://doi.org/10.35914/jemma.v4i1.437

Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. D. E., Handoko, A. L., Putra, R. S., Wijoyo, H., Ari-Yanto, A., & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.10.006

Eka Aprilia. (2021). PENGARUH INSENTIF PAJAK, KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, DAN KEPUASAN PELAYANAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KOTA SIDOARJO. Repositori Universitas Hayam Wuruk Perbanas, 3(2), 6. http://eprints.perbanas.ac.id/7799/8/ARTIKEL ILMIAH.pdf

Essiet, V. E., & Paago, L. (Ph. D. (2024). Tax Incentives and Financial Performance of Small and Medium Enterprises in Rivers State. BW Academic Journal, 11(1), 3088–4390. https://bwjournal.org/index.php/bsjournal/article/view/1872

Frans Sudirjo, Arief Yanto Rukmana, Hilarius Wandan, & Muhammad Lukman Hakim. (2023). Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Jawa Barat. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.134

Harimurti, F. (2024). Tax Incentives and Business Performance : Impact on Sustainability of MSMEs in Surakarta City. 3(2), 1423–1433. https://doi.org/10.55299/ijec.v3i2.1187

Hermawan, F., Detra, A. E., Eldrian, A. F., Ekonomi Dan Bisnis, F., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). Pengaruh Media Digital Sebagai Sarana Promosi Dan Transaksi Bagi Pelaku UMKM Makanan Dan Minuman Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 493–505. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.797

Kakilo, R., Hinelo, R., & Podungge, R. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap Peningkatan Kinerja UMKM di Kota Gorontalo. YUME : Journal of Management, 5(3), 358–366. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.347

Kholifah, D. (2023). Evaluasi Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas. 3(1), 70–78.

Kumala, D. (2024). Digital Transformation and Efficiency of Sharia-Based HR Management on MSME Performance with Organizational Culture Moderation : A Quantitative Study in Cileungsi. 3(2), 1154–1161. https://doi.org/10.55299/ijec.v3i2.1026

Little, P., Gould, C., Dunleavey, J., Williamson, I., Moore, M., Warner, G., Mar, C. Del, & Doust, J. (2002). Primary care. Bmj, 325(7354), 22. https://doi.org/10.1136/bmj.325.7354.22

Meiriasari, V., Ratu, M. K., & Putri, A. U. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Insentif Pajak Bagi Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 310. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6437

Muttalib, A. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI NUSA TENGGARA BARAT (Studi Kasus Program Active Selling 2021 KOMINFO). Econetica, 4(2).

Nabawi, N., & Basuki, B. (2022). Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Modal Usaha Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Usaha Umkm. AL-ULUM : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 8(1), 111–120. https://doi.org/10.31602/alsh.v8i1.6837

Oktayani, K. S., Gede, L., & Dewi, K. (2024). Pengaruh Akses Keuangan , Modal Keuangan , Dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Pertumbuhan UMKM di Kecamatan Buleleng. 15(1), 433–447.

Padli. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Mikro. Jurnal Hipotesa, 16(2), 21–35.

Pangestuti, D. F. R., & Zahiroh, M. Y. (2024). Tax Incentives Pathfinder under COVID-19. Jurnal REKSA: Rekayasa Keuangan, Syariah dan Audit, 11(2), 167–192. https://doi.org/10.12928/jreksa.v11i2.10615

Rahadhini, M. D. (2021). The Effect of Digital Marketing and Financial Inclusion on Business Sustainability through Marketing Performance Culinary Msme’s in Surakarta. Journal of Economics, Finance And Management Studies, 04(06), 716–723. https://doi.org/10.47191/jefms/v4-i6-06

Riski M, A., H, R., Fithrayudi Triatmaja, M., & Riswan, R. (2023). Pengaruh Financial Technology, E-Commerce, Literasi Keuangan Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Umkm Di Kabupaten Batang Dengan Pengetahuan Akuntansi Sebagai Variabel Moderasi. Neraca, 19(2), 29–47. https://doi.org/10.48144/neraca.v19i2.1684

Rita, M. R., & Nastiti, P. K. Y. (2024). The influence of financial bootstrapping and digital transformation on financial performance: evidence from MSMEs in the culinary sector in Indonesia. Cogent Business and Management, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2363415

Rizky, A. (2021). Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Sosialisasi SAK EMKM, Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja terhadap Implementasi SAK EMKM di Kota Tangerang Selatan. Skripsi Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 1–94.

Sabihaini, S., Astuti, S., Permana, R. I., & Marita, M. (2021). Influence of Digital Marketing, Knowledge of Information Technology On the Financial Performance of Small and Medium Enterprises (SMEs). RSF Conference Series: Business, Management and Social Sciences, 1(3), 172–178. https://doi.org/10.31098/bmss.v1i3.316

Setiawan, A., Sari, W., Afif, A., Yahya, R. F., & Mayasafitri, R. (2024). Implementation of SAK E-MKM: Key Factor in Improving MSME Performance. Jurnal Akuntansi, 16(1), 183–194. https://doi.org/10.28932/jam.v16i1.8239

Setyaningrum, R. P., Rulianti, E., & Susilo, P. (2024). Digitalisation Empowerment of Business To Digital Innovation in the Achievement of Sdgs: a Survey on Creative Msme Actors in Indonesia. Journal of Lifestyle and SDG’S Review, 5(1), 1–23. https://doi.org/10.47172/2965-730X.SDGsReview.v5.n01.pe02770

Umar, F., Septian, M. R. A., & Pertiwi, D. A. A. (2023). Effect of Digitalization on Business Performance in the MSME Industry Context. Journal of Information System Exploration and Research, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.52465/joiser.v2i1.199

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

Wang, G., Mansor, Z. D., & Leong, Y. C. (2024). Unlocking digital performance: exploring the mediating role of employee competitive attitudes, behaviors, and dynamic capabilities in Chinese SMEs under high-involvement human resource management practice. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 13(1). https://doi.org/10.1186/s13731-024-00395-3

Yolanda, N., Izzati, D., Zahrani, V. A., Delani, M., & Aliah, N. (2024). Literature Study on the Application of Financial Accounting Standarts for Micro , Small and Madium-Sized Entities ( Sak EMKM ) to Assess the Fairness of UMKM Financial Statements. 2(2), 1–12.

Yuli Agustina, Rahman, A., & Filianti, F. (2021). Insentif Pajak: Solusi Tepat bagi UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 149–155. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2618

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Ayem, S., & Hanun, N. (2025). PEMAHAMAN SAK EMKM, DIGITAL BUSINESS, DAN INSENTIF PAJAK TERHADAP KINERJA DENGAN KUALITAS SDM SEBAGAI PEMODERASI STUDI PADA UMKM DI KABUPATEN BANTUL. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 14(2), 842–857. https://doi.org/10.22437/jmk.v14i2.44004