PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE, DAN LIFESTYLE TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR GENERASI Z KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v14i2.44233Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial knowledge, financial attitude, dan lifestyle terhadap perilaku manajemen keuangan (financial management behavior) Generasi Z di Kota Yogyakarta. Generasi Z dianggap sebagai kelompok yang fasih teknologi dan menjadi penggerak ekonomi digital, namun menghadapi tantangan dalam pengelolaan keuangan akibat gaya hidup konsumtif dan kurangnya literasi keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 212 responden yang termasuk dalam Generasi Z. Analisis data dilakukan melalui regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial knowledge, financial attitude, dan lifestyle secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya edukasi keuangan untuk Generasi Z guna menciptakan perilaku keuangan yang sehat.
Downloads
References
Afrina, N., & Anggraini, D. R. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Keuangan Penduduk Waydadi Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Efektif, 7(1), 138–144.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes.
Anggraini, Y. (2020). Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Locus of Control, dan Financial Self Efficacy terhadap Financial Management Behavior (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Aprinthasari, M. N., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 65–72.
Ardiana, Miranda, J., Khairunnisah, N. A., & Sari, N. K. W. M. (2024). Manajemen Keuangan: Kunci Sukses Pengelolaan Keuangan Pribadi dan Bisnis. Prosiding Seminar Nasional III (Literasi Ekonomi Digital Modern), 3(1).
Asandimitra, N. L. R. (2018). Pengaruh Demografi, Financial Knowledge, Financial Attitude, Locus of Control dan Financial Self-Efficacy terhadap Financial Management Behavior Masyarakat Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2010), 1–107. https://ojs.journal.unesa.ac.id:article/23846.
Astuti, H., Moehadi, M., Atmaja, D. S., & Ulandari, S. A. (2024). Sikap Keuangan, Lingkungan Kampus dan Literasi Keuangan terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(1), 708–719.
Ayu, A., & Rindang, R. (2021). The Influence of Financial Attitude, Financial Knowledge, and Individual Income on Financial Management Behavior of Millennial Generation in Special Capital Region of Jakarta.
Brilianti, T. R., & Lutfi, L. (2020). Pengaruh Pendapatan, Pengalaman Keuangan dan Pengetahuan Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Keluarga di Kota Madiun. Journal of Business and Banking, 9(2), 197. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1762.
Dewi, G. A. K. A. S. P., Astiti, N. P. Y., & Mentari, N. M. I. (2024). Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Pendapatan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga di Desa Adat Kesiut, Kabupaten Tabanan Bali. JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing), 5(2), 50–69.
Emira, E., & Sonja, S. (2022). Hubungan Self Control dan Financial Attitude terhadap Finanacial Management Behavior Pengguna Layanan Buy Now Pay Later.
Fathihani, F., & Rosdiana, R. (2024). Pengaruh Financial Literacy, Locus of Control, Lifestyle terhadap Financial Management Behavior. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE), 1(4), 712–723.
Hamastuti, W. F. (2021). Peran Locus of Control sebagai Variabel Moderasi untuk Memperkuat Hubungan Financial Attitude dan Financial Knowledge terhadap Financial Management Behavior (Studi Kasus UKM Batik Pekalongan). Tesis, Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia).
Hamid, N., Refrianti, D., Ma’mum, S. Z., & Yusuf, M. (2022). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude dan Personality terhadap Financial Management Behavior (Studi Kasus pada Pelaku UMKM di MTQ Kota Kendari). ECOTECHNOPRENEUR: Journal Economics, Technology and Entrepreneur, 1(01), 69–81.
Harju, L. K., Kaltiainen, J., & Hakanen, J. J. (2021). The Double‐Edged Sword of Job Crafting: The Effects of Job Crafting on Changes in Job Demands and Employee Well‐Being. Human Resource Management, 60(6), 953–968.
Izzah, F. (2022). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, Financial Self-Efficacy dan Personality Traits terhadap Financial Management Behavior di Masa Pandemi Covid 19: Studi Kasus pada Pelaku UMKM Ekonomi Kreatif Sub Sektor Fashion di Kota Malang Tahun 2021. Disertasi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Lathiifah, D. R., & Kautsar, A. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Financial Technology, Financial Self-Efficacy, Income, Life Style, dan Emotional Intelligence terhadap Financial Management Bahavior pada Remaja di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(4), 1211–1226.
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. American Economic Journal: Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44.
Maxentia, C., & Habiburahman, H. (2025). Pengaruh Sikap Terhadap Uang dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiwi Rantau Kost Putri Griya Hijau. Jurnal Ekuilnomi, 7(1), 101–111.
Mitchell, O. S., & Lusardi, A. (2015). Financial Literacy and Economic Outcomes: Evidence and Policy Implications. The Journal of Retirement, 3(1), 107.
Nisa, F. K., & Haryono, N. A. (2022). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, Financial Self Efficacy, Income, Locus of Control, dan Lifestyle terhadap Financial Management Behavior Generasi Z di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 82–97. https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p82-97.
Oktaviani, R., Indriasari, I., & Meiriyanti, R. (2025). Pengaruh Perilaku Konsumtif, Gaya Hidup, dan Pendapatan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan (Studi Kasus Pada Pekerja Wanita di Kota Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Ekonomi Kreatif, 4(1), 83–93.
Parastika, I., & Hidayati, A. (2023). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, dan Financial Literacy terhadap Financial Management Behavior pada UMKM Sektor Fashion Kota Bengkulu. Journal of Applied Management Studies, 5(1), 17–29.
Rahmatika, A. N. M., Widyaningsih, B., & Al Qaedah, A. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan Ibu Rumah Tangga dengan Self Efficacy sebagai Variabel Intermediasi. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 6(2), 154–175.
Safitri, D., Fauzi, A., & Mardi, M. (2023). Pengembangan Financial Management Behavior Melalui Financial Attitude, Financial Knowledge dan Locus of Control (Studi pada Mahasiswa). INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3), 9812–9826.
Satrio, R., Wati, K. A., Destiyana, A., & Sanjaya, R. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 26–35.
Siallagan, A. M., Derang, I., & Nazara, P. G. (2021). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Stikes Santa Elisabeth Medan. Jurnal Darma Agung Husada, 8(1), 54–61.
Sufa, S. A. (2024). Studi Literatur: Hubungan Pendidikan Ekonomi dan Literasi Keuangan Generasi Z. Waralaba: Journal of Economics and Business, 1(2).
Wahyuni, S. F., Radiman, R., & Kinanti, D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Lifestyle Hedonis dan Sikap Keuangan Pribadi terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Owner, 7(1), 656–671. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1304.
Wijaya, C. K. (2024). Pengaruh Financial Literacy, Financial Attitude, Financial Self-Efficacy, Financial Technology, Locus of Control, Lifestyle terhadap Financial Management Behaviour pada Mahasiswa Surabaya Hobby Modif Mobil. Journal of Economics, Business, Management, Accounting and Social Sciences, 2(2), 55–64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chicih Saleh, Ratih Kusumawardhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.