PENGARUH PENGALAMAN MAGANG DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Authors

  • Nabilla Salsa Billa Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Zainal Arifin Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Andrea Geovani Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Ibnu Al Saudi Universitas Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v14i2.44655

Abstract

Perkembangan industri perbankan syariah yang pesat di Indonesia belum diimbangi dengan kesiapan kerja lulusan perguruan tinggi, yang menjadi salah satu penyebab tingginya pengangguran terdidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman magang dan locus of control terhadap kesiapan kerja mahasiswa Perbankan Syariah, serta peran moderasi self efficacy dalam hubungan tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, Sampel sebanyak 53 mahasiswa Prodi Perbankan Syariah UIN Palangka Raya angkatan 2021 dipilih melalui teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert, dan analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman magang dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja (masing-masing p < 0,05), mendukung hipotesis H1 dan H2. Self efficacy memoderasi secara negatif hubungan pengalaman magang dengan kesiapan kerja (H3 diterima), namun tidak memoderasi hubungan locus of control dengan kesiapan kerja (H4 ditolak). Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan mengonfirmasi pentingnya pengalaman praktik dan karakter psikologis dalam membentuk kesiapan kerja, serta menunjukkan bahwa peran moderasi self efficacy bersifat kontekstual. Implikasi praktisnya menekankan perlunya peningkatan kualitas program magang dan penguatan pengembangan karakter di lingkungan pendidikan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, C. D. (2023). Pengaruh Pengalaman Magang Terhadap Kesiapan Kerja Dengan Self Efficacy Sebagai Moderasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang) [Undergraduate, Universitas Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/600/

Astuti, E. N., & Amri, M. (2024). Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Kerja, dan Pengalaman Magang terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 4(01), 33–48.

Badan Pusat Statistik, B. P. S. (2024). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986—2024—Tabel Statistik. https://www.bps.go.id/id/statistics- table/1/OTcyIzE=/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang- ditamatkan-1986---2024.html

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control (Vol. 604). Freeman.

Dewi, A. S. (2022). Pengaruh Pengalaman Kerja Magang dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana [Thesis]. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/25247

Firmansyah, E. B., Aprilia, S. N., Auliya, S. L., Hartono, F. A. P., & Mukarromah, S. W. (2024). Analisis Pengalaman Magang dan Minat Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Melalui self-efficacy Sebagai Intervening. Journal of Economics and Business Research (JUEBIR), 3(2), 79–92.

Fitriyanto, A. (2006). Ketidakpastian memasuki dunia kerja karena pendidikan. Jakarta: Dineka Cipta.

Habibah, I. F., & Dwijayanti, R. (2023). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), Self- Efficacy dan Internal Locus of Control terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMKN Mojoagung Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 142–151.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7

Hamidah, A. (2024). PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL, EFIKASI DIRI, DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA DI PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH UIN KH ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN DAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) [PhD Thesis, UIN SUNAN

KALIJAGA YOGYAKARTA]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66851/

Jackson, D. (2018). Developing graduate career readiness in Australia: Shifting from extra- curricular internships to work-integrated learning. International Journal of Work- Integrated Learning, 19(1), 23–35.

Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development.FT press. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=jpbeBQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR7& dq=Kolb,+D.+A.+(1984).+Experiential+Learning:+Experience+as+the+Source+of+L earning+and+Development.+Englewood+Cliffs,+NJ:+Prentice- Hall.&ots=Vp6PrSZZQg&sig=82aiXpFF7NGQVGvGyICiAeL0QSQ

Nindyati, A. D., Elzahra, R. A. F., & Rahmadhani, R. I. (2024). The Role of Self-efficacy and Locus of Control on Work Readiness Among Gen Z. RSF Conference Series: Business, Management and Social Sciences, 4(3), 31.

https://search.proquest.com/openview/672e1834252da6ac16bd93cc1ef91ded/1?pq- origsite=gscholar&cbl=7201582

OJK, O. J. K. (2024). Statistik Perbankan Syariah—Agustus 2024. Statistik Perbankan Syariah - Agustus 2024. https://ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik- perbankan-syariah/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah---Agustus-2024.aspx

Patintingan, D. P., Saman, A., & Lukman, L. (2023). Pengaruh Internal Locus Of Control Dan Career Decision Making Self-Efficacy Terhadap Kematangan Karir. METAPSIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Psikologi, 1(2), Article 2.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2011). Perilaku Organisasi: Organizational Behavior, Buku 2.

Rotter, J. B. (1966). Generalized expectancies for internal versus external control of reinforcement. Psychological Monographs: General and Applied, 80(1), 1.

Sholekah, W., Utomo, S. W., & Astuti, E. (2021). Pengaruh praktik pengalaman lapangan dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru akuntansi. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 8(2), 213–222.

Simanungkalit, M. R., Telaumbanua, D. A., Napitupulu, J. A., & Tambunan, T. S. (2024). PENGARUH PENGALAMAN MAGANG TERHADAP KESIAPAN KERJA

MAHASISWA. JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation, 2(3), 82– 86.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67, 18.

Tyas, G. A., & Rifan, A. A. (2022). Pengaruh Magang dan Pengalaman Berorganisasi Terhadap Kesiapan Kerja di Lembaga Keuangan Syariah. Islamic Economics, Finance, and Banking Review, 2(1), 13–21.

Zain, N., & Jeniar, R. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas X dan XI SMK Negeri di Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Dan Akuntansi, 1(1), 1–10.

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

Billa, N. S., Arifin, M. Z., Geovani, A., & Saudi, I. A. (2025). PENGARUH PENGALAMAN MAGANG DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 14(2), 811–823. https://doi.org/10.22437/jmk.v14i2.44655