Analisis Rantai Markov untuk Mengetahui Peluang Perpindahan Platform E-Commerce yang dipilih Mahasiswa Matematika

Authors

  • Anugrah Putri Nabila Universitas Jambi
  • Cindy Maharani Universitas Jambi
  • Nabilah Shahada Putri Universitas Jambi
  • Zahwa Rifsya Pangesti Universitas Jambi
  • Bunga Mardhotillah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/multiproximity.v3i1.40623

Keywords:

Rantai Markov, platform e-commerce, mahasiswa, steady state

Abstract

Penelitian ini menganalisis pola perpindahan konsumen di antara platform e-commerce seperti Shopee, Tiktok Shop, dan Lazada menggunakan metode Rantai Markov. Fokus penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Matematika Universitas Jambi. Data dikumpulkan melalui kuesioner pada 10 dan 11 September 2024. Prediksi pengguna e-commerce menunjukkan penurunan signifikan untuk Shopee, dari 64 pengguna pada 2024 menjadi 4 pada 2028, sedangkan Tiktok Shop mengalami penurunan dari 22 menjadi 1 pada periode yang sama. Lazada tetap tidak mengalami perubahan. Penurunan ini dipengaruhi oleh distribusi awal yang tidak seimbang dan probabilitas berpindah pengguna yang lebih tinggi ke platform lain. Model Rantai Markov menunjukkan bahwa distribusi pengguna akan cenderung menuju keadaan kesetimbangan (steady state), menyebabkan penurunan jumlah pengguna Shopee dalam jangka panjang

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anugrah Putri Nabila, Universitas Jambi

Prodi Matematika, FST, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia

Cindy Maharani, Universitas Jambi

Prodi Matematika, FST, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia

Nabilah Shahada Putri, Universitas Jambi

Prodi Matematika, FST, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia

Zahwa Rifsya Pangesti, Universitas Jambi

Prodi Matematika, FST, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia

Bunga Mardhotillah, Universitas Jambi

Prodi Matematika, FST, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia

Downloads

Published

2024-06-30