Pembelajaran Teks Fabel Berbasis Pendekatan Saintifik di SMP

Main Article Content

Farah Ridhyalira
Akhyaruddin Akhyaruddin
Larlen Larlen

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran serta upaya pendidik dalam mengimplementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis teks fabel. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sasaran penelitian pendidik Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  perencanaan pembelajaran dalam bentuk RPP, Pengambilan data dilakukan saat proses pembelajaran materi teks fabel dengan menggunkan pendekatan saintifik di kelas VII. Teknik analisis data daalam penelitian ini berupa mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Kata Kunci: pembelajaran teks fabel, pendekatan, saintifik


Abstract


This study aims to describe the planning, implementation of learning and the efforts of educators in implementing a scientific approach in learning to write fable texts. This research is a qualitative descriptive research with the research target of Indonesian language educators and seventh grade students of SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Data were collected using documentation, observation and interviews. The data used in this research is learning planning in the form of lesson plans. Data collection is carried out during the learning process of fable text material using a scientific approach in class VII. Data analysis techniques in this study are in the form of reducing data, presenting data, and drawing conclusions.


Keywords: Learning fabel text, Approach, Scientific.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ridhyalira, F., Akhyaruddin, A., & Larlen, L. (2022). Pembelajaran Teks Fabel Berbasis Pendekatan Saintifik di SMP. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(1). Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/18320
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)