Alih Kode dan Campur Kode Tuturan Mahasiswa dalam Diskusi Grup WhatsApp
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bentuk alih kode dan campur kode, selanjutnya menjelaskan faktor terjadinya alih kode dan campur kode, terakhir ialah menjelaskan strategi yang digunakan dalam tuturan mahasiswa saat berdiskusi melalui Whatsapp. Metode yang digunakan peneliti ialah kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Data dalam penelitian ini adalah chat melalui pesan whastaap. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa MPBSI saat berdiskusi. Data penelitian didapatkan melalui SLBC dan teknik catat. Validitas menggunakan diri sendiri dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan terjadi alih kode dan campur kode saat berdiskusi. Strategi dan faktor mahasiswa dalam berdiskusi melakukan alih kode terkesan ingin lebih akrab, sedangkan campur kode ingi terlihat formal. Pengaruh alih kode intern lebih banyak dari pada ekstern sedangkan campur kode ekstern lebih banyak daripada intern dapat menjadi kajian selanjutnya.
Kata kunci: sosiolinguistik, alih kode, campur kode, linguistic educational.Literasi, fonologi
Â
Abstract
The purpose of this reserch is to explain the form of code switching and code mixing, then to explain the factors that occur in code switching and code mixing, and finally to explain the strategies used in student speech when discussing via Whatsapp. The method used by the researcher is qualitative with the type of content analysis research. The data in this study is chat via WhatsApp messages. The data sources of this research were MPBSI students during the discussion. Research data obtained through SLBC and note-taking techniques. Validity using self and data triangulation. The results showed that code switching and code mixing occurred during discussions. Students' strategies and factors in discussing code switching seem to want to be more familiar, while code mixing wants to look formal. The influence of internal code switching is more than external, while external code mixing is more than internal can be a further study.
Downloads
References
A’la, H. A., Mulawarman, W. G., & Purwanti. (2020). Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Arab Pada Pembelajaran di Pondok Pesantren Ibadurrahman Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. 4(4), 642–650. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v4i4.3025
Andriani, V., Wardiani, R., & Astuti, C. W. (2021). Analisis Alih Kode dan Campur Kode Ujaran Dokter dengan Pasien di Klinik Kecantikan Dokter Rotsa. Leksis : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 47–54. https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/8
Anjayani, E., Aisah, S., & Firdaus, M. Z. (2022). Alih Kode dan Campur Kode Pada Interaksi Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 04(01), 23–30.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In H. Salmon, C. Neve, M. O’Heffernan, D. C. Felts, & A. Marks (Eds.), Journal of Chemical Information and Modeling (6th ed., Vol. 53, Issue 9). SAGE Publications, Inc.
Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 42–54. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.210
Fuadin, A., & Fauziya, D. S. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Dalam Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia. Semantik, 11(1), 101. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p101-110
Gunawan, H. I. (2020). Bahasa Indonesia Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. In Syntax Idea (1st ed., Vol. 2, Issue 1). Banyumas: CV. Pena Persada.
Hasibuan, S. W. (2021). Alih Kode Oleh Penyanyi Indonesia Pada Caption Di Instagram. 6(1), 103–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.103-114
Irrohman, A. T., & Rokhman, F. (2021). Alih Kode dan Campur Kode dalam Ceramah Habib Al-Muthohhar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(1), 51–58. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i1.40389
Lilis Amaliah Rosdiana, Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2021). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Oleh Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 178–188. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.120
Miles, B, M., & Huberman, Michael, A. (2014). An analytic approach for discovery. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, pp. 89–92).
Mualimah, E. N. (2018). Campur Kode dan Alih Kode pada Proses Belajar Mengajar. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 1(2), 35–47. https://doi.org/10.22236/jollar.v1i2.3478
Muzdalifah, E., & Rosalina, S. (2021). Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode Dalam Interaksi Masyarakat di Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(3), 115. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5104
Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. 306–319.
Putri, L., & Nurjanah, N. (2021). Alih kode dan campur kode dalam konten video youtube suhay salim. Sapala, 8(3), 41–55.
Remba, V., Noge, M. D., & Wau, M. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Multilingual Berbasis Konten dan Konteks Budaya Lokal Etnis Ngada Pada Tema Peristiwa Alam untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. 1, 125–135.
Rizkita, G. I. N., & Wirawati, D. (2021). Campur Kode dalam YouTube Suhay Salim dan Kaitannya dengan Bahan Ajar Teks Iklan. Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 16–20. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/1000
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Sinyanyuri, S., Utomo, E., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2022). Literasi Sains dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Integrasi Bahasa dalam Pendidikan Sains. Jurnal Basicedu, 6(1), 1331–1340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2286
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Susanto, H., & Sunarsih, E. (2020). Analisis Bentuk, Jenis, Faktor Terjadinya Alih Kode antara Penjual dan Pembeli di Pasar Kuala Singkawang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(2), 179. https://doi.org/10.31571/bahasa.v9i2.1985
Szabó, N., & Failasofah, F. (2021). The Effect of Education and Gender on Language Proficiency: A Study of Multilingual Hungarian Young Adults’ Verbal Fluency. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 5(2), 496–509. https://doi.org/10.22437/irje.v5i2.16662
Ulfah, L. N. (2021). Penggunaan Ragam Bahasa Remaja Milenial di Kota Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(24), 1–9.
Winoto, S., & Ariawan, V. A. N. (2022). Analisis campur kode dalam pembelajaran daring siswa sekolah dasar. 05(01), 1–12.
Wiryotinoyo, M., Kuntarto, E., & Hidayati, L. (2022). Implikatur Percakapan Siswa Tunagrahita Dan Guru Di Sekolah Luar Biasa. 7(1), 141–156.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Adit Trinaldi, Salsabela Wawa Anasya , Nur Halimahtuyadiah, Ade Kusmana, Rustam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.