Alih Kode dan Campur Kode Tuturan Mahasiswa dalam Diskusi Grup WhatsApp

Main Article Content

Adit Trinaldi
Salsabela Wawa Anasya
Nur Halimahtuyadiah
Ade Kusmana
Rustam Rustam

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bentuk alih kode dan campur kode, selanjutnya menjelaskan faktor terjadinya alih kode dan campur kode, terakhir ialah menjelaskan strategi yang digunakan dalam tuturan mahasiswa saat berdiskusi melalui Whatsapp. Metode yang digunakan peneliti ialah kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Data dalam penelitian ini adalah chat melalui pesan whastaap. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa MPBSI saat berdiskusi. Data penelitian didapatkan melalui SLBC dan teknik catat. Validitas menggunakan diri sendiri dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan terjadi alih kode dan campur kode saat berdiskusi. Strategi dan faktor mahasiswa dalam berdiskusi melakukan alih kode terkesan ingin lebih akrab, sedangkan campur kode ingi terlihat formal. Pengaruh alih kode intern lebih banyak dari pada ekstern sedangkan campur kode ekstern lebih banyak daripada intern dapat menjadi kajian selanjutnya.


Kata kunci: sosiolinguistik, alih kode, campur kode, linguistic educational.Literasi, fonologi


 


Abstract


The purpose of this reserch is to explain the form of code switching and code mixing, then to explain the factors that occur in code switching and code mixing, and finally to explain the strategies used in student speech when discussing via Whatsapp. The method used by the researcher is qualitative with the type of content analysis research. The data in this study is chat via WhatsApp messages. The data sources of this research were MPBSI students during the discussion. Research data obtained through SLBC and note-taking techniques. Validity using self and data triangulation. The results showed that code switching and code mixing occurred during discussions. Students' strategies and factors in discussing code switching seem to want to be more familiar, while code mixing wants to look formal. The influence of internal code switching is more than external, while external code mixing is more than internal can be a further study.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Trinaldi, A., Wawa Anasya , S. ., Halimahtuyadiah, N. . ., Kusmana, A., & Rustam, R. (2022). Alih Kode dan Campur Kode Tuturan Mahasiswa dalam Diskusi Grup WhatsApp . Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(1). Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/20676
Section
Artikel

References

A’la, H. A., Mulawarman, W. G., & Purwanti. (2020). Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Arab Pada Pembelajaran di Pondok Pesantren Ibadurrahman Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. 4(4), 642–650. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v4i4.3025

Andriani, V., Wardiani, R., & Astuti, C. W. (2021). Analisis Alih Kode dan Campur Kode Ujaran Dokter dengan Pasien di Klinik Kecantikan Dokter Rotsa. Leksis : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 47–54. https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/8

Anjayani, E., Aisah, S., & Firdaus, M. Z. (2022). Alih Kode dan Campur Kode Pada Interaksi Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 04(01), 23–30.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In H. Salmon, C. Neve, M. O’Heffernan, D. C. Felts, & A. Marks (Eds.), Journal of Chemical Information and Modeling (6th ed., Vol. 53, Issue 9). SAGE Publications, Inc.

Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 42–54. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.210

Fuadin, A., & Fauziya, D. S. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Dalam Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia. Semantik, 11(1), 101. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p101-110

Gunawan, H. I. (2020). Bahasa Indonesia Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. In Syntax Idea (1st ed., Vol. 2, Issue 1). Banyumas: CV. Pena Persada.

Hasibuan, S. W. (2021). Alih Kode Oleh Penyanyi Indonesia Pada Caption Di Instagram. 6(1), 103–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.103-114

Irrohman, A. T., & Rokhman, F. (2021). Alih Kode dan Campur Kode dalam Ceramah Habib Al-Muthohhar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(1), 51–58. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i1.40389

Lilis Amaliah Rosdiana, Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2021). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Oleh Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 178–188. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.120

Miles, B, M., & Huberman, Michael, A. (2014). An analytic approach for discovery. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, pp. 89–92).

Mualimah, E. N. (2018). Campur Kode dan Alih Kode pada Proses Belajar Mengajar. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 1(2), 35–47. https://doi.org/10.22236/jollar.v1i2.3478

Muzdalifah, E., & Rosalina, S. (2021). Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode Dalam Interaksi Masyarakat di Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(3), 115. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5104

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. 306–319.

Putri, L., & Nurjanah, N. (2021). Alih kode dan campur kode dalam konten video youtube suhay salim. Sapala, 8(3), 41–55.

Remba, V., Noge, M. D., & Wau, M. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Multilingual Berbasis Konten dan Konteks Budaya Lokal Etnis Ngada Pada Tema Peristiwa Alam untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. 1, 125–135.

Rizkita, G. I. N., & Wirawati, D. (2021). Campur Kode dalam YouTube Suhay Salim dan Kaitannya dengan Bahan Ajar Teks Iklan. Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 16–20. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/1000

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Sinyanyuri, S., Utomo, E., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2022). Literasi Sains dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Integrasi Bahasa dalam Pendidikan Sains. Jurnal Basicedu, 6(1), 1331–1340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2286

Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Susanto, H., & Sunarsih, E. (2020). Analisis Bentuk, Jenis, Faktor Terjadinya Alih Kode antara Penjual dan Pembeli di Pasar Kuala Singkawang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(2), 179. https://doi.org/10.31571/bahasa.v9i2.1985

Szabó, N., & Failasofah, F. (2021). The Effect of Education and Gender on Language Proficiency: A Study of Multilingual Hungarian Young Adults’ Verbal Fluency. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 5(2), 496–509. https://doi.org/10.22437/irje.v5i2.16662

Ulfah, L. N. (2021). Penggunaan Ragam Bahasa Remaja Milenial di Kota Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(24), 1–9.

Winoto, S., & Ariawan, V. A. N. (2022). Analisis campur kode dalam pembelajaran daring siswa sekolah dasar. 05(01), 1–12.

Wiryotinoyo, M., Kuntarto, E., & Hidayati, L. (2022). Implikatur Percakapan Siswa Tunagrahita Dan Guru Di Sekolah Luar Biasa. 7(1), 141–156.

Most read articles by the same author(s)