Persepsi Siswa SMP Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring

Main Article Content

Mahdalena Wulandari
Hary Soedarto Harjono
Imam Suwardi Wibowo

Abstract

ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan kendala siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia secara daring yang telah dilakukan pada masa pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dengan studi kasus. Melalui survei yang melibatkan 28 partisipan di kelas IX B SMP Negeri 9 Muaro Jambi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya persepsi positif dan persepsi negatif yang dirasakan oleh siswa, persepsi tersebut muncul dikarenakan adanya kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa pada saat proses pembelajaran daring berlangsung.
Kata Kunci: persepsi, kendala, pembelajaran daring.
Abstract
This article aims to determine students' perceptions and obstacles to online Indonesian language learning that has been carried out during the distance learning period in the era of the covid-19 pandemic. The data of this study were analyzed qualitatively with case studies. Through a survey involving 28 participants in class IX B SMP Negeri 9 Muaro Jambi.The results of the study indicate that there are positive perceptions and negative perceptions felt by students, these perceptions arise due to the obstacles faced by students during the online learning process.
Keywords: perception, constraints, online learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wulandari, M., Harjono, H. S., & Wibowo, I. S. (2023). Persepsi Siswa SMP Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 24-38. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/20731
Section
Artikel

References

Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Vol. 7, No. 4. Jurnal. Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Couto, Alizamar Nasbahry. 2016. Psikologi Persepsi dan Desain Informasi. Media Akademi.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Fadhilaturrahmi. 2021. Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Vol. 5, No. 3. Jurnal. Universitas Pahlawan.

Harjono, H. S., & Wachyunni, S. 2021. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Daring atau Online. Vol. 5, No. 2. Universitas Jambi.

Harjono, Hary Soedarto. 2021. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Daring atau Online. Vol. 5, No. 2. Universitas Jambi.

Hastowohadi, Setyaningrum, R. W., & Pangesti, F. (2020). Forced remote learning during the COVID-19 Outbreak. Journal of International Students, 10(S3), 180–197. https://doi.org/10.32674/jis.v10iS3.3206

Huberman dan Miles. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit: Alfabeta Bandung

Meri Destel, 2021. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Pada Tahun Ajaran 2020-2021. Vol 4, No. 2 Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh.

Nuraini Nani, 2021. Analisis Persepsi Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Vol 7, No.1 Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Puspaningtyas, Nicky Dwi. 2020. Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring, Universitas Teknokrat Indonesia Bandar Lampung.

Ridho, M. R., Muhaimin, M., & Harjono, H. S. (2021). PENGARUH APLIKASI DISCORD DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATAKULIAH KOMPUTER. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 22-35.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.

Wibowo, I. S. (2017). Penilaian Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 310-328.

Wibowo, I. S., & Maqfirotun, S. (2016). Peran guru dalam membentuk tanggung jawab siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 61-72.

Most read articles by the same author(s)