Integrasi Authentic Learning dalam Kemampuan Berpikir Kreatif untuk Inovasi Pembelajaran Menulis Abad 21

Main Article Content

Nurul Dwi Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pengalaman belajar autentik (authentic learning) ke dalam kemampuan berpikir kreatif serta mengukur ketercapaian siswa dalam pembelajaran menggunakan metode tersebut. Integrasi ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis sekaligus sebagai inovasi pembelajaran Abad 21 pada masa pandemi. Metode dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen. Sampel penelitian adalah 32 siswa kelas VII D SMPN 1 Grogol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui authentic learning terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif, meliputi aspek kelancaran berpikir meningkat 25%, kriteria keluwesan meningkat  21,88%, dan kriteria keaslian meningkat 26,25%. Hasil analisis statistik menggunakan Independent Sample t Test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara mean skor postes dan pretes (p<0,01). Peningkatan skor tersebut menunjukkan bahwa authentic learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menulis teks deskripsi. 


Kata kunci: authentic learning, berpikir kreatif, menulis, inovasi pembelajaran Abad 21

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lestari, N. D. (2022). Integrasi Authentic Learning dalam Kemampuan Berpikir Kreatif untuk Inovasi Pembelajaran Menulis Abad 21. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(1). Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/21614
Section
Artikel