Analisis Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Main Article Content

Siti Enik Mukhoiyaroh Bambang
Alfakihi Alfakihi
Deka Heltien
Handayani Handayani
Amelia Amelia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang digunakan guru dan siswa disekolah. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian berasal dari kuisioner dan wawancara siswa dan guru bahasa Indonesia di  SMAN 6 Batanghari. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data melalui teori Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa untuk memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran bahasa dan sastra indonesia yang sesuai dengan era digitalisasi harus memperhatikan : 1)  keterampilan dan skill guru dan siswa dalam menggunakan media sosial, 2) Proses kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa 3) Pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran.


Kata kunci: analisis, pemanfaatan media sosial, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bambang, S. E. M. ., Alfakihi, A., Heltien, D., Handayani, H., & Amelia, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 49-60. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/23577
Section
Artikel

References

Alfian, N.N.Pur., & Yulia, B.W. (2021). Analisis Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Pendidikan Anak Usia Dini Pasca Belajar Dari Rumah. 674-681. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/download/838/847.

Angelia, C.H & Pulumun P.G. (2021). Efektivitas Media Sosial Tiktok Pada Musikalitas Anak Remaja di Kelurahan Kenangan Baru Medan. 10(2), 54- 68.

Apriansyah & Antoni, D. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Sumsel. 1(2), 64-70.

Arikarani, Y.,& Faizul, M.A. (2021). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran Dimasa Pandemi. Edification Jurnal Pendidikan Agama Islam. 4(1). 93-116.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In H. Salmon, C. Neve, M. O’Heffernan, D. C. Felts, & A. Marks (Eds.), Journal of Chemical Information and Modeling (6th ed., Vol. 53, Issue 9). SAGE Publications, Inc

Dahniary, D.D., & Wahyuni, S. (2019). Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri. IJIES (Indonesian Journal of Islamic Education Studies. 2(1), 50-60.

Dewi, E.P. (2022). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Sarana Pembelajaran di Era Digital. Jurnal of Digital Education, Communication, And Arts. 5(1), 40- 49.

Erland, R.H. (2015) Penggunaan Media Sosial di Kampus dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. Wacana Journal of Social and Humanity Studies. 14(1), 45-70.

Fitriani, Y. (2021) Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi atau Pembelajaran Digital. JISAMAR (Jurnal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. 5 (4), 1006- 1013.

Hardani, et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Izzati, F.R.F., & Krisnani, H. (2020). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok:TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme . Jurnal UNPAD (Universitas Padjadjaran). 10(2), 199- 208.

Karunia, G.A. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital yang Interaktif dan Kekinian. Prosiding SAGA (Seminar Nasional Sastra, Pedagogik, dan Bahasa). 242- 246. http://seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/view/124.

Miles, B. M., & Huberman, M. A. (2014). An analytic approach for discovery. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, pp. 89–92).

Nilansari, E. P. (2022). Eskalasi Daya Tarik Media Pembelajaran Teks Prosedur Berbasis Konten Video Pendek Pada Sosial Media Tiktok. Jurnal Estetika, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(1), 1-14.

Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2020). Analisis Kebutuhan Guru PPKn dalam Pengembangan Bahan Ajar Virtual. PKn Progresif, 15(2), 60–67.

Ridwan, A., et al. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Sastra di Era Digital. 381-382. http://jurnal.iain- padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945/0.

Riko, et al. (2020). Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. JCES (Journal of Character Education Society). 3(2), 258-266.

Rosa, M.R.,& Anistyasari, Y. (2020). Studi Literatur Pengguna Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran di SMK. Jurnal IT-EDU (Jurnal Information Technology&Education). 2(1), 105-112.

Sasmito, M. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Facebook untuk Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. 1(2), 184-198.

Siti, F.F.,& Mauldy, R.R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni). 6(1), 32-44.

Sonia, A.A.N.A et al,. (2020). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa Kedokteran 2018. Jurnal Wacana. 12 (1), 86-109.

Suryaningsih, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. EDUSAINTEK (Jurnal Pendidikan Sains dan Teknolog). 7(1), 1-10.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam

Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID- 19.JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). 4(2), 30–36.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education. 2(1), 1-19.

Untari, P.H. (2019). Penggunaan Internet Indonesia Paling Banyak di Usia 16-19 Tahun. Diambil kembali dari Oketechno: https://techno.okezone.com/read/2019/05/21/207/2058544/2018-pengguna- internet- indonesia-paling-banyak-di-usia-15-19-tahun.

Wiryotinoyo, M. (2013). Implikatur Percakapan Anak Usia Sekolah Dasar. Malang: UM Press

Yanti, N., et al. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Bengkulu. 11(1), 72-82.

Yuda, et al. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII di SMPN 1 Cisompet Kabupaten Garut. JTEP (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 4(1), 760-771.