Pemberian Corrective Feedback dalam Pembimbingan Menulis Karya Ilmiah pada Siswa SMA

Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai (1) bentuk-bentuk corrective feedback yang diberikan kepada siswa dalam pembelajaran menulis karya ilmiah; (2) alasan pemberian corrective feedback; dan (3) dampak pemberian corrective feedback dalam pembelajaran menulis karya ilmiah. Teknik pengambilan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) bentuk-bentuk corrective feedback yang diberikan dalam karya ilmiah antara lain, corrective feedback langsung: eksplisit feedback, masukan metalinguistik, dan elisitasi feedback, serta corrective feedback tak langsung. Corrective feedback langsung adalah feedback yang dominan diberikan guru, (2) faktor yang melatarbelakangi diberikannya corrective feedback langsung adalah untuk memudahkan siswa dalam menemukan kesalahan yang pertama kali dilakukan,  diperikirakan siswa benar-benar tidak tahu bentuk yang benar,  dan  guru kesulitan memberi penanda feedback tak langsung pada jenis kesalahan tertentu. Adapun alasan yang memengaruhi pemberian corrective feedback tak langsung, yaitu lebih mengefisienkan waktu guru, kesalahan penulisan kata yang diulang-ulang, guru mempercayai siswa memahami maksud pemberian tanda, dan mengukur pemahaman siswa, (3) dampak pemberian corrective feedback langsung yaitu siswa segera mengetahui letak kesalahannya sekaligus membetulkannya, pelaksanaan koreksi lebih terfokus, dan menghindari kesalahan selanjutnya. Dampak dari feedback tak langsung adalah siswa termotivasi melakukan diskusi, waktu koreksi lebih efisien, dan pemahaman siswa dalam menulis dapat diukur.


Kata kunci: corrective feedback, langsung dan tak langsung, menulis, karya ilmiah


 


Abstract


The aims of this research is to describes and explains about (1) corrective feedback forms that given to the students in a scientific writing study; (2) the reasons in corrective feedback provision on scientific writing learning; (3) the impact that given from corrective feedback provision on scientific writing learning. Technique of research subject is purposive sampling. The result of this study are (1) corrective feedback forms that provided by the teacher to students in scientific writing learning are direct corrective feedback: explicit feedback, metalinguistik feedback, elicitasi feedback, and indirect corrective feedback. Direct corrective feedback is the dominant feedback given by teacher, (2) the factors underlying the direct corrective feedback are to make it easier for students to find mistakes that were first made, it is thought that students really do not know the correct form, and teachers have difficulty giving markers of indirect feedback on certain types of errors The reasons that influence of indirect feedback, which is more efficient time, repetition of mistakes, teacher believe that the students understand the purpose of sign, and measure the understanding of learners, (3) the impact of providing direct corrective feedback is that students immediately find out where their mistakes are at the same time correcting them, implementing more focused corrections, and avoiding further mistakes. The impact of indirect feedback is that students are motivated to have discussions, correction time is more efficient, and student understanding in writing can be measured.


Keywords: corrective feedback, direct and indirect, writing, scientific texts

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pemberian Corrective Feedback dalam Pembimbingan Menulis Karya Ilmiah pada Siswa SMA. (2020). Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(2), 12-31. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/8129
Section
Vol 9 No 2 Desember 2019 Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra