Analisis Literasi Media Siswa Kelas XI SMAN 9 Bogor dalam Pembelajaran Teks Drama

Main Article Content

Stella Talitha
Tri Mahajani

Abstract

Penggunaan media pembelajaran di sekolah berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Kini, guru-guru di sekolah menengah atas lebih sering menggunakan powerpoint dan video sebagai media pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan literasi media siswa kelas XI SMAN 9 Bogor dalam pembelajaran teks drama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kemampuan literasi media siswa kelas XI SMAN 9 Kota Bogor dalam pembelajaran teks drama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan metode survei. Berdasarkan hasil analisis, komponen technical skills siswa kelas XI SMAN 9 Bogor memperoleh nilai rata-rata 13,8 dengan persentase 37,1%, komponen critical understanding siswa memperoleh nilai rata-rata 18,92 dengan persentase 50,8%, dan komponen communicative abilities siswa memperoleh nilai rata-rata 4,52 dengan persentase 12,1%. Hal tersebut menunjukkan siswa kelas XI SMAN 9 Bogor berada pada tingkat literasi media kategori medium, yaitu kemampuan pengoperasian media (technical skills) cukup tinggi, kemampuan dalam menganalisis dan mengevaluasi konten media cukup bagus (critical understanding), serta aktif dalam memproduksi konten media dan berpartisipasi secara sosial (communicative abilities).


Kata kunci: literasi media, pembelajaran teks drama

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Stella Talitha, & Mahajani, T. (2021). Analisis Literasi Media Siswa Kelas XI SMAN 9 Bogor dalam Pembelajaran Teks Drama. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(2). Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/9813
Section
Vol. 10, No. 2 Desember 2020, Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

References

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, Siti Karlinah. (2007). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Baran, Stanley J. (2010). Pengantar Komunikasi Massa: Literasi Media dan Budaya. Jakarta: Salemba Humanika.

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik, serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Devito, Joseph A. (2008). Essentials of Human Communication, Sixth Edition. Boston: Parson Education, Inc.

Fitryarini, Inda. (2017). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi 8 (1), 51-67.

Potter, W. James. (2013). Media Literacy. USA: Sage Publication.

Purwaningtyas, Franindya. (2018). Literasi Informasi dan Literasi Media. Jurnal Iqra’ Volume 12 No.02.

Silverblatt, Art. (2001). Media Literacy: Keys to Interpreting Media Messages. London: Praeger.

Sutrisno, Hadi. (1995). Statistik II. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tamburaka, Apriadi. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Wells, G. (1987). Apprenticeship in Literacy. Interchange. Vol. 18. Nos.1/2 (Spring/Summer). [Online]. Tersedia: https://link.springer.com/article/10.10072FBF01807064

Winarno, Sugeng. (2014). Pemahaman Media Literacy Televisi Berbasis Personal Competences Framework (Studi Pemahaman Media Literacy Melalui Program Infotainment Pada Ibu-Ibu Perumahan Tegalgondo Asri Malang). Jurnal Humanity Vol. 9 No. 2.