Perbedaan Individual Kognitif Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTS Mahdaliyah Kota Jambi

Penulis

  • Madina Al Salamah fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan universitas jambi

Kata Kunci:

Perbedaan Individual, Kognitif, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Individual Kognitif Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Mahdaliyah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah perbedaan individual kognitif siswa kelas VII dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Mahdaliyah Kota Jambi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga cara yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik perbedaan individual siswa tergambar pada dua gaya kognitif Field Dependent (siswa cenderung memilih belajar dalam kelompok) dan gaya kognitif Fiel Independent (siswa cenderung memilih belajar individual). Serta peserta didik memiliki latar belakang sekolah yang berbeda, latar belakang keluarga yang berbeda, tingkat menangkap pelajaran yang berbeda dan minat belajar yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Cara guru menyikapi perbedaan individual kognitif siswa kelas VII adalah dengan cara pemberian waktu tambahan, memberikan bimbingan khusus kepada siswa, membuat pelajaran lebih menarik, menciptakan bi’ah Arabiyah, membuat pojok kata Bahasa Arab.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam

Diterbitkan

2022-01-21

Cara Mengutip

Madina Al Salamah. (2022). Perbedaan Individual Kognitif Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTS Mahdaliyah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam , 2(2), 12–21. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/16952