PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Penulis

  • Sri Wahyuni Pendidikan Fisika Universitas Flores
  • Adrianus Nasar Pendidikan Fisika Universitas Flores
  • Melkyanus Kaleka Pendidikan Fisika Universitas Flores

Kata Kunci:

Model pembelajaran discovery, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Riung Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Desain penelitian Ex-post facto yang bersifat kausalitas. Data yang diperoleh adalah data hasil belajar siswa pada pelajaran fisika. Analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil uji hipotesis, diperoleh data t (terhitung) 9,403 nilai derajat kebebasan adalah 29.Nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikan (sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima (hipotesis yang diajukan diterima). Hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Riung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anitah, S., Julaeha, S., & Wardani. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang selatan :Universitas Terbuka.

Ilyas. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Fisika Dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong. Ilyas. Jurnal Ilmiah Dinamika Sains, 1(3), 27–32.

Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 1(1), 29–33. https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2692

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Salwan, S., & Rahmatan, H. (2018). Pengaruh Lkpd Berbasis Discovery Learningterhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 25–31. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9812

Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. 1(2), 105–113.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-15

Cara Mengutip

Wahyuni, S., Nasar, A., & Kaleka, M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(02), 112–117. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/10431