PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
Kata Kunci:
Model pembelajaran discovery, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Riung Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Desain penelitian Ex-post facto yang bersifat kausalitas. Data yang diperoleh adalah data hasil belajar siswa pada pelajaran fisika. Analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil uji hipotesis, diperoleh data t (terhitung) 9,403 nilai derajat kebebasan adalah 29.Nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikan (sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima (hipotesis yang diajukan diterima). Hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Riung.
Unduhan
Referensi
Anitah, S., Julaeha, S., & Wardani. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang selatan :Universitas Terbuka.
Ilyas. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Fisika Dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong. Ilyas. Jurnal Ilmiah Dinamika Sains, 1(3), 27–32.
Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 1(1), 29–33. https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2692
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Salwan, S., & Rahmatan, H. (2018). Pengaruh Lkpd Berbasis Discovery Learningterhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 25–31. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9812
Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. 1(2), 105–113.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.