HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA
Kata Kunci:
Minat belajar, motivasi belajar dan hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Wewewa Selatan tahun ajaran 2019/2020. Pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yang diambil sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar fisika. Hasil analisis diperoleh nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Motivasi belajar dan hasil belajar fisika juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Hasil analisis diperoleh nilai signifikansinya 0,001 <0,05.
Unduhan
Referensi
A.M, S. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT: Raja Grafindo Persada.
Astuti,Siwi Puji (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1).
Daniyati, N. A. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 50–60. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9109
Djamarah, S. B. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekawati, A. (2014). Pengaruh Motivasi dan minat terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMPN 13 Banjar Masin. Lentera, Jurnal Ilmiah Kependidikan , 1-10.
Ilyas. (2014). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Fisika Dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Tinggimoncong. Pascasarjana UNM. 3, 27–32.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Syarif, M. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.