ANALISIS KEBUTUHAN SISWA SEBAGAI ACUAN MENGEMBANGKAN BUKU PENGAYAAN FISIKA BERKONTEKS KEARIFAN LOKAL PERAHU TRADISIONAL

Penulis

  • Rahma Dani Universitas Jambi
  • Jufrida Jufrida Universitas Jambi
  • Nabilla Eka Wijaya a:1:{s:5:"en_US";s:4:"UNJA";}

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.21451

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganisis kebutuhan siswa terhadap bahan ajar yang digunakan dalam proses belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan subjek penelitian seorang guru fisika SMA, 30 siswa jurusan IPA kelas 11 SMA dan seorang perajin perahu. Data penelitian diperoleh dari observasi dan pengisian angket kebutuhan. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada pembelajaran fisika lebih banyak berisi teks serta rumus fisika namun dikarenakan waktu pembelajaran yang terbatas disetiap pertemuan membuat guru kesulitan untuk memberikan penjelasan contoh konsep fisika yang terdapat pada kehidupan sehari-hari kepada siswa. Hasil analisis angket menunjukkan siswa membutuhkan bahan ajar berupa buku pengayaan sebagai penunjang dalam proses pembelajaan dan dapat digunakan secara mandiri maupun dengan pendamping guru di Sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astra,I. M., dan Saputra, F. (2018). The Development of a Physics Knowledge Enrichment Book “Optical Instrument Equipped with Augmented Reality†to Improve Students Learning Outcomes. Journal of Physics. 1-8.

Jufrida.,Basuki,F. R., dan Rahma, S. (2018). Potensi Kearifan Lokal Geopark Merangin Sebagai Sumber Belajar Sains di SMP. Edu Fisika Jurnal Pendidikan Fisika. 3 (1) : 1-16.

Makhrus,M.,dan Hadiprayitno,G. (2012). Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19(2), 237–242.

Negoro, R. A., Hidayah, H., Rusilowati, A., dan Subali, B. (2018). Upaya Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Peta Konsep. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 45–51.

Novitasari,L.,P.A.Agustina., R.Sukesti., M. F. Nazri., J.Handhika. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika II.

Rosyidah, Anis Nur., Sudarmin, dan Kusnoro, S. (2013). Pengembagan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pengandon Kendal. USEJ. 2(1): 133-139.

Qomariyah,N.,Desnita., dan Permana,A,H. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Kajian Fisis Fenomena Gunung Berapi untuk Siswa SMA. Prosiding SNIPS. 607-613. ISBN: 978-602-610.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Dani, R., Jufrida, J., & Wijaya, N. E. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN SISWA SEBAGAI ACUAN MENGEMBANGKAN BUKU PENGAYAAN FISIKA BERKONTEKS KEARIFAN LOKAL PERAHU TRADISIONAL. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 185–195. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.21451

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>