PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING MELALUI METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK LURUS

Penulis

  • Rahma Dani Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Nindi Ayu Latifah Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Septiona Anggela Putri Pendidikan Fisika Universitas Jambi

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep  gerak lurus melalui pembelajaran berbasis discovery learning  melalui metode  talking stick.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratif.  Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Islam Al-Falah Jambi sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes pemahan konsep, lembar observasi keterampilan peserta didik dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Peserta didik mengikuti pembelajaran   discovery learning  melalui metode talking stick pada materi gerak lurus.  Peserta didik antusias untuk menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, dan memberikan tanggapan terhadap jawaban teman. Hasil tes pemahaman konsep diperoleh rata-rata 77,80. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis discovery learning  melalui metode  talking stick dapat meningkatkan pemahaman konsep Gerak Lurus.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-15 — Diperbaharui pada 2019-12-15

Versi

Cara Mengutip

Dani, R., Latifah, N. A., & Putri, S. A. . (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING MELALUI METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK LURUS . EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(02), 24–30. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/6058

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>