ANALYSIS OF THE RELATIONSHIP CONCEPTS OF VOLTAGE, CHARGE, CURRENT AND RESISTANCE IN CIRCUIT USING VIRTUAL LAB

Authors

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i2.24741

Keywords:

Resistance, Ohms Laws, Voltage

Abstract

A virtual lab, also known as an online or remote lab, is a web-based educational tool simulating actual laboratory experiments and experiences in a digital environment. This virtual laboratory aims to provide students and researchers with a realistic and interactive learning experience without needing physical laboratory equipment and resources. This study aims to prove that the amount of electric current is inversely proportional to resistance or resistance, as Ohm's law applies by using a virtual lab. The approach used in this study is a quantitative approach to the experimental method. From this practicum, under Ohm's law, it is proven that the relationship between voltage and current is directly proportional. The greater the voltage, the greater the current, and vice versa. And also, the relationship between resistance and current is inversely proportional. The more excellent the resistance or resistance of a conductor, the smaller the current that will flow through the conductor. Conversely, the smaller the resistance of a conductor, the greater the current that will flow through the conductor. Therefore, the virtual lab can be used as an additional tool to increase students' understanding of Ohm's law and provide students with practical, engaging, and safe learning experiences. As technology advances, virtual laboratories are expected to become more sophisticated and blend with modern education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksan, H. (2023). Kamus Fisika: istilah, rumus, penemuan. Nuansa Cendekia.

Alatas, F. &. (2022). Pengembangan media audiovisual praktikum fisika dasar berbasis I-SETS (Islamic-Science, Environment, Tecnology, Society) sebagai solusi praktikum saat new normal. . Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), , 103-116.

Alfraidila, F., Harmadi, H., & Rasyid, R. (2022). Rancang bangun pembangkit sumber energi listrik berasis piezoelektrik pada sepatu untuk pendaki gunung. Jurnal Fisika Unand, 11(3), 285–291. https://doi.org/10.25077/jfu.11.3.285-291.2022

Anas, L. H. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Penyelesaian Masalah dan Berpikir Kritis Siswa. Medan: (Doctoral dissertation, UNIMED).

Aulia, E. A. (2023). Pengembangan Media Laboratorium Virtual Menggunakan Adobe Flash Cs 5.5 Pada Materi Dinamika Rotasi Di Sma Negeri 5 Batanghari. (Doctoral dissertation, Pendidikan Fisika).

Auliya, N. S. (2019). Analisis RPP dan pelaksanaan pembelajaran fisika berdasarkan kurikulum 2013. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember),, 177-184.

Dwi Nata, O., Hidayat, M., Ali Rohman, S., Studi Teknik Mesin, P., Teknik, F., & Teknologi Sumbawa, U. (2021). Analisis kekuatan uji bending pengelasan shielded metal arc welding (smaw) material ss400 menggunakan kawat las e6013 berbagai variasi arus listrik. Hexagon: Jurnal Teknik Dan Sains, 2(1).

Early, R. (2020). Penerapan metode eksperimen untuk menigkatkan hasil belajar siswa pada materi penggunaan listrik statis, listrik dinamis dan listrik arus searah di kelas xii tkr smkn 1 lobalainmenigkatkan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta, 6(3).

Gideon, S., & Saragih, K. P. (2019). Analisis karakteristik listrik arus searah dan arus bolak-balik. Ready Star, 2(1), 262–266.

Halliday, D., & Resnick, R. (2005). Fisika Dasar Jilid II (Edisi Ketujuh). Erlangga.

Halliday, D., Resnick, R., & WalkerJearl. (2005). Fisika Dasar Jilid 1 (Edisi Ketujuh). Erlangga.

Ilmi, U. (2017). Penggunaan SPSS Untuk Pembuktian Kebenaran Hukum Ohm. Jurnal JE-UNISLA: Electronic Control, Telecomunication, Computer Information and Power System, 2(2), 83–86. www.mathworks.com.

Ilmi, U. (2019). Studi persamaan regresi linear untuk penyelesaian persoalan daya listrik. Jurnal Teknika, 11(1).

Iqbal, M., Samsudin, A., & Efendi, R. (2020). Penggunaan adaptasi instrumen epepect untuk membedakan siswa yang mengalami miskonsepsi dan mengetahui tingkat miskonsepsi siswa ma kelas xii pada konsep medan listrik, potensial listrik dan energi potensial listrik. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 51–59.

Iskandar, H. R. (2020). Praktis Belajar Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Deepublish.

Jannah, W. (2023). Pengembangan Penuntun Praktikum Online Fisika Dasar I Berbasis Project Vased Learning Pada Materi Glb Dan Glbb Dengan Aplikasi Tracker . (Doctoral dissertation, pendidikan fisika).

Julianto, B., & Supriyadi. (2013). PENGARUH SUHU TERHADAP HAMBATAN RANGKAIAN LISTRIK. Jurnal Fisika, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jf.v3i2.3816

Juwariyah, T., & Djaya, Y. (2018). Analisa resistivitas kawat penghantar ditinjau dari metode jembatan wheatstone dan metode hukum ohm pada modul praktikum fisika. Bina Teknika, 12(2), 239–244.

Muhammad, U., & Choiril, R. (2021). HUKUM OHM.

Nerindra, Lukas, A., & Dwiki, A. (2020). Rancang bangun pembangkit listrik tenaga bayu arus searah 24 volt - 120 watt. Universitas 17 Agustus 1945 SURABAYA.

Ocvianti, M. A. (2021). Pembelajaran berbasis laboratorium virtual melalui google classroom pada materi hukum ohm untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1),, 67-76.

Putra, R. P. (2022). Pandangan mahasiswa terhadap virtual laboratory dengan menggunakan PhET sebagai media dalam melakukan kegiatan laboratorium fisika. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 11(1).

Putri, F. (2023). Analisis Bibliometrik Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Lampung: (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Rizaldi, R., & Syahlan. (2020). Analisis materi dan tujuan pembelajaran pada materi listrik dinamis. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 1–5. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.340

Saefullah, A., Fakhturrokhman, M., Oktarisa, Y., Arsy, R. D., Rosdiana, H., Gustiono, V., & Indriyanto, S. (2018). Rancang bangun alat praktikum hukum ohm untuk memfasilitasi kemampuan berfikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Gravity: : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity

Salamiyah, Z., & Kholuq, A. (2020). Pengembangan ecthing (e-book creative thinking) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik smk pada materi hukum ohm. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 342–348.

Siboro, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pembelajaran fisika siswa kelas ix Mtsn 3 Medan. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1),, 33-42.

Sinulingga, P., Jhoni Hartanto, T., & Santoso, B. (2020). Implementasi pembelajaran fisika berbantuan media simulasi phet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 57. https://doi.org/10.21009/1

Suyoso. (2007). Listrik Magnet: In: Muatan Listrik dan Hukum Coulomb. Universitas Terbuka.

Yasu, R. M., & Hadi, C. F. (2021). Pengaruh tegangan terhadap besar kuat arus listrik pada persamaan hukum ohm. Jurnal Zetroem, 3(1).

Yusuf Lubis, R., Husna Lubis, L., Miftahul Husna, dan, & Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan, P. (2020). Pengaruh variasi suhu terhadap nilai hambatan pada rangkaian listrik. FISITEK: Jurnal Ilmu Fisika Dan Teknologi, 4(1), 2580–6661.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Febrianti, D. A., Rustiani, E. A., Putri, E. P., Fikri, F., Khalidurrahman, A. F., & Ramawati, D. (2023). ANALYSIS OF THE RELATIONSHIP CONCEPTS OF VOLTAGE, CHARGE, CURRENT AND RESISTANCE IN CIRCUIT USING VIRTUAL LAB. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 197-203. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i2.24741

Most read articles by the same author(s)