ANALISIS KONSEP HUBUNGAN TEGANGAN, BEBAN, ARUS DAN HAMBATAN PADA RANGKAIAN MENGGUNAKAN VIRTUAL LAB

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i2.24741

Kata Kunci:

Hambatan, Hukum ohm, Tegangan

Abstrak

Lab virtual, juga dikenal sebagai lab online atau jarak jauh, adalah alat pendidikan berbasis web yang mensimulasikan eksperimen dan pengalaman laboratorium aktual dalam lingkungan digital. Laboratorium virtual ini bertujuan untuk memberikan siswa dan peneliti pengalaman belajar yang realistis dan interaktif tanpa memerlukan peralatan dan sumber daya laboratorium fisik. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa besar arus listrik berbanding terbalik dengan resistansi atau hambatan, sebagaimana hukum Ohm yang berlaku dengan menggunakan virtual lab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Dari praktikum ini, berdasarkan hukum Ohm terbukti bahwa hubungan antara tegangan dan arus adalah berbanding lurus. Semakin besar tegangan, semakin besar arus, dan sebaliknya. Dan juga, hubungan antara hambatan dan arus berbanding terbalik. Semakin baik hambatan atau resistansi suatu penghantar, semakin kecil arus yang akan mengalir melalui penghantar tersebut. Sebaliknya, semakin kecil hambatan suatu penghantar, semakin besar arus yang akan mengalir melalui penghantar tersebut. Oleh karena itu, virtual lab cocok digunakan sebagai alat tambahan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang hukum Ohm dan memberikan pengalaman belajar yang praktis, menarik, dan aman bagi mahasiswa. Seiring kemajuan teknologi, laboratorium virtual diharapkan semakin canggih dan menyatu dengan pendidikan modern.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aksan, H. (2023). Kamus Fisika: istilah, rumus, penemuan. Nuansa Cendekia.

Alatas, F. &. (2022). Pengembangan media audiovisual praktikum fisika dasar berbasis I-SETS (Islamic-Science, Environment, Tecnology, Society) sebagai solusi praktikum saat new normal. . Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), , 103-116.

Alfraidila, F., Harmadi, H., & Rasyid, R. (2022). Rancang bangun pembangkit sumber energi listrik berasis piezoelektrik pada sepatu untuk pendaki gunung. Jurnal Fisika Unand, 11(3), 285–291. https://doi.org/10.25077/jfu.11.3.285-291.2022

Anas, L. H. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Penyelesaian Masalah dan Berpikir Kritis Siswa. Medan: (Doctoral dissertation, UNIMED).

Aulia, E. A. (2023). Pengembangan Media Laboratorium Virtual Menggunakan Adobe Flash Cs 5.5 Pada Materi Dinamika Rotasi Di Sma Negeri 5 Batanghari. (Doctoral dissertation, Pendidikan Fisika).

Auliya, N. S. (2019). Analisis RPP dan pelaksanaan pembelajaran fisika berdasarkan kurikulum 2013. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember),, 177-184.

Dwi Nata, O., Hidayat, M., Ali Rohman, S., Studi Teknik Mesin, P., Teknik, F., & Teknologi Sumbawa, U. (2021). Analisis kekuatan uji bending pengelasan shielded metal arc welding (smaw) material ss400 menggunakan kawat las e6013 berbagai variasi arus listrik. Hexagon: Jurnal Teknik Dan Sains, 2(1).

Early, R. (2020). Penerapan metode eksperimen untuk menigkatkan hasil belajar siswa pada materi penggunaan listrik statis, listrik dinamis dan listrik arus searah di kelas xii tkr smkn 1 lobalainmenigkatkan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta, 6(3).

Gideon, S., & Saragih, K. P. (2019). Analisis karakteristik listrik arus searah dan arus bolak-balik. Ready Star, 2(1), 262–266.

Halliday, D., & Resnick, R. (2005). Fisika Dasar Jilid II (Edisi Ketujuh). Erlangga.

Halliday, D., Resnick, R., & WalkerJearl. (2005). Fisika Dasar Jilid 1 (Edisi Ketujuh). Erlangga.

Ilmi, U. (2017). Penggunaan SPSS Untuk Pembuktian Kebenaran Hukum Ohm. Jurnal JE-UNISLA: Electronic Control, Telecomunication, Computer Information and Power System, 2(2), 83–86. www.mathworks.com.

Ilmi, U. (2019). Studi persamaan regresi linear untuk penyelesaian persoalan daya listrik. Jurnal Teknika, 11(1).

Iqbal, M., Samsudin, A., & Efendi, R. (2020). Penggunaan adaptasi instrumen epepect untuk membedakan siswa yang mengalami miskonsepsi dan mengetahui tingkat miskonsepsi siswa ma kelas xii pada konsep medan listrik, potensial listrik dan energi potensial listrik. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 51–59.

Iskandar, H. R. (2020). Praktis Belajar Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Deepublish.

Jannah, W. (2023). Pengembangan Penuntun Praktikum Online Fisika Dasar I Berbasis Project Vased Learning Pada Materi Glb Dan Glbb Dengan Aplikasi Tracker . (Doctoral dissertation, pendidikan fisika).

Julianto, B., & Supriyadi. (2013). PENGARUH SUHU TERHADAP HAMBATAN RANGKAIAN LISTRIK. Jurnal Fisika, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jf.v3i2.3816

Juwariyah, T., & Djaya, Y. (2018). Analisa resistivitas kawat penghantar ditinjau dari metode jembatan wheatstone dan metode hukum ohm pada modul praktikum fisika. Bina Teknika, 12(2), 239–244.

Muhammad, U., & Choiril, R. (2021). HUKUM OHM.

Nerindra, Lukas, A., & Dwiki, A. (2020). Rancang bangun pembangkit listrik tenaga bayu arus searah 24 volt - 120 watt. Universitas 17 Agustus 1945 SURABAYA.

Ocvianti, M. A. (2021). Pembelajaran berbasis laboratorium virtual melalui google classroom pada materi hukum ohm untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1),, 67-76.

Putra, R. P. (2022). Pandangan mahasiswa terhadap virtual laboratory dengan menggunakan PhET sebagai media dalam melakukan kegiatan laboratorium fisika. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 11(1).

Putri, F. (2023). Analisis Bibliometrik Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Lampung: (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Rizaldi, R., & Syahlan. (2020). Analisis materi dan tujuan pembelajaran pada materi listrik dinamis. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 1–5. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.340

Saefullah, A., Fakhturrokhman, M., Oktarisa, Y., Arsy, R. D., Rosdiana, H., Gustiono, V., & Indriyanto, S. (2018). Rancang bangun alat praktikum hukum ohm untuk memfasilitasi kemampuan berfikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Gravity: : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity

Salamiyah, Z., & Kholuq, A. (2020). Pengembangan ecthing (e-book creative thinking) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik smk pada materi hukum ohm. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 342–348.

Siboro, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pembelajaran fisika siswa kelas ix Mtsn 3 Medan. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1),, 33-42.

Sinulingga, P., Jhoni Hartanto, T., & Santoso, B. (2020). Implementasi pembelajaran fisika berbantuan media simulasi phet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 57. https://doi.org/10.21009/1

Suyoso. (2007). Listrik Magnet: In: Muatan Listrik dan Hukum Coulomb. Universitas Terbuka.

Yasu, R. M., & Hadi, C. F. (2021). Pengaruh tegangan terhadap besar kuat arus listrik pada persamaan hukum ohm. Jurnal Zetroem, 3(1).

Yusuf Lubis, R., Husna Lubis, L., Miftahul Husna, dan, & Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan, P. (2020). Pengaruh variasi suhu terhadap nilai hambatan pada rangkaian listrik. FISITEK: Jurnal Ilmu Fisika Dan Teknologi, 4(1), 2580–6661.

Diterbitkan

2023-08-05

Cara Mengutip

Febrianti, D. A., Rustiani, E. A., Putri, E. P., Fikri, F., Khalidurrahman, A. F., & Ramawati, D. (2023). ANALISIS KONSEP HUBUNGAN TEGANGAN, BEBAN, ARUS DAN HAMBATAN PADA RANGKAIAN MENGGUNAKAN VIRTUAL LAB. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 197–203. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i2.24741

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama