PENERAPAN RPP BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI

Authors

  • Dina Oktaviana Alumni Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi
  • Jufrida - Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi
  • Darmaji - Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai fisika siswa di SMA Negeri 3 Kota jambi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kurangnya minat siswa dalam belajar fisika dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sebagian siswa menganggap bahwa belajar fisika itu susah karena hanya mempelajari rumus–rumus dan mengaplikasikan dalam perhitungan, sehingga kemampuan logika-matematika siswa yang lemah akan mengalami kesulitan dalam belajar fisika, serta dalam tuntutan kurikulum 2013 diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menerapkan RPP Berbasis Multiple Intelligences pada materi Kalor dan Perpindahan Kalor di kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Penelitian ini  terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hal ini bertujuan untuk melihat perkembangan aktivitas dan hasil pembelajaran setiap siklusnya. Dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas yang dialami siswa dari siklus I yaitu, 60,46% menjadi 74,46% pada siklus II dan 83,5% pada siklus III.  Hasil belajar siswa  dinilai dari aspek pengetahuan setiap siklus yaitu, 63,03 untuk siklus I menjadi 70,00 untuk siklus II dan 76,86  untuk siklus III, untuk hasil belajar siswa yang dinilai dari aspek sikap untuk setiap siklus yaitu 2,5 untuk siklus I menjadi 3,0 untuk siklus II dan 3,2 untuk siklus III dan untuk penilaian dari aspek keterampilan setiap siklus yaitu 2,66 untuk siklus I menjadi 3,33 untuk siklus II dan 3,66 untuk siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Kalor dan Perpindahan Kalor di Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi.

 

Kata Kunci: RPP, Multiple Intelligences, Model Problem Based Learning, Kalor dan Perpindahan Kalor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-06-15 — Updated on 2016-06-15

Versions

How to Cite

Oktaviana, D., -, J., & -, D. (2016). PENERAPAN RPP BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1). Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/2957

Most read articles by the same author(s)