PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MATERI FLUIDA STATIS

Authors

  • Rahmi Putri Z Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi
  • Jufrida - Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi
  • Darmaji - Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis Problem Based Instruction (PBI) materi fluida statis kelas X SMA yang valid dan layak digunakan dan untuk mengetahui persepsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahapan Develop. Adapun tahap pengembangan pada penelitian ini terdiri dari analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, membuat spesifikasi tujuan, membuat rancangan awal LKS sesuai dengan jenis LKS dan format yang dipilih, validasi ahli, dan uji pengembangan. Hasil penelitian ini adalah lembar kegiatan siswa berbasis Problem Based Instruction (PBI). Spesifikasi yang terdapat di LKS berbasis Problem Based Instruction (PBI) yaitu judul, petunjuk belajar, KD dan indikator, informasi pendukung, langkah-langkah kegiatan sesuai dengan pada Problem Based Instruction (PBI) (Permasalahan, Hipotesis, Penyelidikan, Membuat Laporan dan Menyajikan Karya, Analisis dan Evaluasi). Setelah dilakukan validasi maka dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil uji persepsi siswa terhadap aspek desain pembelajaran 79,14% (baik), aspek materi 80,49% (baik), aspek keterbacaan LKS 84,05% (sangat baik) , dan visualisasi LKS 77,96% (baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Problem Based Instruction (PBI) materi fluida statis kelas X SMA valid dan layak digunakan. Untuk melihat keefektifan dari LKS yang telah dikembangkan, diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan uji coba penggunaan LKS di kelas.

 

Kata Kunci: LKS, PBI, Fluida Statis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-15 — Updated on 2016-12-15

Versions

How to Cite

Z, R. P., -, J., & -, D. (2016). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MATERI FLUIDA STATIS. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 33-45. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/3428

Most read articles by the same author(s)