PENERAPAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MIA1 SMA AL-FALAH KOTA JAMBI
Kata Kunci:
Quick on the draw, aktivitas, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas X MIA1 Sma Al-Falah. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi dan test. Hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan hasil tes akan dianalisis secara statistic deskriptif. Peningkatan aktivitas siswa terlihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 50,20%, meningkat pada siklus II menjadi 67,70%, dan meningkat pada siklus III menjadi 88,85%. Sedangkan hasil belajar siklus I 67,50 meningkat pada siklus II menjadi 72,50 kemudian meningkat pada siklus III menjadi 77,50. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada tiap siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe quick on the draw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika pada materi besaran dan satuan di kelas X MIA1 Sma Al-Falah Kota Jambi.
Unduhan
Referensi
Aiumatul Hidayah. 2016. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi bangun ruang kelas VIII. Jurnal Ums. 3 (1): 39-47.
Agung Saputra. 2018. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe quick on thhe draw. Jurnal matematika ilmiah STKIP muhammadiyah kuningan. 4 (2): 25-30.
Andri Wahyu. 2011. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika. Jurnal UMS 3 (2): 1-15.
Andi Maulana. 2018. Pengaruh penerapan strategi pembelajaran quick on the draw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMPN 3 Palangga. Jurnal Biotek 6 (6): 43-52.
Anderson, Lorin W & Krathwohl, David R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono & Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Atmah. 2011. Penerapan strategi quick on the draw dalam pembelajaran IPA SMP pada materi system dalam kehidupan manusia. Jurnal Inovasi Pendidikan 2 (1): 13-18.
Dian Ramadhani. 2017. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik quick on the draw untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 32 Pekanbaru. Jurnal Aksiomatik 1 (2): 17-26.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka cipta. Jakarta.
Fitriansyah . 2009. Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMPN 3 Bellawang melalui strategi pembelajaran quick on the draw. Jurnal pendidikan matematika 1 (2): 16-21.
Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hardika lestiyaningsih. 2012. Penerapan pembelajaran quick on the draw untuk meningkatkan hasil belajar MTK pada sub pokok bahasan aritmetika sosial siswa kelas VII F SMPN 10 Jember. Jurnal pendidikan matematika 3 (2): 11-19.
Ilmi, Khairil. 2011. Penggunaan strategi pembelajaran tipe quick on the draw untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan himpunan siswa kelas VII A SMPN 1 Belawang Kabupaten Batola Tahun Pelajaran 2010/2011. Banjarmasin: STKIP-PGRI.
Kanginan, Marthen. 2013. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Lastri. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi quick on the draw pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 07 kampung baru kabupaten kuantan singigi. Riau. UIN Sultan Syarif Kasim RIAU.
Marta Malindo. 2015. Penerapan strategi pembelajaran aktif quick on the draw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan larutan asam basa dikelas XI IPA SMA 1 kandis. Jurnal kimia 4 (3): 11-21.
Melia, Roza. 2016. Pengaruh model pembelajaran kooperatif melalui teknik quick on the draw terhadap kemampuan matematis siswa kelas VII SMPN 3 Talamau. Jurnal Ilmiah teknologi pendidikan. 1 (1): 1-11.
Nurain, Suryadinata. 2015. Penerapan pembelajaran quick on the draw terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Jurnal Edumatica.5 (2): 9-18.
Purwanto. 2014. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratna. 2014. Penerapan strategi pembelajaran quick on the draw untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SDN 01 Wonolopo. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rosmaini. 2011. Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi quick on the draw untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 2 Kuantah Hilir. Jurnal Biogenesis 9 (1): 51-65.
Sanjaya, Wina. 2009. Straategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Silberman. 2006. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Jaya.
Suryo Subroto. 2002. Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Ukhti Nusyifa. 2018. Pengaruh penerapan teknik quick on the draw terhadap motivasi dan hasil belajar MTK siswa kelas IX. Jurnal STKIP PGRI sumatera barat.4 (1): 81-86.
Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajarn Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zaini, Hisyam, Munthe, Bermawy & Aryani, Sekar Ayu. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Zarkasi, M. Firdaus. 2009. Belajar Cepat Dengan Diskusi. Surabaya: Penerbit IndahPembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.