PENERAPAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MIA1 SMA AL-FALAH KOTA JAMBI

Authors

  • Sydik Dwi Setianto Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Menza Hendri Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Darmaji Darmaji Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi

Keywords:

Quick on the draw, learning activity, learning outcomes

Abstract

This study aims to increase student activity and learning outcomes. This research method is classroom action research. This research is a classroom action research which consists of three cycles. The subjects of this study were students of class X MIA1 SMA Al-Falah. The research instrument used the observation sheet and test. The results of observations were analyzed descriptively qualitatively, while the test results were analyzed using descriptive statistics. The increase in student activity can be seen from the average percentage of student activity in the first cycle is 50.20%, an increase in the second cycle to 67.70%, and an increase in the third cycle to 88.85%. While the learning outcomes of the first cycle 67.50 increased in the second cycle to 72.50 and then increased in the third cycle to 77.50. The results of this study indicate an increase in activity and student learning outcomes of physics in each cycle. From the results of the study it can be concluded that the application of active learning strategies type quick on the draw can increase activity and physics learning outcomes in the material quantities and units in class X MIA1 SMA Al-Falah Jambi City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiumatul Hidayah. 2016. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi bangun ruang kelas VIII. Jurnal Ums. 3 (1): 39-47.

Agung Saputra. 2018. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe quick on thhe draw. Jurnal matematika ilmiah STKIP muhammadiyah kuningan. 4 (2): 25-30.

Andri Wahyu. 2011. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika. Jurnal UMS 3 (2): 1-15.

Andi Maulana. 2018. Pengaruh penerapan strategi pembelajaran quick on the draw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMPN 3 Palangga. Jurnal Biotek 6 (6): 43-52.

Anderson, Lorin W & Krathwohl, David R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono & Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Atmah. 2011. Penerapan strategi quick on the draw dalam pembelajaran IPA SMP pada materi system dalam kehidupan manusia. Jurnal Inovasi Pendidikan 2 (1): 13-18.

Dian Ramadhani. 2017. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik quick on the draw untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 32 Pekanbaru. Jurnal Aksiomatik 1 (2): 17-26.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka cipta. Jakarta.

Fitriansyah . 2009. Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMPN 3 Bellawang melalui strategi pembelajaran quick on the draw. Jurnal pendidikan matematika 1 (2): 16-21.

Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hardika lestiyaningsih. 2012. Penerapan pembelajaran quick on the draw untuk meningkatkan hasil belajar MTK pada sub pokok bahasan aritmetika sosial siswa kelas VII F SMPN 10 Jember. Jurnal pendidikan matematika 3 (2): 11-19.

Ilmi, Khairil. 2011. Penggunaan strategi pembelajaran tipe quick on the draw untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan himpunan siswa kelas VII A SMPN 1 Belawang Kabupaten Batola Tahun Pelajaran 2010/2011. Banjarmasin: STKIP-PGRI.

Kanginan, Marthen. 2013. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Lastri. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi quick on the draw pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 07 kampung baru kabupaten kuantan singigi. Riau. UIN Sultan Syarif Kasim RIAU.

Marta Malindo. 2015. Penerapan strategi pembelajaran aktif quick on the draw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan larutan asam basa dikelas XI IPA SMA 1 kandis. Jurnal kimia 4 (3): 11-21.

Melia, Roza. 2016. Pengaruh model pembelajaran kooperatif melalui teknik quick on the draw terhadap kemampuan matematis siswa kelas VII SMPN 3 Talamau. Jurnal Ilmiah teknologi pendidikan. 1 (1): 1-11.

Nurain, Suryadinata. 2015. Penerapan pembelajaran quick on the draw terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Jurnal Edumatica.5 (2): 9-18.

Purwanto. 2014. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna. 2014. Penerapan strategi pembelajaran quick on the draw untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SDN 01 Wonolopo. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rosmaini. 2011. Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi quick on the draw untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 2 Kuantah Hilir. Jurnal Biogenesis 9 (1): 51-65.

Sanjaya, Wina. 2009. Straategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Silberman. 2006. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Jaya.

Suryo Subroto. 2002. Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Ukhti Nusyifa. 2018. Pengaruh penerapan teknik quick on the draw terhadap motivasi dan hasil belajar MTK siswa kelas IX. Jurnal STKIP PGRI sumatera barat.4 (1): 81-86.

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajarn Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zaini, Hisyam, Munthe, Bermawy & Aryani, Sekar Ayu. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Zarkasi, M. Firdaus. 2009. Belajar Cepat Dengan Diskusi. Surabaya: Penerbit IndahPembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Published

— Updated on 2020-06-30

How to Cite

Setianto, S. D., Hendri, M., & Darmaji, D. (2020). PENERAPAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MIA1 SMA AL-FALAH KOTA JAMBI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(01), 63-71. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/6880

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>