KERJASAMA DAN KEKOMPAKAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI

Penulis

  • Amalla Rizki Putri Jambi
  • Maison Maison Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Darmaji Darmaji Pendidikan Fisika Universitas Jambi

Abstrak

Masalah yang terlihat pada saat observasi yaitu proses pembelajaran terlihat pembelajaran berorientasi pada hasil, hal ini membuat siswa menjadi saling berkompetisi padahal dalam pembelajaran fisika sangat dibutuhkan keterampilan kerjasama dan kekompakan dalam kelompok, menimbang mata pelajaran fisika dianggap sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerjasama dan kekompakan siswa dalam pembelajaran fisika di kelas. Penelitian dilakukan terhadap 268 responden yang terdiri dari tujuh kelas dari XI MIPA di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan dua faktor yaitu kerjasama (cooperation) dan kekompakan siswa (student cohesiveness). Analisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang didapatkan bahwa tingkat kerjasama siswa dalam pembelajaran fisika di kelas termasuk dalam kategori “Sangat Baik†dengan nilai rata-rata 4,20 dalam skala 5,00 dengan nilai standar deviasi sebesar 0,84. Tingkat kekompakan siswa dalam pembelajaran fisika di kelas termasuk dalam kategori “Baik†dengan nilai rata-rata 3,86 dalam skala 5,00 dengan nilai standar deviasi sebesar 0,88.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-15 — Diperbaharui pada 2018-12-15

Versi

Cara Mengutip

Putri, A. R., Maison, M., & Darmaji, D. (2018). KERJASAMA DAN KEKOMPAKAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 32–40. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/5552

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>