ANALISIS MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA N 1 BATANGHARI
Kata Kunci:
Fisika, minat belajar, siswaAbstrak
Minat belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar. Apabila seseorang yang tidak memiliki minat pada pelajaran tertentu maka sulit untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Sebaliknya apabila seseorang yang memiliki minat pada mata pelajaran tertentu maka akan mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Minat akan terbentuk jika ada usaha dari dalam dirinya dan juga ada dorongan dari luar baik itu dari guru, keluarga, dan lingkungan sekitar untuk mengukai, mempelajari dan mengerjakan soal-soal fisika yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa terhadap mata pelajaran fisika dari hasil deskripsi sikap siswa SMA N 1 Batanghari. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan prosedur penelitian survei dengan instrumen yang digunakan adalah angket. Subjek penelitian ini adalah 50 siswa SMA N 1 Batanghari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa SMA N 1 Batanghari pada kelas X MIPA 1 , X MIPA 2 , X MIPA 3 pada plajaran fisika sudah baik walaupun ada beberapa siswa yang minat belajarnya masih kurang. Agar minat belajar siswa pada pelajaran fisika lebih baik dan lebih meningkat, guru harus menggunakan pendekatan, dan model yang lebih inovatif serta menggunakan media yang lebih menarik agar siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran..
Unduhan
Referensi
Alwan., Hendri, M., Darmaji. (2017). Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura kota Jambi. Jurnal Edufisika, 2(1) , 25-37
Aminoto, T., Dani, R., Yuversa, E. (2019). Pengembangan Termometer Gas Sebagai Alat Peraga Pembelajaran Pokok Bahasan Skala Suhu Mutlak. Jurnal Edu Fisika, 4(2), 48 55.
Arrasyid, H., Jufrida., Darmaji. (2017). Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Kelas X SMA PGRI 2 Jambi. Jurnal Edufisika, 2(2), 68-80.
Astalini., Kurniawan, Dwi. A., Sumaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di SMAN Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2), 59-64.
Astuti, Siwi. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1), 65-75
Basuki, F, R., Jufrida., Kurniawan, W., Devi, I P., & Fitaloka, O. (2019). Tes Keterampilan Proses Sains: Multiple Choice Format. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(2), 101-111
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60.
Chotimah, C., Hendri, M., Rasmi, D P. (2018). Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Listrik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 22 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 36-39.
Hamdi, A. S, & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam
Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills . Bandung: Refika Aditama
Joneska, A., Astalini., Susanti, N. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Dan Index Card Match Pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. Jurnal EduFisika, 1(1), 28-31
Jufrida., Basuki, F, R., Pangestu, M, D., Prasetya, N A D. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA Dan Literasi Sains Di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 4(2), 31- 38.
Khodijah, Dwinda, N., Hendri, M., Darmaji. (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil BelajarDengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas XI MIA7 SMAN 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 1(2), 46-54.
Kurnia, N., Hendri, M., Pathoni, H. (2016). Hubungan Persepsi Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA Di SMAN Negeri 4 Kota Jambi Dan SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal EduFisika, 1(2), 55-63.
Kurniawan, Dwi.A., Astalini., Kurniawan, Nugroho. (2019). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran IPA Di SMP Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Journal Of Teaching And Learning. 4(3), 111-127
Oktaviana, D., Jufrida., Darmaji. (2016). Penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal EduFisika, 1(1), 7-12.
Pasaribu, Dewi, S., Hendri, M., Susanti, N. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X SMAN 10 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 2(1), 61-69.
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31.
Primadona, H., Nehru., Kurniawan, W. (2018). Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lectora InspireDan Powerpoint Pada Materi Momentum Dan Impuls kelas X SMAN 3 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 3(1), 43-54.
Putri, A, R., Maison., Darmaji. (2018). Kerjasama Dan Kekompakan Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di Kelas XII MIPA SMAN 3 Kota Jambi. Jurnal EduFisika, 3(2), 32-40.
Simatupang, R, Y., Jufrida., Aminoto, T. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Guided Inquiry Di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Artikel Ilmiah. Jambi: Universitas Jambi
Sipahutar, M., Hendri, M., Dani, R. (2018). Model Discovery Learning Berbantuan Media Adobe Flash CS 6 Pada Materi Hukum Newton. Jurnal EduFisika, 3(2), 59-65.
Supardi, Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 2(1), 71–81.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.