ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 6 MUARO JAMBI
Kata Kunci:
Minat, siswa, pelajaran fisikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur minat siswa SMA Negeri 6 Muaro Jambi terhadap mata pelajaran fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah 59 siswa  jurusan IPA kelas kelas XI MIPA di SMA Negeri 6 Muaro Jambi. Objek dalam penelitian ini adalah minat belajar fisika. Metode yang digunakan adalah metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket minat. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 6 Muaro Jambi memiliki minat yang baik untuk mempelajari fisika. Rata-rata minat siswa kelas XI MIPA sebesar 89,9%.
Unduhan
Referensi
Astalini, Kurniawan, D. A., Melsayanti, R. & Destianti, A. (2018). Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP se-Kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan, 21(2).
Astalini, A, Kurniawan, D. A., Kurniawan, N., & Anggraini, L. (2019). Evaluation of Student’s Attitude Toward Science in Indonesia. Open Journal for Educational Research,3(1),1-12.
Chotimah,C., Hendri,M.,Rasmi.2018.Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Listrik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 22 Kota Jambi.Jurnal Penilitian,9(1).
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fatmayanti, A., & Susantri, T. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuhnya Minat Belajar Siswa Di SD Islam Athirah Makassar Kelas 4. Publikasi Pendidikan, 9(3), 212. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.9720
Hamdi. 2015. Pengembangan Dan Penerapan Modul Pembelajaran Materi Teori Dasar Dan Bentuk Muka Bumi Untuk Meningkatkan Kognitif Mahasiswa Pendidikan MIPA FKIP UNIGHA Sigli. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Hamdi,Rahim,Cut Kurniyawati.2019.Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 1 Sakti.Jurnal Sains Riset.9(3).
Hurlock, Elisabeth B. 1989. Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kartono, Kartini. 2009. Pengantar Metodelogi Riset Sosial. Bandung : Mandar Maju.
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136
Rahmanawati, V. A. M. dan F. Y. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPS Di SMPK Maria Fatima Jember. INSIGHT: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 11(1).
Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Gugus III Cakranegara. PROGRES PENDIDIKAN, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.60
Zuraini, & Al Fuad, Z. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2).
Zamroni, E. (2016). Urgensi Career Decision Making Skills dalam Penentuan Arah Peminatan Peserta Didik. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 140-15
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.