NEED ASSESSMENT METODE PEMBELAJARAN PADA PERKULIAHAN STATISTIK PENELITIAN PENDIDIKAN DIMASA COVID-19
Kata Kunci:
Need assesment, metode, pembelajaran, statistik, covid-19Abstrak
Penelitian bertujuan untuk menggambarkan kebutuhan akan metode pembelajaran yang tepat pada perkuliahan statistik penelitian pendidikan dimasa covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 59 mahasiswa yang terdiri dari 20 mahasiswa S2 pendidikan IPA dan 39 mahasiswa S1 pendidikan Fisika disalah satu Universitas Negeri Di Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa angket respons mahasiswa yang terdiri dari 8 item pertanyaan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket melalui google form. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa metode pembelajaran Scafolding menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran dimasa covid 19. Selain itu, perkuliahan statistik penelitian pendidikan memiliki karakteristik sulit dan kompleks terutama dalam proses analisis data.
Unduhan
Referensi
Creswell, J.W. (2012). Educational Reasearch: Planning, Conducting, and Evaluting Quantitative and Qualitive Research 4th Edition. Boston: Pearson
Dewi, W.S & Afrizon. R. (2018). Analisis Kondisi awal perkuliahan mahasiswa pendidikan fisika dalam rangka mengambangkan bahan ajar statistika pendidikan fisika menggunakan model problem solving. Jurnal Eksakta Pendidikan, 2(1).
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Papanastasiou, E. C. (2005). Factor Structure of The Attitudes toward Research Scale. Statistics Education Research Journal, Vol. 4.
Rahayu, P., Warli, W., & Cintamulya, I. (2020). Scaffolding Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Struktur Aljabar. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.4838
Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran untuk memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung : Alfabeta.
Santoso, S. (2010). Statistik Non Parametrik Konsep dan aplikasinya dengan SPSS. Jakarta : Elexmedia Komputindo.
Sudarman, S. W., & Linuhung, N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Scafolding Terhadap Pemahaman Konsep Integral Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 33. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.866
Suroto, S., Rusman, T., & Aswir, E. S. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Scafolding Dan Artikulasi Terhadap Kecakapan Hidup Dengan Memperhatikan Emotional Question Siswa. Jurnal Perspektif Pendidikan, 13(2), 83–91. https://doi.org/10.31540/jpp.v13i2.638
Taplin, M. (2007). Mathematics through Problem solving. http//mathgoodies.com/articles/ diakses oktober 2020.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.